strategi jitu ternak kelinci bogor bagi pemula

- Juli 07, 2017

strategi jitu ternak kelinci bogor bagi pemula

 
Siapa sih yng tak gemas melihat gerak-gerik kelinci? Yang dengannya bulu-bulu halus yng dimilikinya, setiap orang ingin mengelusnya. Mimik mukanya yng imut serta kupingnya yng lancip berdiri, hewan yng tergolong jenis pengerat ini bisa memberikan hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Yang dengannya perilakunya yng penurut, kelinci menjadi satu dari sekian banyaknya binatang kesayangan tidak sedikit orang.
Tidak sedikit hobiis yng awal mulanya cuma iseng membeli beberapa ekor kelinci, kini bahkan kecanduan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara lebih tidak sedikit lagi. Orang-orang sadar, selain memperoleh kesenangan dari sosoknya yng gokil, tidak sedikit manfaat lain yng mampu diperoleh dari kelinci, mulai dari menambah kawan sesama hobiis, melindungi populasi hewan ini, sampai-sampai menjadikannya menjadi kesempatan usaha.
Hal ini sebagaiamana dialami oleh Ibu Nuning Priyatna, yng kini sudah melakoni bisnis beternak kelinci. Jauh sebelumnya, ia memelihara kelinci cuma sebatas hobi. Seusai kelincinya yng dipelihara berkembang biak, pernah sempet resah ingin dikemanakan kelinci sebanyk itu. Maklum, kelinci salah satunya hewan yng siklus reproduksinya terbilang cepat. Akhirnya, ia mempunyai ide bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara kelinci menjadi komoditas usaha.
Kini peternakan kelincinya di daerah Cisarua – Bogor makin besar serta berkembang dalam pemanfaatan daging kelinci. Ia membuka bisnis olahan daging kelinci berupa nugget kelinci, siomay kelinci, kaki naga, bakso kelinci, serta hot steak kelinci. Ia pula melebarkannya ke wilayah produksi pakan ataupun pelet kelinci, pupuk organik siap pakai dari kotoran serta urine kelinci, menjalankan usaha sayuran organik, sampai-sampai pelatihan bisnis ternak kelinci. Sesuatu yang di sembunyikan berhasil serta teknik pengelolaan peternakannya ini, ia tuangkan ke dalam bukunya yng berjudul Supaya Kelinci Hias Tampil Menawan. Ia mengupas perihal perawatan serta pemeliharaan kelinci, khususnya kelinci hias melalui pengalamannya selama bertahun-tahun bergelut di usaha peternakan kelinci. Di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini dibahas secara praktis mulai dari aspek keuntungan memelihara kelinci, mengenal morfologi serta anatomi kelinci, seputar sangkar serta perlengkapannya, teknik memilih serta membeli kelinci hias, perawatan kelinci, pengembangbiasakan kelinci, sampai-sampai penyakit serta tatacara penanggulangannya.


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/strategi-jitu-ternak-kelinci-bogor-bagi-pemula.html.

Seputar strategi jitu ternak kelinci bogor bagi pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain strategi jitu ternak kelinci bogor bagi pemula