6 Kriteria Kandang Bebek Paling Ideal Untuk Usaha Ternak Bebek

- Juni 12, 2017

6 Kriteria Kandang Bebek Paling Ideal Untuk Usaha Ternak Bebek

 
Kandang bebek merupakan satu dari sekian banyaknya faktor terpenting yng memberi pengaruh kesuksesan budidaya bebek baik jenis petelur ataupun pedaging. Konstruksi dasar dari sangkar bebek sendiri sebetulnya tidak terlalu berbeda andai dibandingkan yang dengannya jenis sangkar unggas yng lain-lainnya. Namun, bagi atau bisa juga dikatakan untuk alasnya ataupun lantainya sebaiknya dibuat supaya lebih rapat demi kenyamanan bebek itu sendiri. Kandang itik salah satunya poin paling penting, khususnya bagi itik petelur yng mana pada kandangnya Perlu disediakan wadah bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur.
"Kandang bebek yang berkualitas adalah kandang yang memenuhi segala aspek yang diperlukan, seperti kebersihan kandang, kenyamanan, penerangan dan ketinggian kandang"

Kriteria Kandang Bebek Ideal

Umumnya sangkar bebek bagi atau bisa juga dikatakan untuk peternakan sendiri dibagi ke dalam 3 kelas, yaitu sangkar DOD bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak bebek, sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek dara serta sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek bertelur. Dari 3 jenis sangkar yang telah di sebutkan tentunya Kamu Perlu memperhatikan beberapa hal tatkala budidaya bebek. Pemilihan jenis sangkar bebek sendiri butuh disesuaikan yang dengannya kondisi di lingkungan sekitar. Selain itu, Kamu pula Perlu mengetahui faktor-faktor terpenting dalam pembuatan sangkar itu sendiri.
Untuk menciptakan sebuah sangkar bebek yng baik, tentunya Perlu mengetahui beberapa kriteria yng tepat yang akan di sajikan kali ini:

1. Faktor Kenyamanan Kandang

Kandang bebek pedaging (potong) ataupun bebek petelur yng ideal tentunya meliputi kenyamanan serta kebersihan sangkar itu sendiri. Dinding bagian utama sangkar mesti tertutup, karena nantinya ternak akan gelisah bila melihat binatang lain-lainnya, contohnya kucing ataupun anjing yng melintas di area dekat sangkar. Disamping itu, dinding dibiarkan tidak banyak terbuka yang dengannya tujuan menjadi area sirkulasi udara, yng mana angin dari luar tak langsung masuk pada sangkar akan tetapi difilter berlebi dulu. Sementara pada bagian atap sendiri semisal umumnya, menjadi media berteduh bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek dari paparan sinar matahari ataupun hujan.

2. Temperatur Ruang Kandang

Akan lebih baik bila Kamu selalu mengecek suhu serta kondisi ruangan pada sangkar bebek. Pastikan suhu sangkar selalu percis yang dengannya suhu ruangan pada biasanya, tidak terlalu dingin maupun panas, yaitu dalam kisaran 27-30 derajat celcius. Adapun hal yang telah di sebutkan mampu diantisipasi lewat pembuatan sangkar sebelumnya. Kamu mampu membuat sangkar yang dengannya menghadap ke arah timur ataupun barat, jadi panas matahari serta anginnya mampu silih bergantian bagi atau bisa juga dikatakan untuk masuk pada sangkar. Cahaya matahari sendiri mampu menjadi sarana menghilang-kan kelembaban dan menumpuknya penyakit pada sangkar.

3. Penerangan Kandang

Untuk penerangan sangkar bebek sendiri butuh diperhatikan. Penerangan pada sangkar mesti cukup, tidak cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah Kamu tatkala perawatan dan melihat keadaan bebek, melainkan pula mampu menjadikan itik lebih nyaman dan suhu dalam sangkar pun mampu lebih terkendali.

4. Ruang Gerak Leluasa

Untuk membuat sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek tentunya Perlu leluasa lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek peking, lantaran bebek adalah hewan yng tidak suka minum serta makan yang dengannya bersamaan pada satu waktu. Unggas yng satu ini lebih memilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk bergantian dibandingkan berdesakan. Untuk itu, melalui ruang gerak sangkar yan leluasa Kamu mampu menghemat waktu, menjadikan pemeliharaan pun lebih efisien.

5. Ketinggian Kandang yng Ideal

Pastikan sangkar yng Kamu buat tidak terlalu tinggi serta tidak terlalu pendek, pastikan sesuai yang dengannya ketinggian dari badan Kamu serta usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih tinggi sekitar 2-3 meter, supaya gampang dalam hal perawatan dan pemberian makan bebek itu sendiri.

6. Kebersihan Kandang

Sebaiknya selalu bersihkan sangkar secara rutin. Jadi, jangan cuma di lakukan sekali saja sebelum Kamu membuat sangkar. Tatacaranya yang dengannya penyemprotan memakai desinfektan rutin. Kamu mampu menyemprotkannya disaat bebek keluar sangkar. Kandang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek paling ideal yakni dalam kondisi kering dan bebas penyakit.
Lihat pula
Tatacara Budidaya Bebek Pedaging
Tatacara Budidaya Bebek Petelur
Tatacara Budidaya Bebek Peking Tatacara Budidaya Bebek Hibrida
Yang dengannya beberapa kriteria di atas, kita tentu mampu membuat sangkar bebek yng nyaman serta pas bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjang perawatan bebek yang dengannya gampang menjadikan mampu menghasilkan kualitas bebek yng paling baik.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2016/09/6-kriteria-kandang-bebek-paling-ideal.html.

Seputar 6 Kriteria Kandang Bebek Paling Ideal Untuk Usaha Ternak Bebek

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 6 Kriteria Kandang Bebek Paling Ideal Untuk Usaha Ternak Bebek