Raup Untung dari Sayuran Gantung Aeroponik

- Agustus 08, 2017

Raup Untung dari Sayuran Gantung Aeroponik

 

Di greenhouse 1.000 m2 milik Patung Farm, bayam merah serta hijau menghampar di atas bak seluas 18-20 m2. Tanaman terlihat sehat; daunnya lebar serta sosok vigor. Itu lantaran setiap 3-5 menit sekali nozel menyemprotkan nutrisi ke akar yng menggantung di bawah styrofoa m. Yang dengannya aeroponik, anggota famili Amaranthaceae itu bisa atau mampu berproduksi 5-10% lebih tinggi dibanding mempergunakan system N FT ataupun floating raft.
Begitulah Parung Farm, Parung, JIL Kabupaten Bogor, memproduksi bayam bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasok kebutuhan pasar swalayan, restoran, hotel, serta kafe langganannya. "Bayam sangat cocok ditanam menggunakan sistem aeroponik dibanding dengan teknologi hidroponik lain," kata Matius Aritonang, direktur Parung Farm. Itu lantaran pemberian nutrisi lebih tepat serta teratur.
Pendapat dari Matius tren mengkonsumsi sayuran aeroponik serta hidroponik memanglah meningkat pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Kini, hampir seluruh pasar swalayan di seluruh nusantara memajang aneka sayuran hidroponik. "Konsumen mulai mengerti hidup sehat. Mereka menginginkan sayuran dengan kualitas tinggi, bersih, dan residu pestisida rendah," ujarnya. Makanya selain sayuran aeroponik, sayuran lain-lainnya semisal selada, romanian, serta lolorosa hasil hidroponik NFT pula diminta pasar.
Untung tinggi Tidak heran bila setahun silam Riza H, mantan general trading bidang otomotif di Bandung menjadi pekebun hidroponik. Halaman yng luas di Cimanggis, Depok disulap menjadi kebun hidroponik seluas 5.000 m2. "Lebih menguntungkan dibanding kerja di Bandung. Pasarnya lebih terbuka dan jelas, asal kualitas bagus," kata Riza. Di antara puluhan talang NFT yng dialiri nutrisi itulah ia mengawali menanam kangkung, caisim, pakcoy, bayam, serta kailan.
Yang dengannya produktivitas rata-rata 1,5- 2 kg/m2 bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap komoditi, alumnus jurusan Teknik Sipil, Universitas Parahyangan, Bandung, itu bisa atau mampu memanen rata-rata 50 kg/hari. Produksi itu terang lebih tinggi dibanding budidaya konvensional yng cuma menghasilkan 0,3-1 kg/m2. Yang dengannya total produksi 3-4 ton per bulan, ayah Btari Rahmani itu bisa atau mampu meraup omzet Rp30-juta-Rp40-juta setiap bulan.
Angin segar dari bercocok tanam aeroponik serta hidroponik pula bertiup di Tapos Hidroponik Farm, Kabupaten Bogor. Awal mulanya Ir Agus M, pengelola kebun, membangun kebun aeroponik serta hidroponik seluas 600-800 m2 di daerah Cimande, Bogor. Kebun yng terdapat atau terletak 10 km dari Ciawi itu memproduksi caisim serta kangkung 1-2 ton per bulan. "Karena lagi tren mengkonsumsi sayuran sehat dan higienis, permintaan ikut naik sekitar 50%," ujar Agus. Akhirnya, greenhouse baru seluas 1.000 m2 di Kampung Tapos, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi didirikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menopang produksi kebun Cimande. Komoditas aeroponik serta hidroponik semisal bayam, kailan, serta pakcoy pun ditanam selain kangkung serta caisim.
Permintaan tinggi "Permintaan bayam dan komoditas hidroponik lainnya meningkat 2 kali lipat dari tahun sebelumnya," ucap Matius. Setiap bulan alumnus jurusan Budidaya Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang itu memasok langganan 3- 4,5 ton sayuran segar. Pendapat dari Matius lonjakan permintaan sampai-sampai 90% dirasakan berasal dari pasar swalayan, kafe, serta hotel- hotel berbintang di Jakarta, Batam, Bali, serta Makassar.
