strategi ternak bebek cara hcs untuk para pemula

- Desember 25, 2017

strategi ternak bebek cara hcs untuk para pemula

 
Cara Ternak Bebek peking ini pertama kali saya dengar dari Mitra sekalian Stockis HCS Pilangkenceng Madiun, Bapak Eddy. Sebelum ini, saya belum tahu percis sekali apa itu bebek ataupun itik peking. Seusai berselancar di dumay (dunia maya) atau juga internet, barusan saya tahu bahwasanya bebek/itik ini berasal dari negeri China. Bebek Peking merupakan makanan tradisional di Tiongkok yng berasal dari Beijing. Makanan bebek Peking ini pula ditemui di Taiwan, dibawa oleh pemerintahan nasionalis Kuomintang yng kalah perang saudara serta mundur ke Taiwan tahun 1949.
strategi ternak bebek cara hcs untuk para pemula
Oleh lantaran itu tak heran andai para peternak bebek peking di Indonesia menyiapkan strategi khusus dalam budidaya bebek peking dalam menghadapi perayaan tahun baru Imlek. Karena disaat itu, orang-orang akan mengalami ‘panen raya’. Tidak jauh beda yang dengannya peternak kambing yng biasa untung besar menjelang hari raya Idul Adha. Cara Ternak bebek peking meliputi pembibitan, penggemukan, serta tenak yng secara khusus berorientasi pada telurnya. Pemaparan di artikel ini kami khususkan pada cara budidaya penggemukan itik peking. Ilmu cara ternak bebek peking tidak jauh beda yang dengannya itik biasa. Akan tetapi, di sini saya menyarankan penggunaan produk HCS yaitu SOC HCS, menjadi jurus andalan para mitra HCS yng tak boleh tidak di ingat-ingat lagi. Klo dihitung-hitung secara cermat, potensi keuntungan ternak bebek peking lebih besar dari pada ternak kambing. Oleh lantaran itu, bila punya mempunyai lahan yng cukup, para Mitra HCS diharapkan melirik bisnis ternak bebek peking ini dibanding unggas lain. Hal-hal berikut layak menjadi pertimbangan:
  1. Bebek peking lebih cepat dalam hal pertumbuhan berat badan. Bila dikelola yang dengannya pola HCS, berat badan mampu mencapai 3 kg dalam waktu 50 harian. Padahal, bebek jenis lain cuma mampu mencapai sekitar 2 kg dalam waktu 2 bulan. Beberapa peternak di Kroya Kabupaten Cirebon sudah memperlihatkan kecepatan pertumbuhan bebek peking ini, di mana bebek usia 53 hari mampu mencapai berat badan sekitar 3.25 kg. Dalam pemeliharaan 3 bulan mampu mencapai bobot 4 – 4.5 kg.
  2. Bebek peking mempunyai ketahanan (imunitas) lebih terhadap penyakit dibanding bebek jenis lain.
  3. Perlengkapan yng di perlukan untuk ternak bebek peking sangatlah simpel baik dari kandangnya ataupun perlengkapan yng lain. Malah bebek peking bisa hidup di alam terbuka yang dengannya penutup seadanya.
  4. Serta, yng paling disuka dari Sifat bebek peking merupakan gemar hidup rukun yang dengannya sesamanya (tak kanibal).
Strategi Ternak Bebek Cara Hcs Untuk Para Pemula
SangkarSaya teringat disaat mengikuti pelatihan ternak kambing HCS di Ngawi. Disaat itu, Pak Timan yng bertindak menjadi mentor mengujarkan bahwasanya untuk mengawali bisnis ternak kambing jangan hingga berlarut-larut mikirin bentuk sangkar, mencemaskan pakan, serta lain-lain. Apakagi andai kita berburu hal-hal yng ideal maka waktu kita tidak sedikit terbuang percuma serta tidak kunjung mengawali. Andai ingin bisnis ternak kambing langsung saja beli kambingnya, maka kelak kambing Kamu yng akan mengajari serta memerintah Kamu untuk segera memenuhi kebutuhan kambing. Demikian pula yang dengannya persiapan sangkar bebek peking, tak butuh njlimet, ribet, rumit.
  1. Persiapan sangkar untuk bibit ataupun DOD cukup buat sangkar yang dengannya bentuk kotak ukuran 1×2 m.
  2. Ukuran di atas bisa atau mampu menampung 100 ekor DOD sampai-sampai mencapai 21 hari.
  3. Lengkapi sangkar yang dengannya 2 buah lampu 40 watt yng fungsinya menjadi penghangat alternatif induk.
  4. Sangkar dibuat panggung, yang dengannya jarak dari tanah sekitar 50 cm.
  5. Alas sangkar mampu berupa kawat (yng biasa dibikin mengayak pasir) menjadikan kotoran mampu langsung jatuh ke tanah. Ada pula yng memberikan alas sangkar yang dengannya jerami ataupun bahan lain yang dengannya tujuan supaya lebih menghangatkan DOD. Andai ini menjadi pilihan Kamu, jangan tidak ingat melakukan penggantian secara terpola.
  6. Seusai 3 minggu, itik peking Perlu dipindahkan ke sangkar yng lebih luas sampai-sampai masa panen (biasa disebut Sangkar postal).
Bibit ataupun DOD
Bibit yng berumur antara 1 – 7 hari disebut yang dengannya DOD ( Day Old Duck ). Hal yang paling penting dalam beternak merupakan kualitas BIBIT! Pakan Hebat, Vitamin Hebat, Obat Hebat, Probiotik serta Herbal Hebat tetap saja hasil tak mampu maksimal kalau bibit tidak lebih tidak jelek alias bagus. Andai terlanjur bisa bibit murahan, terpaksa deh dipercepat pertumbuhannya yang dengannya memberikan Vitamin khusus anti kerdil semacam VETA BOLASE. Oleh lantaran itu, jangan salah dalam membeli DOD. Dalam memilih DOD, pastikan memilih yng sehat, tak cacat, tubuh tegap, mata jernih, kaki kokoh, nafsu makan besar, bulu bersih serta kering, umur DOD 4 hari yang dengannya bobot minimal 40 gram.
