Potensi Ternak Ayam Rendah Lemak

- Desember 24, 2017

Potensi Ternak Ayam Rendah Lemak

 
Potensi Ternak Ayam Rendah Lemak - Para peternak kini bisa menghasilkan ayam rendah lemak, syaratnya orang-orang mesti menambahkan daun katuk serta probiotik. itu bedasarkan riset Muhammad Daud dari Jurusan Produksi Ternak Universitas Abulyatama, Aceh, Wiranda G. Piliang dari Departemen Ilmu Nutrisi serta Pakan, Institut Pertanian Bogor. Pemberian 0,2% probiotik Bacillus spp serta 0,5% daun katuk dalam ransum ayam berumur enam pekan menurunkan kadar lemak di paha rata-rata 2,62% serta hati 6,55% kadar kolesterol di dada, paha serta hati pula turun masing-masing 0,18 mg, 0,60 mg serta 0,72 mg per g. daun katuk media tumbuh Bacillus spp. Bakteri berbentuk batang itu menyediakan serta mengatur enzim yng bisa atau mampu mencerna lemak serta menurunkan kadar kolesterol.

Potensi Beternak Ayam Organik

=> 21 Hari Telah Mampu Panen Ayam Broiler=> Umur 6 Bulan Ayam Kampung Mampu Bertelur
Bersumber dari blognya mas maman perihal rusman alumni dari IPB perihal potensi serta keuntungan ternak ayam organik. Seiring yang dengannya gaya hidup serta kesadaran warga atau juga bisa dikatakan masyarakat akan hidup sehat membuat seluruh berbau organik, buah organic, beras organik makin diburu. Begitu pula yang dengannya ayam organik (broiler) ataupun ayam petelur (kampong) sama-sama mampu bisa untung besar. Apalagi belum tidak sedikit peternak yng terjun ke ayam organik kian membuat besar ceruk bisnisnya. Semisal apa ulasannya ?
Kesadaran akan hidup sehat membuat sebagian orang melindungi pola makan. Tatkala ini menjadi pilihan tepat merupakan mengkonsumsi segala sesuatu yng serba organik. Di antaranya merupakan ayam alami ataupun kerap disebut ayam organik. Ayam organik ini telah lama di kenal di Taiwan, namun pendapat dari Sumiati, Dosen Ilmu Nutrisi Unggas Fakultas Peternakan IPB, di Indonesia sendiri belum ada peternakan organik murni. Pasalnya syarat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi peternak organik Perlu terpenuhi mulai teknik budidaya, penggunaan pakan organik, tanpa obat-obatan/antibiotik/suplemen serta pakan pabrik, dan air yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk minum pula terjamin kebersihannya. Selain itu pula sebelum menyebut menjadi peternak organik, Perlu sudah terbentuk system integrated farming yaitu, seluruh yng terkait pembudidayaan tanaman (jagung, kedelai) ikan ataupun hasil laut (kerang) menjadi bahan baku pakan Perlu dipastikan organik.
“Sampai saat ini masih belum ada ayam organik di Indonesia, yang ada hanya sebatas ayam herbal atau ayam probiotik,” papar Sumiati. Akan tetapi apa daya persepsi yng berkembang di warga atau juga bisa dikatakan masyarakat ayam yang telah di sebutkan di kenal yang dengannya nama ayam organik. Yng dimaksud yang dengannya ayam probiotik/herbal merupakan ayam yng diperlihara yang dengannya memberikan tambahan ramuan ataupun jamu serta bakteri baik/probiotik dalam air minum. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan mampu di campur sendiri ataupun membeli pakan komplit (siap pakai) dari pabrik pakan yng tak terjamin keorganikannya. Lantaran pakan pabrik yang telah di sebutkan umumnya sudah di campur antibiotik serta bahan suplemen yng memacu pertumbuhan. Apalagi hingga tatkala ini bahan baku pakan sebagian besar masih diimpor dari beberapa Negara, misal saja jagung serta bungkil kedelai dari Amerika serta Brasil.

