Usaha Pembesaran, Budidaya Ikan Mas

- Januari 01, 2018

Usaha Pembesaran, Budidaya Ikan Mas

 
Usaha Pembesaran, Budidaya Ikan Mas - Budidaya ikan air tawar merupakan satu dari sekian banyaknya bisnis yng lumayan menjanjikan, kesempatan bisnis kecil yng kecil ini mampu menguntungkan andai kita menekuninnya. budidaya ikan mas adalah bisnis yng mampu dikatakan bisnis kecil kecilan akan tetapi kalau bisnis ini dikembangkan menjadi bisnis yng Amat besar mampu menjanjikan sekali. lantaran besarnya permintaan pasar akan konsumsi daging ikan segar mampu kamu manfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisnis sampingan kamu ataupun malah kamu jadikan usaha pokok selain bisnis sampingan kamu. tatacara membudidayakan ikan mas ini tergolong tak begitu susah cuma butuh modal yng tak begitu besar pula. serta mampu menjadi petimbangan rencana usaha kamu. Ikan mas adalah ikan air tawar yng tidak sedikit dibudidayakan sesuai jenisnya. Misalnya di daerah jawa barat, ikan mas majalaya menjadi yng paling ternama. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan hias, ikan mas koi adalah yng paling tidak sedikit dicari.Sementara pendapat dari kebutuhan pembeli, ada dua jenis ternak ikan mas yakni konsumsi serta ikan hias. bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi, pemeliharaan cenderung lebih gampang dibandingkan ikan mas koi menjadi peliharaan ataupun ikan hias.

Usaha Pembesaran, Budidaya Ikan Mas

Persyaratan Budi Daya Ikan Mas

Di alam aslinya ikan mas hidup di perairan sungai, danau ataupun genangan air lain-lainnya yng berada pada ketinggian 150-600m dpl, yang dengannya suhu air berkisar 20 derajat hingga 25 derajat celcius. Ikan mas salah satunya hewan Omnnivora ataupun pemakan segala menjadikan di alam makanan Ikan mas berupa daun-daunan, lumut, serangga, cacing dan juga lain-lainya. Pada model budidaya ikan mas lingkungan pemeliharaan dibuat menyerupai alam aslinya.Model budidaya ikan mas mampu dipelihara dalam Kantong Jaring Apung, Kolam air deras, kolam tanah, kolam beton serta lain-lain bergantung ketersediaan tempat. Makanan dalam budidaya ikan mas pula bermacam-macam mulai dari pemberian pakan alami hingga pemberian pelet buatan pabrik. Yng butuh diperhatikan merupakan kualitas air pada media bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ikan mas semisal PH air yng Perlu berada pada kisaran 7-8, kandungan oksigen terlarut yng cukup serta bebas dari kandungan zat kimia rawan.

Tips Pemijahan Ikan Mas

Sebelum dipijahkan ikan mas butuh diberok yakni dijauhkan antara induk jantan serta betina selama 3 hari.
Persiapan induk
Kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemijahan dikeringkan selama 5 – 7 hari supaya bakteri serta parasit bisa mati. Sesudah kolam menjadi kering, air dialirkan ke kolam sampai-sampai setinggi 65 cm.
Proses pemijahan
Buatlah tempat bertelur ikan mas yng dibuat dari ijuk ataupun sabut kelapa yng tengahnya dijepit yang dengannya dua bilah bambu, tempat telur ini disebut kakaban. Letakkan kakaban yng telah dibuat 10 cm di bawah permukaan air.
Lantas masukkan induk jantan serta betina ke dalam kolam serta jangan tidak ingat diberi makan secukupnya. Sesudah berlangsung perkawinan ikan mas, telur akan menempel pada kakaban (hampir percis semisal ikan gurame).
Pemindahan telur ikan
Pindahkan kakaban yng telah berisi telur ke kolam penetasan yakni kolam segi empat yang dengannya kondisi air cukup jernih serta dasar kolam bisa di kenai sinar matahari. Sesudah telur ikan mas menetas, kakaban bisa diambil serta benih ikan dipindah ke kolam pemeliharaan.

