Cara Merawat Pedet (Anak Sapi) Setelah Disapih sampai Umur 12 Bulan

- Agustus 08, 2017

Cara Merawat Pedet (Anak Sapi) Setelah Disapih sampai Umur 12 Bulan

 
Cara Merawat Pedet (Anak Sapi) Setelah Disapih sampai Umur 12 Bulan. Tulisan atau artikel ini merupakan lanjutan dari Cara merawat anak sapi sejak lahir sampai disapih, andai kamu belum membaca sebaiknya kamu membaca berlebi dahulu pada bagian pertama bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih memahami tatacara memelihara sapi.
(lanjutan...)

Pedet Sapi Setelah Disapih Sampai Umur 1 Tahun

Anak sapi sesudah disapih sampai umur satu tahun merupakan kunci dari pertumbuhan anak sapi ataupun sapi. Cara mempercepat pertumbuhan sapi bisa dimulai dari fase ini ataupun dari umur dua bulan. Mulai umur 2 bulan sampai 3 bulan pemberian susu dihentikan (disapih). Pada umur 3 bulan sampai 6 bulan, pakan formula (calf starter) mulai diganti pakan formula lain (konsentrat) yang dengannya komposisi: PK 16%, TDN 70%. Penggantian makanan formula (calf starter) yang dengannya formula lain (konsentrat) terbatas maksimum 2 kg/ekor/hari. Rumput yng diberikan bisa dimulai yang dengannya rumput segar yng baik secara bertahap.
Pedet mulai umur 3 bulan bisa dikeluarkan dari sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan gerak badan di tempat terlindung (catatan: andaikan pedet semasa kecilnya diikat, maka pertumbuhannya akan terhambat serta kaki dan badannya sampai dewasa akan lemah). Setelah pedet umur 3 bulan, sebaiknya ditempatkan di sangkar kelompok (group pen) supaya berlangsung kompetisi dalam makanan. Sebaiknya jumlah pedet di dalam sangkar kelompok terbatas paling tidak sedikit 5 ekor serta umur dan besarnya pedet diusahakan hampir percis. Penempatan pedet di dalam sangkar berkelompok hendaknya dijauhkan antara pedet jantan serta betina, lantaran pedet jantan biasanya lebih kuat dalam perebutan pakan.
Pemberian pakan pedet umur 5-6 bulan, pakan formula (konsentrat) terbatas maksimum 2 kg/ekor/hari. supaya pedet mau makan rumput sebanyak-banyaknya (rumen bisa berkembang). Rumput yng diberikan bisa berupa rumput segar yng baik secara bebas. Pedet umur 7-12 bulan, rumput segar yng baik diberikan secara bebas serta konsentrat diberikan tak lebih dari 2 kg/ekor/hari supaya pedet mau makan rumput sebanyak-banyaknya serta pedet menjadi sehat serta gemuk supaya tatacara memelihara sapi selanjutnya menjadi lebih gampang.
Lihat pula : Cara Merawat Sapi Dara Cara Merawat Sapi Induk Laktasi serta Kering
Andaikan pertumbuhan pedet sejak disapih umur 2 – 12 bulan dibanding yang dengannya data pedoman pertumbuhan sapi Holstein (sumber: Junior Holstein Heifer Project) Amerika diluar dugaan sapi dara umur 12 bulan bobotnya lebih rendah dari pada data jangan buru - buru mencari tatacara menggemukkan sapi kurus. Hal ini satu dari sekian banyaknya karena ada dugaan lantaran perbedaan berat lahir pedet. Rata-rata berat pedet diindonesia merupakan 33,5 kg, sedangkan rata-rata berat lahir sapi Holstein di Amerika di atas 40 kg.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/12/cara-merawat-pedet-anak-sapi-setelah.html.

Seputar Cara Merawat Pedet (Anak Sapi) Setelah Disapih sampai Umur 12 Bulan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Merawat Pedet (Anak Sapi) Setelah Disapih sampai Umur 12 Bulan