Herbal/Jamur bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam

Adapun ramuan ataupun jamu yng biasa dipakai oleh peternak ayam herbal/probiotik merupakan rempah-rempah yng melimpah di Indonesia. Misal saja jahe, kunyit, lengkuas, jinten, mahkota dewa, mengkudu. Bahan herbal yang telah di sebutkan dihancurkan, lantas dicampurkan yang dengannya air minum ayam. Penggunaan bahan herbal yang telah di sebutkan diluar dugaan bisa atau mampu menaikan optimalitas penyerapan pakan dan peningkatan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Selain rempah-rempah ayam pula masih diberi probiotik yng adalah bakteri baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk melancarkan system pencernaan (lactobacillus), menjadikan vitamin serta mineral bisa yang dengannya baik di serap oleh tubuh ayam. Probiotik ini mampu dicampurkan dalam air minum beserta jamu/herbal. Umumnya di akhir masa panen, ayam yng diberi herbal yang telah di sebutkan selain mempunyai daya tahan tubuh yng baik, daging yng diperoleh pun tidak bau amis, rendah lemak menjadikan baik serta aman dikonsumsi. Tidak ayal ayam ini makin tidak sedikit diminati warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng Amat peduli pada kebugaran atau kesehatan, serta mempunyai back to nature yang dengannya makanan organik.
Sementara ini, ayam yng paling cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan ayam organik merupakan ayam kampung, pasalnya ayam kampung mempunyai pertumbuhan yng lebih lambat serta pakannya lebih tidak banyak. Berbeda yang dengannya ayam broiler, yng mempunyai pertumbuhan cepat ini memerlukan pakan yng pula memacu pertumbuhan, menjadikan masih susah andai tak mempergunakan pakan barikan yng notabene sudah di campur antibiotik/suplemen menjadikan pertumbuhan badan ayam akan lebih cepat.
Seusai tidak sedikit di budidayakan ayam herbal ataupun ayam probiotik, boleh disebut bisnis peternakan telah mulai lebih baik. Apalagi penggunaan herbal ini bisa menggantikan penggunaan obat-obatan pabrik, paling tak pemakaian obat produksi pabrikan makin mampu dikurangi. Keuntungan lain yng mampu diterima oleh peternak merupakan nilai jual ayam alami/probiotik ataupun “ayam organik” ini lebih tinggi daripada ayam biasa. Umumnya pedagang ayam sehat ini dijual cuma di pasar modern ataupun kepada agen pedagang daging serta telur ayam organik.
Harga ayam broiler organik dalam kedaan hidup yang dengannya bobot mencapai 1kg Rp. 14,8 ribu, serta bobot 1,5 kg Rp. 13,3 ribu. Harga-harga ini merupakan harga agen, sementara harga ke pedagang retail rata-rata Rp. 22 ribu bagi atau bisa juga dikatakan untuk bobot 1 kg serta Rp. 20 ribu bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng berbobot 1,5 kg, sedangkan hingga ke konsumen akhir harga telah lebih dari Rp. 30 ribu. Sedangkan harga ayam kampong organik mampu mencapai Rp. 35-40 ribu/kg di tingkat petani. Serta harga naik menjadi sekitar 50-65 ribu/kg andai telah di pasar.
Melihat tingginya harga jual ayam organik, tidak salah kiranya James Stefanus, Manager Distribusi serta Marketing PT. Pronic, sebuah perusahaan distributor ayam, mengujarkan, bahwasanya prospek peternakan ayam organik akan mecorong ke depannya. Hal ini dikuatkan oleh data permintaan ayam di Jakarta mencapai 750 ribu ekor/harinya, padahal peternak baru bisa memenuhi permintaan cuma 50% setiap harinya. Belum lagi di kota besar lain-lainnya yng permintaannya pula cukup tinggi.

