Cara Mengendalikan Hama Wereng dengan Pestisida Alami

- Maret 25, 2018

Cara Mengendalikan Hama Wereng dengan Pestisida Alami

 
Butuh kita ketahui bahwasanya hama wereng adalah satu dari sekian banyaknya hama yng Amat ditakuti oleh petani seusai hama tikus. para petani menganggap kalau hama wereng itu susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikendalikan, hal ini penyebabnya yaitu lantaran para petani umumnya mengetahui serangan wereng seusai berlangsung serangan yng Amat parah. terkadang seorang petani mengetahui serangan hama wereng ini seusai padi telah terlihat merah serta mengering serta itu telah Amat susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikendalikan.
Hama wereng ada beberapa jenis diantaranya yakni wereng coklat, wereng hijau serta wereng loreng. Wereng coklat dalam bahasa latin disebut nilaparvata lugens. Sedangkan wereng hijau dalam bahasa latin di sebut Nephotettix virescens (Distant). wereng loreng dalam bahasa latin di sebut Recilia dorsalis.

Lihat pula : Cara budidaya tanaman padi


Mengendalikan Hama Wereng dengan Pestisida Alami

  1. Genakan Pestisida
    Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengusir hama wereng mampu mempergunakan pestisida yng tidak sedikit tersedia di toko pertanian.
  2. Genakan Pestisida AlamiAlternatif lain dalam mengusir hama wereng merupakan dengan tatacara membuat pestisida alami, yaitu pestisida yng dibuat sendiri oleh kita. Semisal penggunaan pestisida alami merupakan Membuat pestisida lamai dengan mempergunakan biji mahoni serta biji ataupun daun sirsak. Cara nya merupakan Daun sirsak, rimpang jeringau, serta bawang putih ditumbuk hingga halus, lantas dicampur dengan sabun colek. Campuran yang telah di sebutkan lantas direndam dalam air 20 liter selama dua hari. Larutan selanjutnya disaing dengan kain halus serta siap diaplikasikan. Setiap 1 liter air saringan diencerkan dalam 15 liter air, lantas disemprotkan merata ke bagian bawah tanaman padi.
    Selain dengan tatacara di atas pula ada tatacara yng alami lagi yaitu dengan tatacara buah kecubung dua butir serta akar jenu/tuba 1 kg serta air 1 liter. Tatacaranya ketiga bahan yang telah di sebutkan di campur jadi satu serta ditumbuk serta diaduk di seduh sampai-sampai mendidih. Dinginkan serta lantas airnya di saring. Bahan siap dipakai dengan mencampurkan 16 liter air.

Pencegahan Hama Wereng

Langkah Pencegahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangan hama wereng butuh di lakukan beberapa tindakan. Diantaranya:
  • Bersihkan gulma,singgang dari sawah serta areal sekitarnya.
  • Hindari penggunaan pestisida secara tak tepat yng bisa memicu terbunuhnya musuh alami.
  • Genakan varietas tahan wereng semisal Ciherang, Mekongga, serta Cigeulis.
  • Genakan varietas tahan tungro semisal IR-50, IR-64, Citanduy, Dodokan, IR –66, IR-70, Barumun, kelara, memberamo, IR-36, IR-42, Semeru, Ciliwung , Kr. Aceh, Sadang, Cisokan, Bengawan , Citarum serta yang terakhir merupakan serayu.
  • Jumlah kritis: pada kepadatan 1 wereng coklat/batang ataupun tidak lebih, masih ada kesempatan menekan populasi.
  • Amati wereng di persemaian sehari-hari, ataupun setiap minggu seusai tanam pindah pada batang serta permukaan air. Periksa kedua sisi persemaian. Pada tanaman yng lebih tua, pegang tanaman serta rebahkan tidak banyak serta tepuk dengan pelan dekat bagian basal bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat kalau ada wereng yng jatuh ke permukaan air.
  • Genakan perangkap cahaya waktu malam disaat terlihat ada gejala serangan wereng. Jangan tempatkan cahaya dekat persemaian ataupun sawah. Bila perangkap cahaya diserbu oleh berates wereng, berguna persemaian serta sawah butuh segera diperiksa; lantas amati sehari-hari dalam beberapa minggu selanjutnya.
  • Pupuk lengkap (NPK), dosis 250 kg urea, 100 kg
  • SP36, serta 100 kg KCl/ha bisa membantu upayaSP36, serta 100 kg KCl/ha bisa membantu upaya pencegahan
Lihat pula : Cara menanam padi yng baik serta benar
------------------------------------------------------------------------------------
Demikianlah analisis wacana tatacara mengendalikan hama wereng.. share, mudah-mudahan lebih berguna....sumber : carabertani.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2016/08/cara-mengendalikan-hama-wereng-dengan-pestisida-alami.html.

Seputar Cara Mengendalikan Hama Wereng dengan Pestisida Alami

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mengendalikan Hama Wereng dengan Pestisida Alami