cara mudah ternak bebek apakah bisa menguntungkan

- Mei 23, 2017

cara mudah ternak bebek apakah bisa menguntungkan

 
yang akan di sajikan kali ini adalah satu dari sekian banyaknya cara yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemula ataupun kamu yng memanglah baru mau berupaya berternak bebek. Bebek adalah satu dari sekian banyaknya hewan ternak yng jinak serta cukup mudah dipelihara. Bebek suka yang dengannya tempat-tempat yng berair menjadikan kelak butuh dipertimbangkan pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan lahan kosong tempat bermain bebek yang telah di sebutkan. Ditambah tidak banyak musik bisa membantu mengurangi bebek terhindar dari stress menjadikan produksi telur meningkat. Dewasa ini ramai sekali para peternak yng mempergunakan serta memanfaatkan sentrat supaya produksi telur tidak jelek alias bagus akan tetapi penggunaan sentrat khusus cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur konsumsi serta tak direkomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur yng ditetaskan ulang.
Mengawali bisnis berternak bebek ramai sekali sumberdaya yng bisa kita ambil misal dagingnya, telurnya serta malah kotorannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk pupuk. Kamu bisa memilih ingin berternak bebek bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil dagingnya saja ataupun diambil telurnya bergantung mana yng paling menguntungkan pendapat dari kamu. Memanglah tidak sedikit peternak yng berfokus pada telurnya saja namun disaat bebek telah tidak produktif lagi bisa dijual bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek pedaging.
cara mudah ternak bebek apakah bisa menguntungkan
Yng terpenting bagi calon peternak bebek entah kamu ingin menjalankan bisnis ini menjadi sampingan ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisnis utama kamu, ada beberapa pengetahuan yng Perlu kamu pelajari serta pahami. Pengetahaun yang telah di sebutkan diataranya pemahaman bagaimana membangun sebuah sangkar yng sesuai standar, pemilihan bibit yng unggul, pemahaman akan pakan bebek, cara mengelola sampai-sampai pemasaran hasil nya. Beberapa kemampuan mengelola semisal bagaimana memelihara anak bebek (usia 5-8 minggu), pemeliharaan bebek dara (usia 8-20 minggu) serta pemeliharaan bebek petelur (usia 20 minggu keatas).Bebek / Itik umumnya mempunyai masa ideal berkisar antara 1 tahunan yng bisa atau mampu bertelur rata-rata 200 hingga 300 butir telur pertahunnya yang dengannya berat rata-rata 70gram bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek lokal.
Malah bebek jenis alabio bisa atau mampu bertelur diatas 250 butir pertahunnya yang dengannya masa produktif sampai-sampai 68 minggu yng salah satunya mempunyai produktivitas tinggi. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis bebek pedaging pemeliharaannya relatif cepat, umumnya telah bisa dipanen dalam waktu 2-3 bulanan saja. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek jenis pedaging yng tidak jelek alias bagus umumnya yng berkelamin jantan itu lantaran pertumbuhannya lebih cepat dari bebek betina. Minimum berat badan bebek siap potong umumnya sekitar 1,5 kg. Akan tetapi tatkala ini dilapangan tidak sedikit yng menginginkan bebek usia muda, itu lantaran bebek usia muda lebih empuk dagingnya, lebih gurih serta mempunyai nilai gizi yng cukup tinggi.
Perhitungan Simpel bagi atau bisa juga dikatakan untuk Bebek Petelur serta Pedaging
Bebek Siap Telur = Rp 39.000,- S/d Rp 42.000,-
DOD Betina = Rp 3.700,-
DOD Jantan = Rp 3.200-
Bebek Potong 1,2 kg s/d 1,3 kg = Rp 19.500,-
Telur Tetas = Rp 1.250,-
Telur Konsumsi = Rp. 900,-
Hal-Hal yng Perlu Kamu Kuasai Sebelum Mengawali Berternak Bebek
Bisnis peternakan bebek telah Amat dikenal oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Indonesia lebih-lebih bagi orang-orang yng tinggal didaerah pedesaan. Tidak sedikit yng menggantungkan kebutuhan kesehariannya dari bisnis ini baik menjadi penghasilan utama ataupun sekedar menjadi bisnis sampingan. Serta yang akan di sajikan kali ini beberapa pengetahuan serta pemahaman dasar yng Perlu kamu ketahui serta pelajari :
1. Menyeleksi Bibit Unggul
Bibit bebek sendiri di Indonesia dikategorikan menjadi dua yaitu bibit bebek lokal serta persilangan.
a. Bibit Bebek Lokal