Pemilihan DOC serta Telur Ayam

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh ayam broiler yang dengannya hasil yng tidak jelek alias bagus serta sehat, pendapat dari Sumiati kuncinya pada pemilihan bibit. Criteria DOC yng tidak jelek alias bagus merupakan standar bobotnya di atas 40 gr, lincah tak lemah, aktif, tak pincang, matanya cerah, bulunya sehat mengkilat. Yang dengannya pemberian pakan 3 kali sehari, umumnya ayam broiler bisa di jual serta dipotong pada umur 21 sampai-sampai 30 hari. Adapun bobot ayam umumnya 1 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk 21 hari, 1,5 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk usia 27 hari serta 1,7 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk usia 30 hari. Sementara itu presentasi bobot susut ayam alami yng berbobot 1,3-1,7 kg akan turun menjadi 0,8-1 kg lantaran sudah dikurangi bulu, leher serta ceker.
Sementara itu, bagi Kamu yng ingin memelihara ayam kampong yng mampu menghasilkan telur serta daging ini ada baiknya memilih daging ini ada baiknya memilih telur yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditetaskan. “telur berbentuk normal tidak terlalu lonjong ataupun tidak terlalu bulat,” ungkap Pak Eko. Telur yng akan ditetaskan berasal dari pembuahan pejantan. Umumnya tatkala perkawinan mempergunakan 1 ekor pejantan bagi atau bisa juga dikatakan untuk 5-6 ekor betina. Menjadikan peternak tidak butuh mempunyai tidak sedikit pejantan. Walhasil, selain itu mampu menghasilkan telur, peternakan ayam kampung ini pula mampu menjual daging dari pedagang ayam pejantan. Bukan cuma itu, peternak inipun masih mampu menjual ayam yng berasal dari afkiran. Menjadikan kiranya andai orang beranggapan yng dimaksud yang dengannya ayam pedaging hanyalah ayam broiler. Peternak ayam kampong pun pula mampu menjual daging ayam. Pendapat dari Sumiati, ayam petelur kampung baru bisa bertelur pada umur 6 bulan serta produktif hingga 72 minggu (1,5 tahun).

Tempat Peternakan Ayam Organik

Dasarnya memang ayam bisa diternakan di mana saja, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Akan tetapi yng Perlu ditekankan merupakan tempat ayam Perlu agak jauh dari perkampungan, hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari masalah social lantaran bau yng ditimbulkan dari peternakan ayam. Suhu optimum bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam merupakan 25oC yang dengannya kelembaban 60-70%. Andai beternak di daerah yng cukup panas, cuma disiasati yang dengannya pengaturan ventilasi pada sangkar. Ventilasi yng tidak jelek alias bagus akan membuat ayam terasa nyaman. Batas suhu kritis bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam 30oC, andai lebih dari itu umumnya ayam akan butuh tidak sedikit minum serta malas makan, menjadikan pertumbuhan ayam pun tak optimal.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam broiler memerlukan luasan sangkar yng cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk bergerak, supaya ayam tak stress serta jenuh, menjadikan maksimal bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu sangkar 1000 ekor yang dengannya luas sangkar 600 meter ataupun 60x10 meter. Andai sangkar langsung beralaskan tanah, sebaiknya alas sangkar ditaburi yang dengannya sekam. Hal ini bertujuan supaya ayam tidak langsung kontak yang dengannya tanah, selain menghindari penyakit dari tanah, sekam pula bisa meredam bau amoniak yng dikeluarkan dari kotoran ayam. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar panggung mampu mempergunakan sekam ataun tak bergantung kebutuhan. Sangkar mampu dibuat dari bilah-bilah bambu. Supaya malam hari ayam tidak kedinginan ada baiknya sangkar diselimuti yang dengannya plastik menjadikan angin tidak langsung masuk sangkar yang dengannya tinggi sesuai yang dengannya tinggi ayam. Yng paling tidak jelek alias bagus 1 tempat makan ataupun satu tempat minum cuma dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk 5 ekor ayam.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/05/potensi-ternak-ayam-rendah-lemak.html.

Seputar Potensi Ternak Ayam Rendah Lemak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Potensi Ternak Ayam Rendah Lemak