KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

- Januari 15, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

 
Daun Sirih - Andai mendengar kata daun sirih maka kita akan selalu terbayang kepada nenek kita yng Suka mengunyah daun sirih sampai-sampai gigi serta bibir orang-orang merah kehitam-hitaman.
Daun sirih merupakan tanaman asli Indoseia yng hidup menjalar pada batang pohon lain.
Biasanya batang daun sirih berwarna coklat kehijauan.
Daunnya runcing, bertangkai, tumbuh, berselang-seling serta daunnya berbentuk jantung ini akan mengeluarkan bau yng khas bila diremas. batang daun sirih ini mampu tumbuh sampai-sampai tinggi 15 m.

Kandungan Daun Sirih

Didalam daun sirih terdapat minyak atsiri yng memiliki kandungan minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula serta zat samak serta kavikol yng mempunyai daya mematikan kuman, antioksidasi serta fungisida, anti jamur.

Manfaat Saun Sirih serta Tatacara Mengobatinya

Dibawah ini beberapa manfaat daun sirih bagi atau bisa juga dikatakan untuk tubuh kita serta tips mengolah daun sirih bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengobatan:
  • Mengobati pendarahan pada hidung / mimisan : 1 lbr daun sirih agak muda dilumatkan , gulung sembari ditekan menjadikan keluar minyaknya. Genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyumbat hidung.
  • Menjadi obat batuk : Rebus 15 lembar daun sirih yang dengannya tiga gelas air hingga tersisa ¾ air. Minum air rebusan yang telah di sebutkan yang dengannya menambahkan satu sendok madu. Lakukan sampai-sampai batuk hilang.
  • Menjadi obat bronchitis : daun sirih sebanyk 7 lbr, gula batu satu potong direbus yang dengannya 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum 1/3 gelas yang dengannya peraturan 3 x sehari.
  • Obat luka bakar : peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu tidak banyak, lantas bubuhkan pada bagian kulit tubuh yng luka akibat terbakar.
  • Menghilang-kan bau badan : rebus 5 lembar daun sirih yang dengannya 2 gls air hingga menjadi 1 gls, minum secara rutin tiap hari.
  • Mengobati bisul : Cuci daun sirih secukupnya, giling sampai-sampai halus, lantas bubuhkan pada bisul serta sekelilingnya. Lantas dibalut. Lakukan 2x sehari.
  • Menghilang-kan aroma tidak lebih sedap pada mulut : 4 lembar daun sirih,diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Genakan menjadi obat kumur.
  • Mengobati sariawan : 2 lembar daun sirih segar dicuci, lantas kunyah hingga lumat oleh mulut kamu. Buang ampasnya.
  • Mengobati keput!han : Rebus 10 lbr daun sirih mempergunakan 2,5 ltr air, angkat, lantas pada kondisi air Anget genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencuci bagian k3m4lu4n.
  • Obat jerawat : tumbuk 10 lbr daun sirih sampai-sampai halus, Seduh yang dengannya dua gls air panas. Seusai dingin, genakan air seduhan yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 hingga 3 kali.
  • Mengobati diare : 6 lbr daun sirih, 6 biji lada, 1 sdm minyak kelapa. Tumbuk seluruh bahan hingga halus, genakan menjadi obat gosok pada bagian perut.
  • Mengurangi air ASI terlebih : ambil daun sirih secukupnya, lantas olesi yang dengannya minyak kelapa, panaskan diatas api hingga layu, hangat-hangat tempelkan diseputar p4yud4r4 yng bengkak.
  • Mengatasi mata merah serta gatal : rebus 6 lbr daun sirih mempergunakan 1 gls air sampai-sampai mendidih. Seusai air rebusan dingin, genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari hingga mata kamu sembuh.



Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/01/kandungan-dan-manfaat-daun-sirih-bagi.html.

Seputar KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN