strategi jitu ternak bebek betina

- Juli 27, 2017

strategi jitu ternak bebek betina

 
strategi jitu ternak bebek betina
Ternak bebek tatkala ini makin ternama. Permintaan terhadap daging bebek terus bertambah. Dahulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedangkan daging cuma menjadi produk samping. Daging bebek dipanen seusai masa produktifitas bertelurnya habis. Saat ini tidak sedikit ternak bebek yng berorientasi pada daging. Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat umum umumnya menganggap percis antara itik serta bebek. Padahal sebetulnya terdapat tidak banyak perbedaan antara itik yang dengannya bebek. Itik mempunyai tanda tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol serta gerakannya lincah.
Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lamban. Akan tetapi dalam analisis di artikel ini, kita tak membedakan antara itik serta bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif percis. Dewasa ini telah tersedia bebek khusus pedaging serta bebek petelur. Akan tetapi pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. Tak semisal ternak ayam yng telah Amat spesifik serta tak mampu disamakan antara budidaya ayam petelur yang dengannya ayam pedaging.
Mengenal jenis-jenis bebek
  • Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini tidak sedikit dibudidayakan di Pulau Jawa. Menjadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam menghasilkan telur. Dalam setahun bebek ini bisa atau mampu bertelur 250-300 butir. bebek mulai mampu bertelur pada umur 5-6 bulan, serta tetap produktif sampai-sampai umur 2 tahun.
  • Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan ataupun dikenal pula yang dengannya nama alabio adalah satu dari sekian banyaknya jenis bebek yng tidak sedikit dibudidayakan. Sebetulnya ada jenis bebek kalimantan lain yaitu bebek nunukan. Akan tetapi tak begitu ternama dibanding bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio lebih besar dibanding bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
  • Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awal mulanya berupa bebek liar yng didomestikasi petani setempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijinakan. bebek bali mempunyai warna tubuh yng beragam. Kemampuan bertelurnya lebih tidak banyak dibanding bebek jawa serta bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru mampu bertelur yang dengannya normal seusai berumur 23-24 minggu.
  • Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek jenis ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. Malah tidak sedikit yng menganggap menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip yang dengannya bebek jawa, ramping serta berjalan tegak semisal botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
  • Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek di atas, terdapat bebek banyak sekali jenis bebek pedaging. Ataupun biasa pula disebut bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan sangkar bebek
Ternak bebek mampu di lakukan yang dengannya metode penggembalaan ataupun metode sangkar. Di sedang makin sulitnya lahan penggembalaan, kini para peternak tidak sedikit yng berpindah ke system sangkar. Sudah tidak sedikit peternak yng memperlihatkan yang dengannya system sangkar, budidaya bebek tetap produktif bertelur. Yang akan di sajikan kali ini beberapa hal yng Perlu diperhatikan dalam bisnis ternak bebek.
a. Metode budidaya
Semisal telah disinggung sebelumnya, terdapat dua metode ternak bebek yaitu metode penggembalaan serta metode sangkar. Kedua metode yang telah di sebutkan memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan tidak sedikit dipakai oleh para peternak tradisional, misalnya para peternak di daerah pantai utara Jawa. Yang dengannya system penggembalaan pengeluaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan mampu lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yng ada di alam, semisal tumbuh-tumbuhan, cacing dan juga lain-lainya. Umumnya kualitas telur yng diperoleh yang dengannya system penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila diolah menjadi telur asin Amat baik.
Cuma saja metode ini belum tentu mampu diaplikasikan di seluruh tempat. Mengingat makin terbatasnya lahan serta tenaga kerja penggembala yng susah didapat, metode ini makin tak ternama. Di sisi lain, metode budidaya yang dengannya sangkar telah makin maju. Beberapa praktek ternak bebek dalam sangkar menunjukan produktivitas yng tak kalah baik. Kualitas telur yng diperoleh mampu dikontrol yang dengannya pemberian pakan yng tepat. Terdapat beberapa tipe sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak bebek, berikut penjelasannya:
  • Sangkar tipe pekarangan. Tipe sangkar ini berupa pekarangan yng sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas semisal makan, minum, berenang dalam lingkungan yang telah di sebutkan. Sangkar ini bersifat terbuka, akan tetapi disediakan sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk berteduh. Bila malam tiba ataupun hujan, bebek mampu masuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk berteduh ke dalam sangkar.