Pembesaran Ikan Mas di Keramba Jaring Apung

Pembesaran Ikan Mas bisa di lakukan dalam keramba Jaring Apung yng biasa dipasang di perairan umum. Pemilihan tempat penempatan jaring dalam suatu perairan akan Amat menunjang berhasilnya proses produksi. Beberapa karakteristik perairan yng tepat antara lain merupakan air bergerak yang dengannya arus terbesar, namun bukan arus kuat.Penempatan jaring bisa dipasang sejajar yang dengannya arah angin, badan air cukup besar serta luas menjadikan bisa memberi jaminan stabilitas kualitas air, kedalaman air minimal bisa mencapai jarak antara dasar jaring yang dengannya dasar perairan 1,0 meter, kualitas air mendukung pertumbuhan semisal suhu perairan 270C hingga 300C, oksigen terlarut tak tidak lebih dari 4,0 mg/l, serta kecerahan tak tidak lebih dari 80 cm.Satu unit Keramba Jaring Apung minimal terdiri dari kantong jaring serta kerangka jaring. Dimensi unit jaring berbentuk persegi empat yang dengannya ukuran kantong jaring 7 x 7 x 3 M3 ataupun 6 x 6 x 3 M3.Satu unit Keramba Jaring Apung terdiri empat set kantong serta satu set terdiri dari dua lapis kantong Bagian badan kantong jaring yng masuk kedalam air 2,0 hingga 2,5 meter.Kerangka jaring terbuat bisa dibuat dari besi ataupun bambu serta pelampung berupa steerofoam ataupun drum. Bahan kantong jaring berasal dari benang Polietilena.Frekuensi pemberian pakan minimal dua kali per hari. Sedangkan tatacara pemberian pakan supaya efektif disarankan mempergunakan Feeding Frame yng bisa dibuat dari waring yang dengannya mesh size 2,0 mm berbentuk persegi empat seluas 1,0 smpai 2,0 m2. Alat ini di pasang di dalam badan air kantong jaring pada kedalaman 30 hingga 50 cm dari permukaan air.Yang dengannya penebaran bibit seberat 300 kg dalam waktu 3 bulan akan menghasilkan ikan mas konsumsi 1.5 hingga 2 ton.

Usaha Sampingan Budidaya Ikan Mas

Membuat kolam pemeliharaan
Buat kolam berbentuk segi empat serta seluruh dinding dan dasar kolam sebaiknya disemen. Pastikan air mengalir sepanjang waktu yang dengannya jumlah yng cukup. Pada bagian pintu masuk serta pembuangan air dilengkapi yang dengannya saringan lantas dasar kolam dibuat miring ke arah pintu pembuangan.
Pengairan kolam yng baik
Air yng jernih serta segar bisa merangsang nafsu makan ikan mas. Kejernihan air bisa dilihat dari dalamnya sinar matahari yng masuk ke lapisan air. Makin dalam lapisan air yng bisa ditembus maka makin baik kualitas air yang telah di sebutkan.
Penebaran benih ikan mas
Benih ikan mas ditebarkan ke kolam pada pagi ataupun sore hari dimana suhu air masih rendah. Padat penebaran sekitar 1 – 2 kg tiap meter kubik air kolam.
Pemberian makan ikan masMakanan ikan mas sebaiknya diberikan dalam bentuk pelet yng bergizi serta bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses pertumbuhan ikan. Pakan ikan diberikan 3 kali sehari yang dengannya jumlah yng percis serta pemberian makan sebaiknya di dekat pintu masuk air. Jangan hingga ikan terlalu kenyang, kamu mampu melihat andai 25% ikan yng mengerumuni makanan sudah meniggalkan tempat makan, maka hentikan menebarkan makanan.
Masa panen ikan masDalam waktu pemeliharaan selama 6 bulan, ikan mas telah siap panen yang dengannya tatacara penangkapan ataupun pengeringan kolam.
Demikianlah analisis tentan tatacara budidaya ikan mas serta bisnis budidaya ikan mas, mudah-mudahan tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi yng membacannya, lihat pula tulisan atau artikel lain wacana budidaya ikan nila serta Budidaya Ikan Guppy

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/08/usaha-pembesaran-budidaya-ikan-mas.html.

Seputar Usaha Pembesaran, Budidaya Ikan Mas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Usaha Pembesaran, Budidaya Ikan Mas