CARA MENETASKAN TELUR BEBEK

- Januari 14, 2018

CARA MENETASKAN TELUR BEBEK

 

Masih tidak sedikit anggapan dari warga atau juga bisa dikatakan masyarakat kita lebih-lebih para pembeli mesin penetas telur yng memberikan kesimpulan bahwasanya ‘semua’ telur mampu ditetaskan. Tak peduli telur yang telah di sebutkan dibeli dari sangkar langsung, bakul jamu gendong, toko peracangan, ataupun pasar. Anggapan yang telah di sebutkan tak semuanya salah, namun dibutuhkan bisnis pemahaman kepada warga atau juga bisa dikatakan masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyatukan pendapat ataupun persepsi apa sebetulnya dimaksud yang dengannya telur tetas? Memanglah telur-telur yng dibeli dari tempat yang telah di sebutkan di atas barangkali masih mampu menetas namun yng menjadi pertanyaan, berapa persentase daya fertilitas ataupun daya tetas nantinya?.
CARA MENETASKAN TELUR BEBEK
Telur itik tetas merupakan telur yng berasal dari itik betina yng dibuahi (kawin) oleh itik jantan. Tidak sedikit tips yng lebih aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh telur tetas itik antara lain yang dengannya membeli telur tetas itik dari hasil itik yng digembalakan (angon) ataupun itik yng dipelihara di dalam sangkar (intensif)yang dengannya fasilitas kolam di dalamnya. Itik yng digembalakan umumnya dilengkapi yang dengannya pejantan menjadikan di sela-sela waktu penggembalaan itik jantan akan mengawini itik-itik betina yng tengah birahi. Oleh lantaran itu umumnya telur itik gembalaan memiliki tingkat fertilitas yng tinggi. Satu dari sekian banyaknya tanda telur tetas itik dari hasil penggembalaan (angonan) merupakan kulit ataupun kerabang telur relatif lebih kotor daripada telur itik hasil pemeliharaan terkurung (sangkar).Telur tetas itik memiliki syarat menjadi berikut :
Berasal dari hasil perkawinan induk jantan serta betina yang dengannya imbangan sex ratio (1:6-8 ekor)
Berat telur ≥ 60 gram
Berasal dari induk yng berumur lebih dari 9 bulan
Lama penyimpanan telur tak lebih dari 5 hari
Kerabang telur tak terlalu tebal ataupun tipis
Kalau kita merenungkan fakta penciptaan mahluk di bumi ini pasti seluruh ada pesan tersirat serta pelajaran yng mampu kita ambil tak terkecuali itik. Itik diciptakan menjadi ternak unggas air yng memiliki tingkat produktifitas telur tergolong tinggi yakni sekitar 200-250 butir/ekor/tahun. Di balik keunggulannya yang telah di sebutkan terdapat pula sisi kekurangannya yakni itik tak memiliki sifat mengerami telurnya sebagaimana unggas-unggas lain-lainnya. Oleh karenanya dalam mengembangbiakkannya butuh tips tersendiri yakni yang dengannya menetaskan telurnya. Ada beberapa tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk menetaskan telur itik, antara lain :