  • Bebek / Itik Tegal (Tegal) mempunyai tanda bulu berwarna putih polos hingga cokelat hitam, warna paruh serta kaki kuning ataupun hitam.
  • Bebek / Itik Mojosari (Mojosari Jawa Timur) mempunyai tanda fisik bulu berwarna cokelat muda sampai-sampai cokelat tua, warna paruh serta kaki hitam.
  • Bebek / Itik Alabio (Amuntai Kalimantan Selatan) mempunyai tanda fisik badan lebih besar dibandingkan itik asal tegal.
  • Bebek / Itik Asahan yng saat ini tidak sedikit dikembangkan di Tanjung Balai, Sumatera Utara.
b. Bebek / Itik Persilangan
Bebek persilangan merupakan jenis bebek hasil persilangan dari bebek ataupun itik local.
2. Pengetahuan Akan Pakan Bebek
Jenis pakan bebek diataranya merupakan jagung, dedak padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa, serta masih tidak sedikit lagi. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian pakannya sendiri tidak lebih lebih semisal berikut :
  • Umur 1 sampai-sampai 2 minggu 60 gr/ekor/hari.
  • Umur 3 sampai-sampai 4 minggu 80 gr/ekor/hari.
  • Umur 5 sampai-sampai 9 minggu 100 gr/ekor/hari.
  • Umur 10 minggu keatas 150 - 180 gr/ekor/hari.
3. Pemahaman Akan Perkandangan Yng Baik
  • Biasanya sangkar yng dipakai dibuat dari kayu serta bambu yang dengannya atap genting serta bagian bawahnya pasir ataupun kapur.
  • Syarat-syarat tempat kadang yng baik tidak lebih lebih semisal berikut :
  1. Jauh dari keramaian
  2. Ada ataupun dekat yang dengannya sumber air
  3. Tak terlalu dekat yang dengannya rumah
  4. Mudah dalam pengawasan.
  • Perhitungan daya tampung per 100 ekor bebek :
  1. Umur 1 hari – 2 minggu 1 -2 m.
  2. Umur 1 – 2 minggu 2 – 4 m
  3. Umur 2 – 4 minggu 4 – 6 m
  4. Umur 4 – 6 minggu 6 – 8 m
  5. Umur 6 – 8 minggu 8 – 10 m
  6. Bebek dara hingga umur 6 bulan 5 – 10 ekor/m.
4. Tata Cara Pemeliharaan
  1. Biasanya perbandingan antara jantan serta betina (sex ratio) merupakan 1:10, berguna tiap bertambah 10 betina maka bertambah 1 pejantan.
  2. Dilihat dari cara pemeliharaan didasari penempatannya dibagi menjadi :
  • Secara ekstensif yaitu pemeliharaan yng berpindah-pindah, dijawa umumnya dikenal yang dengannya sebutan angon.
  • Secara intensif yakni secara terus-menerus dikandangkan semisal ayam ras serta diusahakan mempunyai sangkar yng cukup luas
  • Secara semi intensif yakni dipelihara di sangkar yng ada halaman berpagar yang dengannya tersedianya ruangan terbuka.
5. Pengetauan Akan Kebugaran atau kesehatan Bebek
Berikut beberapa masalah seputar kebugaran atau kesehatan yng umumnya menyerang bebek/itik beserta pencegahannya.
a. Penyakit Cacing
Penyebabnya yaitu : Aneka macam jenis cacing
Ciri-tanda : Menurunnya nafsu makan, Suka mencret, warna bulu kusam, bebek kurus, serta produksi telur menurun.
Pencegahannya : Sangkar Perlu selalu bersih, kondisi sangkar kering serta tak lembab, makanan serta minuman yng bersih, serta lakukan sanitasi sangkar.
b. Penyakit Berak Kapur
Penyebabnya yaitu : Bakteri Salmonella Pullorum.
Ciri-tanda : Berak puti serta lengket semisal pasta.
Pencegahannya : Kebersihan sangkar, makanan serta minuman, vaksinasi, serta memisahkan itik yng di kenai penyakit.
c. Lumpuh
Penyebab : Kekurangan Vitamin B
Ciri-tanda : kaki bengkak pada persendian, jalan pincang ataupun lumpuh, kelihatan lesu serta ngantuk, mengeluarkan air mata berlebihan.
Pencegahannya : Pemberian sayuran/hijauan yng dicampur pada makanan sehari-hari.
6. Pasca Panen
Hasil panen bisa berupa :
  1. Telur bisa diolah menjadi aneka macam jenis makanan
  2. Daging bebek yng pula bisa diolah menjadi aneka macam jenis makanan, bisa dipasarkan ke restoran serta warung makan.
  3. Bulu bebek pula bisa dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk aneka macam jenis kerajinan tangan.
  4. Kotoran bebek bisa dimanfaatkan menjadi pupuk.
Demikianlah tidak banyak tidak sedikit wacana cara mudah ternak bebek apakah bisa menguntungkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendalami bagaimana prakteknya kamu bisa mengunjungi para peternak bebek serta mempraktekannya sendiri dirumah kamu. Mudah-mudahan berguna.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/cara-mudah-ternak-bebek-apakah-bisa-menguntungkan.html.

Seputar cara mudah ternak bebek apakah bisa menguntungkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain cara mudah ternak bebek apakah bisa menguntungkan