Beginilah Cara Ternak Kambing Yang Baik Agar Tidak Salah Kaprah

- April 07, 2018

Beginilah Cara Ternak Kambing Yang Baik Agar Tidak Salah Kaprah

 
Permintaan daging kambing di Indonesia cukuplah tinggi, akan tetapi jumlah peternak kambing di Indonesia belum mencukupi.Menjadikan negara kita masih mengimpor daging kambing dari luar negeri bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencukupi kebutuhan daging kambing di dalam negeri. Sebetulnya tak sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan ternak kambing, lantaran Kamu mampu mulai melakukannya sendiri di rumah. Asalkan mempunyai lahan yng cukup menjadi sangkar tempat kambing hidup.
Kambing yng diambil dagingnya ataupun kambing potong umumnya yakni kambing etawa serta kambing kacang.Kedua kambing ini paling tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil dagingnya.Pada biasanya, kambing etawa diambil susunya akan tetapi mampu pula menjadi penghasil daging. Tanda-ciri kambing etawa yakni warna bulunya bervariasi hitam serta coklat, mempunyai indera pendengaran yng menggantung tidak banyak kaku serta panjangnya mencapai 30 cm. Bulu kambing etawa pula tebal panjang di pundak serta di bawah leher bagi atau bisa juga dikatakan untuk jantan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk betina bulu di bagian bawah ekor agak panjang.
Cara Ternak Kambing Yang Baik
Lihat pula : Ternak Kambing Jawa
Sedangkan kambing kacang merupakan jenis kambing unggulan yng dikembangkan di Indonesia.Kambing ini mempunyai badan kecil serta pendek, lehernya pendek meninggi pada bagian punggung, bertanduk, telinganya pendek serta tegak, warna bulunya tunggal merah, hitam, belang putih ataupun hitam, putih, serta coklat.Bagi Kamu yng ingin mengawali beternak kambing, berikut merupakan ternak kambing yng baik.
  1. Pemilihan Bibit Kambing
    Pemilihan bibit akan menentukan kualitas kambing yng diperoleh. Cara memilih bibit kambing bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak kambing potong yakni: badan berukuran normal yang dengannya umur 8 hingga 12 bulan, badan bersih mengkilap, tak terdapat cacat, sehat, tak buta, terdapat garis punggung serta pinggang lurus, hidung bersih, mata tajam, serta anus bersih.
  2. Pemeliharaan Sangkar Kambing
    Umumnya sangkar yng dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak kambing yakni berbentuk panggung dan mempunyai kolong.Kolong ini bermanfaat menampung kotoran kambing, selain itu pula mencegah kambing dari tanah yng becek. Lantai sangkar dibuat tinggi sekitar 0,5 hingga 2 meter. Lantas tempat makanan ditempel di dinding serta posisinya agak tinggi ataupun sebahu kambing.
  3. Pemberian Pakan Kambing
    Ternak kambing yng baik selanjutnya merupakan dalam pemberian pakan.Pakan kambing yng mampu diberikan antara lain dedaunan hijau, rumput, turi, daun lamtoro, serta lain-lain.
  4. Pengembangbiakan Kambing
    Kambing mampu melahirkan setiap 7 bulan sekali, serta anak kambing disapih pada usia 3 hingga 4 bulan. Kambing yng telah dewasa serta siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikawinkan yakni usia 8 hingga 10 bulan. Serta masa kehamilan kambing sekitar 5 bulan.
Itulah beberapa info mengenai ternak kambing yng baik.Mudah-mudahan caraternak kambing yng baik yang telah di sebutkan memberikan manfaat.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2016/11/beginilahcara-ternak-kambing-yang-baik-Agar-Tidak-Salah-Kaprah.html.

Seputar Beginilah Cara Ternak Kambing Yang Baik Agar Tidak Salah Kaprah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Beginilah Cara Ternak Kambing Yang Baik Agar Tidak Salah Kaprah