Perbedaan Bebek Mojosari & Alabio yang harus Anda Ketahui

- Maret 02, 2018

Perbedaan Bebek Mojosari & Alabio yang harus Anda Ketahui

 
Tahukah Anda apa saja perbedaan bebek Mojosari & Alabio? Andai tak, maka Anda bisa simak uraian yang akan di sajikan kali ini. Bagi Anda yang ingin melakukan ternak bebek hibrida, Anda harus mengenal 2 jenis bebek ini. Bebek Mojosari serta bebek Alabio adalah bebek yang tidak sedikit dijadikan indukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin silang bebek. Hasil dari kawin silang yang telah di sebutkan yakni bebek hibrida yang dengannya kualitas yang Amat baik yang diberi nama bebek MA.
Meskipun bebek hibrida bisa diperoleh dari perkawinan silang antara 2 jenis bebek lain, akan tetapi hasil kawin silang bebek Mojosari serta Alabio merupakan yang paling baik. Lantas, apa saja perbedaan bebek Mojosari & Alabio itu sendiri? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui perbedaan 2 jenis bebek ini maka Anda harus mengetahui ciri-ciri keduanya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek Alabio sendiri mempunyai ciri-ciri antara lain:
  • Bulunya berwarna cokelat serta terdapat bintik putih pada seluruh badannya.
  • Terdapat garis putih yang ada di sekeliling mata.
  • Bebek Alabio yang jantan cenderung mempunyai bulu berwarna gelap.
  • Sayap bebek ini mempunyai beberapa bulu yang berwarna hijau kebiruan serta tampak mengkilap.
  • Paruh serta kaki bebek Alabio mempunyai warna kuning terang.
  • Bobot bebek betina usia 6 bulan sekitar 1,6 kg.
  • Bobot bebek jantan usia 6 bulan sekitar 1,5 kg.
  • Produksi telur per tahunnya yakni sekitar 220 hingga 250 butir per ekor.
  • Telur bebek Alabio mempunyai berat 59 hingga 85 gram per butir.
  • Kerabang telur mempunyai warna putih kehijauan.
  • Bobot bebek yang telah berusia seminggu yakni berkisar antara 981 hingga 1.152 gram per ekor.

Perbedaan bebek Mojosari & Alabio bisa dilihat seusai Anda pula mengetahui ciri-ciri bebek Mojosari. Sementara ciri-ciri bebek Mojosari sendiri antara lain yakni:
  • Bulunya berwarna kemerahan serta ada beberapa corak cokelat kehitaman khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek jantan.
  • Mempunyai 1 hingga 2 helai bulu pada ekornya yang melengkung ke atas.
  • Paruh serta kakinya mempunyai warna hitam.
  • Bobot bebek dewasa mempunyai rata-rata 1, kg.
  • Produksi telur per tahunnya yakni sekitar 230 hingga 250 butir per ekor.
  • Telur bebek Mojosari mempunyai berat rata-rata 65 gram.
  • Kerabang telur mempunyai warna putih kehijauan.

Andai Anda melihat ciri-ciri dari kedua jenis bebek yang telah di sebutkan maka Anda telah bisa mengambil kesimpulan mengenai perbedaan di antara keduanya. Andai kedua jenis bebek yang telah di sebutkan dikawinkan silang, maka akan menghasilkan jenis bebek petelur unggulan. Tak heran andai 2 jenis bebek ini Amat ternama di kalangan peternak unggas bebek. Andai Anda ingin melakukan ternak bebek yang dengannya keuntungan berlimpah maka pilih ternak bebek hibrida dari hasil kawin silang bebek Alabio serta Mojosari. Satu hal lagi yang menjadi perbedaan bebek Mojosari & Alabio yakni asalnya.

Bebek Alabio:

Asal bebek Alabio merupakan dari Kalimantan Selatan, bebek ini tidak sedikit diternakkan di daerah asalnya. Malah yang dengannya beterna bebek Alabio bisa membawa perubahan positif bagi perekonomian keluarga. Terbukti bahwasanya permintaan pasar akan hasil ternak bebek Alabio makin tinggi. Malah tatkala ini budi dayanya lebih difokuskan, ada yang budidaya bebek Alabio petelur, pedaging, telur tetas serta pembesaran. Perbedaan bebek Mojosari & Alabio tak cuma pada fisiknya saja namun pula asalnya.

Bebek Mojosari:

Sementara itik Mojosari merupakan itik yang adalah keturunan itik India Runner. Itik Mojosari berasal dari Jawa Timur, tepatnya yakni dari Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerjo. Dilihat dari penjelasan yang telah di sebutkan bisa dilihat bahwasanya nama Mojosari sendiri diambil dari nama kecamatannya.
Lihat pula
Tatacara Budidaya Bebek Pedaging Tatacara Budidaya Bebek Petelur Tatacara Budidaya Bebek Peking Tatacara Budidaya Bebek Hibrida
Secara garis besar, bebek Alabio serta bebek Mojosari memiliki keunggulan masing masing serta berasal dari daerah yang berbeda serta Amat berjauhan. Berkat keunggulan serta jarak yang cukup jauh yang telah di sebutkan membuat hasil perkawinan silangnya makin baik. Itulah perbedaan bebek Mojosari & Alabio yang bisa dibagikan, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2016/09/perbedaan-bebek-mojosari-alabio-yang.html.

Seputar Perbedaan Bebek Mojosari & Alabio yang harus Anda Ketahui

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perbedaan Bebek Mojosari & Alabio yang harus Anda Ketahui