Cara Membuat Urea Molases Block (UMB) Untuk Pakan Ternak

- Agustus 26, 2017

Cara Membuat Urea Molases Block (UMB) Untuk Pakan Ternak

 
Taktik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan konsumsi pakan oleh ternak pada kondisi pemeliharaan tradisional adalah yang dengannya memberikan suplemen yng tersusundari kombinasi bahan ilmiah sumber protein yang dengannya tingkatan jumlah tertentu yng secara efisien bisa mendukung pertumbuhan, perkembangan serta kegiatan mikroba secara efisiendi dalam rumen.
Cara Membuat Urea Molases Block (UMB) Untuk Pakan Ternak
Urea Molasses Block (UMB) merupakan pakan tinggi protein terkonsentrasi yng memiliki kandungan sejumlah pasokan mineral serta vitamin yng diharapkan. UMB menyuplai Non Protein Nitrogen (NPN) bagi atau bisa juga dikatakan untuk mikroba rumen tanpa risiko. Pemberian UMB mempunyai fungsi menaikan palatabilitas menjadikan menaikan asupan pakan. UMB pula bisa menimbulkan kenaikan berat badan, kekuatan bekerja serta produksi susu sapi, kerbau, domba serta kambing meningkat. Daya cerna serta daya serap dari roughages saja (jerami) meningkat yang dengannya memakan UMB. UMB bisa menaikan nilai gizi pakan keras, betina menjadi cepat mengalami heat serta menjadi hamil, calving interval pada sapi menurun dan andai diberikan ke hewan bunting, akan didapat pedet yng kuat serta sehat tatkala lahir.
Suplementasi yang dengannya Urea Molasses Block (UMB) bisa menaikan kecernaan pakan berserat sampai-sampai 20%, menaikan nutrisi yng diterima hewan serta bisa menaikan konsumsi pakan sebanyk 25 hingga 30%. Andaikan ada yng sumber protein yang dengannya kualitas yng baik semisal cottonseed cake ataupun nougseed cake ditambahkan ke blok, hewan akan tumbuh lebih cepat. Hewanjuga akan diuntungkan andai bahan pakan lain semisal vitamin, mineral, obat-obatan, serta lain-lain ditambahkan keblok.
Urea Molasses Block bisa diproduksi di farm.Pembuatan cukup gampang serta simpel serta ada proses yng berbedayang bisa dipakai sesuai yang dengannya kondisi setempat. Proses pembuatan bisa dibagi menjadi empat tahap yaitu,
  • persiapan komponen
  • mixing
  • molding
  • drying
Analisis kimia menunjukan bahwasanya blok memiliki kandungan bahan kering tinggi, 11 hingga 16% protein kasar serta 72 hingga 75 % ekstrak nitrogen bebas didasari DM basis. Pakan blok kaya nutrisi lantas bisa disiapkan serta dipakai dalam taktik pakan ruminansia.
Kebutuhan pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggemukan sapi potong bisa dipenuhi yang dengannya pakan hijauan (menjadi pakan utama) serta konsentrat (menjadi pakan penguat) serta UMB (menjadi pakan suplemen) yng memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak bagi atau bisa juga dikatakan untuk melengkapi zat-zat makanan yng diharapkan oleh tubuh menjadikan komposisi seimbang bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi secara optimal

Cara Membuat Urea Molases Block

Alat yng dipakai pada Membuat Urea Molases Block merupakan timbangan, nampan, kompor, cetakan UMB, serta pemukul. sedangkan bahan yng dipakai merupakan bekatul, pollard, bungkil kedelai, premix ruminansia, molasses, jagung giling, konsentrat itik serta urea.
Pembuatan UMB mempergunakan metode Anget. Metode Anget di lakukan yang dengannya tips menimbang bahan-bahan pengisi sesuai formulasi lantas dicampur secara rata (mixing) mempergunakan tangan. Molasses dipanaskan dahulu kemudiandimasukkan tidak banyak demi tidak banyak serta diaduk-aduk sampai-sampai rata selanjutnya bahan-bahan yng telah tercampur yang telah di sebutkan dicetak yang dengannya silinder (alat pencetak UMB) lantas dikeluarkan.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2016/06/cara-membuat-urea-molases-block-umb.html.

Seputar Cara Membuat Urea Molases Block (UMB) Untuk Pakan Ternak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Urea Molases Block (UMB) Untuk Pakan Ternak