5 tips ternak kambing gibas

- Maret 02, 2018

5 tips ternak kambing gibas

 
Kambing Gibas adalah satu dari sekian banyaknya jenis kambing yng mempunyai tanda khas yanga Amat lah unik , kambing gibas ini telah menyebar luas di banyak sekali wilayah indonesia . Lantaran kambing ini Amat lah gampang melakukan adaptasi di lingkunagan baru , menjadikan Amat lah gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di budidayakan . karakteristik kambing ini mempunyai badan yng Amat lah tengah , pendengaran pendek , punggung meninggi , ukuran leher pendek , betina serta jantan mempunyai tanduk , ketinggian nadan betina dewasa mencapai 56 cm sedangkan jantan dewasa mencapai 60 – 65 cm .
tips ternak kambing gibas
Tatacara Budidaya kambing Gibas yang dengannya berhasil.
1. Pemilihan Bibit Unggul


a. Pejantan
  • Mempunyai kondisi yng sehat
  • Mampu bertumbuh yang dengannya cepat sesuai yang dengannya umurnya
  • Mempunyai bulu yng Amat lah bersih dan tebal
  • Mempunyai ukuran badan panjang , kaki lurus serta tak ada kecacatan fisik
  • Penampilan lebih gagah serta rumit panjang
  • Terlihat Amat lah aktif serta lincah
  • Memiliki nafsu makan serta kawin tinggi , gampang ereksi serta buah zakarnya normal
b.Betina
  • Mempunyai kondisi yng sehat
  • Mempunyai bulu yng Amat bersih serta mengkilap dan tebal
  • Badabn tak terlalu gemuk
  • Tak ada kecacatan fisik
  • Alat kelamin normal
  • Susu serta ambing normal
Masa Perkawinan Kambing
Perkawinan pada kambing menginjak dewas berusia 6 – 8 bulan yng di pat di tandai yang dengannya munculnya berahi . Pada biasanya jumlah usia pada kambing bisa kamu cat ataupun kamu lihat dari giginya , kambing betina siap di kawinkan pada usia 10 -12 bulan seadangkan kambing jantan pada usia lebih dari 1 tahun .
Tanda –tanda kambing betina yng akan ingin meminta kawin yakni terlihat Amat gelisah , pembengkakan pada alat kelamin ( semisal kelamin menjadi basah , kemerahan serta Anget ) , ekor Suka di gerakan , nafsu makan mulai berkurang , diam saja waktu di naiki oleh kambing pejantan . Kondisi ini berlangsung selama 30 jam serta memiliki siklus kawin 17 hari .
Waktu mengawainkan yng paling baik merupakan 12 – 18 jam sesudah mempunyai tanda-tanda meminta kawin . Hal ini di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah proses perwkawinan serta membuat kecil resiko kegagalan perkawinan . Sebaiknya tempat kambing jantan serta betina yng akan di kawinkan satu kandan , serat pula aperhatiakan perkawinan sedarah yng akan menghasilkan kecacatan serta pula produksi anakan makin menurun .
Masa Kelahiran Kambing
Kambing yng ingin melahirkan mempunyai ciri –ciri sperti tampak lebih gelisah , kaki mengarul-garuk ke tanah , pinggul kambing mengendur , mengembik , ukuran perut kambaing lebih besar serta andai di pijat ataupun pencet akan mengeuarkan cairan ( kolseterum ) , nafsu makan menurun serta alat kelamin membengkak .
Perawatan Anakan Kambing
Sebagian kambing habis melahirkan tak lah mau memperhatikan anak yng baru di lahirkannya , Sebaiknya dekatkan anakan yang dengannya indukan supaya mau menyusui anaknya sendiri . Akan tetapi andaikan indukan tak mau menyusui sebaiknaya kamu membuat susu buatan semisal campuran susu putih , gula satu sendok serta sebutir telur ayam lantas campurkan hingga merata . Berikan susu 2 kali sehari hingga indukan mau menyusui anakannya sendiri .
Memperkiraan Usia Kambing
Usia kambing Perlu kamu perkirakan yang dengannya jumlah gigi yng tumbuh semisal :
  • Seluruh gigi belum permanen ( usia tidak lebih dari 1 tahun )
  • 1 pasang gigi permanen ( usia 1-2 tahun )
  • 2 pasang gigi permanen ( usia 2-3 tahun )
  • 3 pasang gigi permanen ( usia 3-4 tahun )
  • Keseluruhan permanen ( usia 4-5 tahun )
2. Pemberian Pakan kambing
Secara biasanya , pakan kambing terbagi dua jenis yakni pakan hijauan serta pakan konsentrat . Pakan hijauan adalah pakan yng berasal dari alam semisal rerumputan serta kacang-kacangan , sedangkan pakan konsentrat adalah pakan buatan semisal dedak padi ataupun pun ampas tahu serta lain-lain.
Rerumputan adalah pakan sumber enrgi bagi ternak kambing , jenis rumput yng di beriakan adalah rumput alam ataupun rumput lapangan . Sedangkan pakan hasil dari limbah pertanian ataupun pakan penganti berupa dedak padi , daun pepaya , kulit serta daun singkong , batang kangkung , jerami padi serta daun jagung . Akan tetapi pakan kambing yang dengannya protein yng Amat lah tinggi berupa daun kacang panjang , daun kacang tanah , daun gamal , daun kedelai , daun la,toro serta lain-lainnya .
3. Pembuatan Sangkar Serta Perwatan Sangkar kambing
Dalam melakukan pembuatan sangkar kambing sebaiknya mengarah ke timur yng bisa memenuhi kebugaran atau kesehatan kambing , yang dengannya paparan cahaya matahari secara langsung . Membuat sangkar yang dengannya kuat dalam jangka panjang , akan tetapi sebaiknya membuat sangkar kambing di buat yang dengannya panggung serta memiliki atap dan tempat pakan serta minum yng bersih . lantas berilah ventilasi udara di dalam sangkar supaya kambing bisa melakukan sirkulasi udaranya yang dengannya baik .
Ukuran sangkar kambing yng paling ideal yakni :
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk anakan kambing 1 x 1,2 m ( 2 ekor anakan )
  • Kambing jantan dewas 1,2 x 1,2 m / ekor
  • Kambing betina dewas 1 x 1,2 m / ekor
  • Kambing indukan serta anakan 1,5 x 1,5 / indukan di tambah 2 anakan .
4. Pengendalian Penyakit Kambing Pengendalian penyakit pada kambing yakni mengunakan vaksinasi yang dengannya tatacara mencampurkannya yang dengannya makanan maupun minuman pada ternak kambing kacang . Vaksinasi memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat serta pula menangkal serangan penyakit pada ternak kambing . Menjadikan ternak kambing akan bebas dari ancaman penyakit .
5. Pemanenan kambing Gibas
Pemanenan kambing di lakukan pada umur dewasa baru mampu di lakukan pemanenan kambing . Selain itu ,kotoran kambing Amat lah memberikan manfaat pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertanian yang dengannya menyuburkan tanah serta pula mempercepat pertumbuhan . Yang dengannya begitu harga jual pada kambing gibas ini telah semangkin meningkat.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/5-tips-ternak-kambing-gibas.html.

Seputar 5 tips ternak kambing gibas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 5 tips ternak kambing gibas