Tempat Beli Bibit Itik Peking (DOD)
Tidak sedikit cara untuk memperoleh DOD antara lain menetaskan sendiri, beli telur tetasnya, ataupun beli DOD langsung dari supplier ataupun produsen DOD. Andai Kamu pemula, hindari membeli DOD dari orang yng baru pertama kenal dari Internet. Sebaiknya datang langsung ke tempat pedagang didasari rujukan dari sahabat yng sudah berlebi dahulu membeli dari tempat yang telah di sebutkan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penipuan online, serta menghindari penyedia bibit yang dengannya kwalitas tidak bagus. Mintalah saran dari sahabat yng berlebi dahulu mengerti wacana budidaya bebek peking di daerah sekitar Kamu.
Berapa Harga DOD?
Ramai sekali penawaran DOD di internet. Mulai dari harga Rp. 5000 / ekor sampai-sampai yng seharga Rp. 15.000 / ekor. Sekali lagi, saya sarankan meminta pertimbangan kepada peternak yng sudah berpengalaman. Menjadikan tak terjebak dalam kesalahan dalam memilih bibit. Kalau tempat kamu dekat yang dengannya penyedia DOD mintalah DOD yng telah berumur 3 – 4 hari. Pada umur yang telah di sebutkan mampu diketahui DOD yng kerdil ataupun tali pusatnya bermasalah serta tingkat kematian rendah. Harga DOD bebek peking standar di sekitaran Mojokerto serta Jombang tatkala ini Rp.8000/ekor.
Pakan, Vitamin serta Antibiotik
Untuk hasil maksimal, pada 2 minggu pertama (ataupun 15 hari), sebaiknya genakan pakan dari pabrik ataupun konsentrat. Tak susah memperoleh konsentrat karena tersedia di toko-toko pakan ternak. Konsentrat ini biasa pula dijadikan pakan itik lokal, ayam kampung, serta ayam pedaging. Di samping pakan, sediakan pula multi-vitamin, antibiotik serta prebiotik (vitachick, trimechin serta SOC HCS).
Untuk minuman pada 2 minggu pertama (selama makan konsentrat) Perlu di kasih 2,5 ml SOC dicampur 5 liter air. Cara membuat minuman menjadi berikut:
  1. 2 sendok makan gula pasir/gula merah dilarutkan dalam 1 gelas air.
  2. 2.5 ml SOC dicampur 5 liter air.
  3. bahan pada nomor 1 serta 2 dicampur serta dibiarkan minimal 15 menit baru diberikan pada itik.
  4. Pada tatkala malam hari tempat minum Perlu dikosongkan.
Seusai umur 2 minggu (15 hari) pakan mampu diganti yang dengannya komposisi 40 % concertrat, serta 60 % buatan sendiri yang dengannya difermentasi mempergunakan probitik SOC HSC.
Apa Yng Perlu Di lakukan Disaat DOD Datang?
  1. Begitu kiriman DOD datang, segera masukkan ke dalam sangkar (jangan tidak ingat, nyalakan lampu)
  2. Biarkan mengikuti keadaan selama 2 jam, tanpa diberi makan serta minum.
  3. Sembari menunggu berjalannya waktu 2 jam, siapkan:
  • 1 tutup botol SOC HCS,
  • 1 kapsul herbal noni HCS,
  • 1 kapsul curcuma/temulawak HCS,
  • 1 ons gula merah.
  • Seluruh bahan yang telah di sebutkan dicampurkan dalam 1 liter air.
  • Takaran di atas untuk 100 ekor DOD. Andai Kamu punya 200 ekor maka tinggal kalikan saja.
Minuman racikan pola HCS ini dimaksudkan menjadi Prebiotik, anti stres serta mengganti cairan tubuh yng hilang menjadikan kehilangan berat badan bisa dicegah serta memulihkan kebugaran atau kesehatan yng normal kembali. DOD yng terlambat penanganannya disaat datang bisa terlihat dari ketidakseragamnya pertumbuhan.
Seusai itu?
Kasih pakan sesering barangkali, mampu 5 s.d 6 kali sehari (namun Perlu tidak banyak demi tidak banyak). Perlakuan ini di lakukan terus menerus sampai-sampai 7 hari. Tujuannya untuk melatih itik supaya mau makan terus menerus. Yang dengannya begitu kita mampu melihat mana saja itik peking yng tidak lebih sehat ataupun kalah bersaing, segera bisa dipindahkan ke petak tersendiri (karantina).
  1. Sampai-sampai 2 minggu, pakan Perlu dari pabrik yng sesuai yang dengannya standart yakni 511/BR 1 ataupun yng setara.
  2. Minum tetap mempergunakan larutan SOC HCS semisal di atas (selama makan pakan buatan pabrik)
  3. Pada usia 15 – panen kita kasih pakan campuran.
  4. Formula pakan 40 % concertrat, serta 60 % buatan sendiri yang dengannya difermentasi mempergunakan probitik SOC HSC.
  5. Pemberian pakan dalam 1 hari merupakan 3 kali, yakni jam 7, 12, 4.
  6. Tempat pakan Perlu dicuci sampai-sampai bersih serta dikeringkan sebelum dipakai kembali


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/strategi-ternak-bebek-cara-hcs-untuk-pemula.html.

Seputar strategi ternak bebek cara hcs untuk para pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain strategi ternak bebek cara hcs untuk para pemula