ciri kambing etawa super

- Januari 19, 2018

ciri kambing etawa super

 
Tidak sedikit pertanyaan, bagaimana ciri-ciri kambing Peranakan Etawa (PE) yng dikatakan super itu? Ada 9 (sembilan) ciri-ciri :
ciri kambing etawa super
1. Postur tubuh
Berat kambing jantan mampu mencapai 85 kg, sedangkan berat betina 60 kg. Bentuk badannya persegi panjang. Punggungnya rata (tak berpunuk) serta tak melengkung ke bawah.
Tinggi badan mampu mencapai 120cm ataupun rata-rata 100 cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk jantan. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk betina tingginya sekitar 85 cm. Tinggi diukur dari kaki depan bagian terbawah hingga ke punggung kambing. Panjang badan pula menjadi pertimbangan, lantaran akan berpengaruh terhadap anakannya kelak.
2. Bentuk Kepala
Mukanya cembung mampu seperempat lingkaran/oval. Nonong dalam sebutan Jawa-nya.
Makin cembung, makin tidak jelek alias bagus.
3. Indera pendengaran
Terlipat (menutup) rapat, lurus ke bawah serta lipatannya menghadap ke depan. Panjang idealnya 28 – 35 cm. Disaat tertutup, lebarnya 6 cm. Diusahakan telinganya tak berbonggol.
4. Gelambir
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jantan, bulu panjang di leher layaknya sapi, menjuntai ke bawah. Makin besar serta tebal gelambir, maka makin tidak jelek alias bagus.
5. Kaki serta Kuku
Kaki Perlu sehat serta normal. Tak cacat ataupun pengkang (melebar ke samping).Kuku pula dalam kondisi terawat.
6. Ekor
Panjang ekor mampu mencapai 20 cm, yang dengannya bulu lebat. Ekor Perlu utuh, tak terpotong ataupun cacat, berdiri tegak semisal ekor tupai (tak terlipat ataupun menekuk ke bawah).
7. Alat Kelamin
Normal serta tak cacat. Testis berjumlah dua, menggantung serta besarnya seimbang.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk betina,andai umur telah lebih dari 2 tahun, sedangkan ambing serta putingnya masih menempel pada perut mampu dipastikan kambing yang telah di sebutkan majir (mandul).
8. Corak bulu
PE hitam-putih jenis kaligesing. Putih polos jenis PE Senduro. Ada pula PE Merah/Coklat, PE strip putih coklat tipis, dll (pen.)
9. Kebugaran atau kesehatan
Selalu terawat serta terjauh dari penyakit kudis, sakit mata, scabies (penyakit mulut) serta kuku, dll.
Satu lagi, bulu kambing PE Super umumnya jambrong (lebat), baik di badannya, gelambirnya, ekor serta di belakang paha kaki belakang. Umumnya pula ada poni di bagian depan muka.
Smoga memberikan manfaat!

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/ciri-kambing-etawa-super.html.

Seputar ciri kambing etawa super

Advertisement
 

Cari Artikel Selain ciri kambing etawa super