  • Sangkar terkurung ataupun tipe postal. Berupa sebuah bangunan besar yng mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan sangkar. Dalam sangkar ditempatkan banyak sekali fasilitas semisal tempat pakan, minum ataupun kalau memungkinkan kolam berenang. Dasar sangkar mampu berupa tanah ataupun semen yng ditaburi sekam padi.
  • Sangkar tipe baterai. Dalam sangkar ini 1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yng terpisah. Umumnya dibuat dari kisi-kisi bambu, semisal pada budidaya ayam petelur intensif. Sangkar tipe baterei mampu ditempatkan di dalam ataupun luar ruangan. Yang dengannya tipe sangkar baterai, tak disediakan kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk berenang.
b. Memilih tipe sangkar Tipe sangkar semisal apa yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk saya? barangkali itu pertanyaan yng ada di benak pembaca. Pemilihan tipe sangkar Amat terkait yang dengannya ketersediaan sumber daya semisal, tempat, luas lahan, tenaga kerja serta modal. Berikut hal yng butuh dipertimbangkan dalam memilih tipe sangkar.
  • Bila lahan yng tersedia cukup luas mampu dipertimbangkan sangkar tipe pekarangan. Sangkar ini memerlukan lahan yng luas, akan tetapi investasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan sangkar mampu ditekan lantaran aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Sangkar pekarangan cocok diterapkan pada terak bebek semi intensif.
  • Bila lahan yng tersedia dibatasi, mampu dipertimbangkan tipe sangkar terkurung ataupun tipe baterai. Sangkar tipe ini relatif tak memerlukan lahan luas, akan tetapi biaya pembuatan kandangnya cukup besar. Sangkar tipe ini cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya intensif.
  • Pertimbangkan juga tujuan ternak bebek. Bila fokus pada produksi telur serta daging, system tekurung serta baterai mampu dipakai. Namun bila bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembibitan/reproduksi, sebaiknya pertimbangkan tipe pekarangan ataupun sangkar terkurung, dimana di dalamnya disediakan fasilitas kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk berenang.
Memilih bibit bebek Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil ternak bebek yng maksimal, sebaiknya muai yang dengannya memilih bibit yng baik. Ada tiga tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit bebek, yaitu:
  • Membeli telur tetas dari induk bebek yng terbukti kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri yang dengannya inkubator.
  • Memproduksi sendiri telur yang dengannya mengawinkan indukan jantan serta betina. Hal ini mampu di lakukan bila kita mempunyai bibit yng mempunyai kualitas, serta pula mempunyai fasilitas pembibitan sendiri.
  • Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan ataupun peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan peterlur ataupun pedaging butuh pakan yng mempunyai kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yng diperoleh bergantung yang dengannya jenis pakan yng diberikan. Yang akan di sajikan kali ini jenis-jenis pakan bebek.
a. Jenis pakan
Terdapat dua jenis pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami mampu berupa keong serta kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghemat mampu diramu sendiri. Bila kita membeli pakan dari pabrik, setidaknya terdapat tiga jenis pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk masing-masing fase pertumbuhan. Fase awal diperuntukan bagi bebek berumur 0-8 minggu, fase grower bagi atau bisa juga dikatakan untuk umur 8-18 minggu serta fase layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal setidaknya mempunyai kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% serta fase layer 15-17%. Pakan konsentrat mampu diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan yang telah di sebutkan memenuhi kandungan protein minimal serta cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan unggas. Berikut satu dari sekian banyaknya semisal pakan konsentrat yng diramu sendiri.
Bahan bakuAwal (%)Grower (%)Layer (%)
Jagung giling252015
Dedak halus405060
Ubi kayu555
Tepung ikan201510
Bungkil kelapa555
Bungkil kedelai555
b. Tatacara pemberian pakan
Tatacara memberikan pakan pada bebek yng baru netas sampai-sampai berumur 21 hari sebaiknya disajikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek di atas 21 hari mampu disebar dilantai serta diberikan secara terus menerus. Demikian pula yang dengannya pembrian air minum, bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya tambahkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disediakan dalam wadah khsus di dalam sangkar secara terus menerus. Yang akan di sajikan kali ini tabel jumlah pakan ternak bebek:
Umur (minggu)Jumlah (gram)Umur (minggu)Jumlah (gram)
1151276
2301376
3401470
4601570
5651680
6701780
7701885
8721990
9742090
10742190
117522100



Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/strategi-jitu-ternak-bebek-betina.html.

Seputar strategi jitu ternak bebek betina

Advertisement
 

Cari Artikel Selain strategi jitu ternak bebek betina