Winz Farm, produsen sayuran hidroponik di Cugenang, Cianjur, pula mengalami kenaikan permintaan selada keriting sampai-sampai 25% dari tahun sebelumnya. "Seluruh sayuran aeroponik dan hidroponik mengalami peningkatan permintaan," ujar Merry, staf pemasaran. Tidak pelak, perluasan areal penanaman sampai-sampai 30% dari luasan 20-30 ha. Ida Bastari bersama suami Ir Daud, pemilik Abbas Agri Farm di Cipanas itu pula menuai laba tinggi. Ia memasok aneka macam jenis sayuran hidroponik semisal kailan, pakcoy, bermacam jenis selada, serta sayuran daun lain. Tak tanggung- tanggung, permintaan mencapai 300 kg/ bulan bagi atau bisa juga dikatakan untuk 2 komoditas andalan, kailan serta pakcoy.
Pendapat dari Ida Bastari permintaan melonjak drastis pada musim liburan, Natal, serta hari besar lain. "Permintaan hotel dan restoran naik minimal 60%," ujarnya. Selada keriting misalnya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk sebuah perusahaan distributor di Bintaro, Tangerang saja, ia Perlu menyiapkan 400- 600 pak berbobot 250 g per bulan. "Itu belum termasuk tambahan permintaan dari hotel-hotel," tambahnya.
Tidak lebih pasokan Besarnya permintaan yng masuk ke Parung Farm membuat Matius kewalahan memenuhi pasokan. "Sekarang sulit cari barang," ujarnya. Sulitnya mendapatkan pasokan menjadikan permintaan ekspor ke Amerika Serikat pun tidak terpenuhi. Percis halnya yng dialami Bastari. Lonjakan permintaan membuatnya kelabakan mencari pasokan.
"Produksi kebun hanya bisa memenuhi 60-70% dari permintaan," kata Bastari. Makanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kontinuitas produksi ia bermitra yang dengannya petani supaya kekurangan 30% bisa tertutupi.
Tidak heran bila para pekebun aeroponik serta hidroponik lain berusaha menaikan produksi. "Produksi kita terbatas karena luasan lahan tidak mencukupi," kata Agus. Pendapat dari kelahiran Bandung 33 tahun silam itu total produksi 2 kebun yng dikelola 3- 4 ton sebulan sedangkan permintaan mampu 50% lebih tinggi dari produksi.
Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk memboyong teknologi aeroponik ke kebun butuh biaya tinggi. "Membuat greenhouse, bak nutrisi, nozel, listrik, hingga tenaga kerja membutuhkan modal puluhan bahkan ratusan juta rupiah," tutur Agus.
Besarnya modal bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun greenhouse hidroponik diamini Riza. Pendapat dari kalkulasinya, skala ekonomis budidaya aeroponik serta hidroponik pada luasan 5.000 m2. "Kalau di bawah luasan itu, untung sangat kecil malah cenderung rugi," kata suami Aslis Lerningtias itu. Pendapat dari kelahiran Bandung 34 tahun silam itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun greenhouse lengkap yang dengannya sarananya butuh modal yng banyak sekali. Itu belum salah satunya biaya bibit serta tenaga kerja.
Meskipun padat modal akan tetapi keuntungan yng diraup besar. Apalagi kemudahan teknologi memberikan harapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diusahakan dalam skala besar ataupun keluarga. Toh, hingga tatkala ini pasokan belum terpenuhi. Pengertiannya peluang mengusahakan sayuran aeroponik serta hidroponik tetap terbuka.
PUSTAKA: http://www.agrosukses.com DIREKTORI: http://www.direktoriagrobisnis.com GABUNG DI MILIS: http://bit.ly/bQX5lK


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agropustaka.com/2015/05/raup-untung-dari-sayuran-gantung.html.

Seputar Raup Untung dari Sayuran Gantung Aeroponik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Raup Untung dari Sayuran Gantung Aeroponik