Tatacara Menetaskan Telur Bebek Yang dengannya bantuan induk ayam kampong


Tatacaranya merupakan yang dengannya mengganti telur ayam kampung yng tengah dierami yang dengannya telur itik. Seekor induk ayam kampung bisa atau mampu mengerami telur itik hingga 15-20 butir bergantung besar-kecilnya induk serta tempat bersarang. Lama pengeraman berlangsung selama 28 hari serta Jangan ada anggapan bahwasanya telur akan dierami selama 21 sebagaimana telur ayam. Yng butuh diperhatikan merupakan jangan hingga kita membuat stress ayam yang dengannya bisnis kita mengganti telurnya.
Yang dengannya bantuan enthok
Menetaskan telur itik yang dengannya bantuan induk enthok telah lama di lakukan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat kita. Yng butuh mendapatkan perhatian merupakan enthok memiliki sifat ‘ngambek’ kalau telur yng dikeluarkannya di ambil. Maka tatacaranya merupakan sehari-hari kita Perlu mengganti telur enthok yng dikeluarkan oleh itik yang dengannya telur-telur itik hingga yang dengannya telur yang terakhir yng dikeluarkan enthok. Lantas, bagaimana yang dengannya telur enthoknya sendiri? Satu dari sekian banyaknya alternative merupakan kamu mampu menjualnya, toh bakul jamu gendong ataupun keliling pula pada minat pada telur enthok serta pada sebagian penikmat jamu telur enthok diyakini memiliki kasiat lebih lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi vitalitas tubuh.
Yang dengannya mesin penetas telur
Penetasan telur itik yang dengannya mempergunakan mesin penetas telur pada biasanya lebih gampang lantaran umumnya tata tips pengoperasian mesin tetas serta tips menetaskan telah ada. Buku tatacara pengoperasian mesin serta tata tips singkat menetaskan telur umumnya ada kalau kamu membeli mesin penetas telur. Tata tips menetaskan telur itik berbeda tidak banyak yang dengannya menetaskan telur ayam lebih-lebih dalam hal kelembaban (%). Kelembaban yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menetaskan telur itik lebih tinggi sekitar 5-10% daripada telur ayam. Tidak sedikit pilihan mesin penetas telur yng di tawarkan, ada yng memakai sumber panas dari lampu minyak tanah, bohlam (lampu dop), kawat nikelin, ataupun memakai pemanas elemen megic jar.

Menghitung kebutuhan telur tetas


Sebelum kamu mengawali menetaskan telur itik, kamu mampu memperkirakan berapa anak itik yng nantinya saya butuhkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu kamu memenuhi target keinginan kamu yang telah di sebutkan ada dua hal yng butuh diperhatikan yakni:
Ratio kelamin DOD yng menetas nantinya rata-rata 50:50
Persentase menetas yng baik merupakan 80%
Yang dengannya demikian kalau kita menginginkan DOD yng menetas yang dengannya jumlah kelamin betina 50 ekor, maka setidaknya kita membeli telur tetasnya sekitar 200 butir. Bagaimana perhitungannya?
Anggaplah dari telur yng kita beli yang telah di sebutkan daya fertilitasnya 70%, maka telur yng layak bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditetaskan sebanyk 140 butir. Kalau daya tetasnya mampu mencapai 80%, maka kita akan memperoleh jumlah DOD yng menetas sekitar (80%x140 butir)=112 ekor. Sesudah di lakukan seleksi serta culling diperkirakan jumlahnya ada sekitar 10-15% DOD yng tak layak jual/pelihara. Menjadikan hasil akhir yng kita dapatkan merupakan 95-101 ekor DOD yng layak dijual ataupun dipelihara. Menjadikan dari jumlah yang telah di sebutkan kalau sex ratio DOD yng menetas merupakan 50:50 maka akan didapatkan jumlah DOD betina sekitar 42-50 ekor.
Ada catatan tersendiri bagi atau bisa juga dikatakan untuk penetas pemula bahwasanya perhitungan di atas berlaku bagi atau bisa juga dikatakan untuk penetas yng telah mahir ataupun berpengalaman. Kalau kamu merupakan seorang yng baru belajar menetaskan ataupun anggaplah penetas pemula maka cukup mempergunakan hitungan angka daya tetas 40% saja. Sembari terus praktek serta mengambil pelajaran dari penetasan sebelumnya insyaallah kamu akan mampu mencapai angka daya tetas yng tinggi kelak dikemudian hari. Menetaskan telur merupakan suatu ketrampilan bukan ilmu turunan, maka siapa saja insyaallah mampu menetaskan telur yang dengannya baik. Yng terpenting merupakan ada kemauan bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus belajar dan tumbuhkan sikap optimis terhadap segala hal yng akan kita kerjakan serta tidak tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk berdo’a supaya bisnis kita mendapatkan keberkahan serta mencapai keberhasilan.
Baca perihal Tatacara Beternak Ayam Bangkok, Tatacara Beternak Ikan Mas Koki, Tatacara Budidaya Ikan Mas
sumber : sentralternak.com

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2013/05/cara-menetaskan-telur-bebek.html.

Seputar CARA MENETASKAN TELUR BEBEK

Advertisement
 

Cari Artikel Selain CARA MENETASKAN TELUR BEBEK