MANFAAT SAYURAN SAWI

- Desember 31, 2017

MANFAAT SAYURAN SAWI

 
Sawi - Sayuran yng satu ini pula tentu telah tak asing lagi bagi kamu, iya..pemanfaatannya Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sayuran dalam mie ayam maupun bakso, sawi pula mampu diolah langsung yang dengannya tatacara ditumis maupun yng lain.
Sawi merupakan sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yng dimanfaatkan daun ataupun bunganya menjadi bahan pangan (sayuran), baik segar ataupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yng kadang-kadang mirip satu percis lain. Sawi putih yng tergolong spesies Brassica pekinensia L mempunyai tidak sedikit varietas, diantaranya ada yng berbulu serta tak berbulu. Varietas yng berbulu mempunyai ciri-ciri daun kasar, berkerut-kerut, berbulu halus hingga kasar, bentuk krop bulat, bulat memanjang, ataupun variasi bentuk lain-lainnya yng biasanya kompak ataupun padat.

Penjabaran Sayuran Sawi

  • Divisi : Spermatophyta (tanaman berbiji)
  • Sub Divisi : Angiospermae (biji berada didalam buah)
  • Kelas : Dicotyledonae (biji berkeping dua ataupun biji belah)
  • Ordo : Rhoeadales (Brassicales)
  • Famili : Cruciferae (Brassicaceae)
  • Genus : Brassica
  • Spesies : Brassica pekinensia L
Sawi putih (Brassica pekinensia L) salah satunya jenis tanaman sayuran daun serta tergolong ke dalam tanaman semusim (berumur pendek). Tanaman tumbuh pendek yang dengannya tinggi sekitar 26 cm-33 cm ataupun lebih, bergantung dari varietasnya. Tanaman sawi putih membentuk krop, yakni kumpulan daun-daun yng membentuk kepala. Tanaman sawi putih berakar serabut yng tumbuh serta berkembang secara menyebar ke seluruh arah di sekitar permukaan tanah, menjadikan perakarannya Amat dangkal pada kedalaman sekitar 5 cm. Tanaman sawi putih tak mempunyai akar tunggang. Perakaran tanaman sawi putih bisa tumbuh serta berkembang yang dengannya baik pada tanah yng gembur, subur, gampang meyerap air, serta kedalaman tanah (solum tanah) cukup dalam. Tanaman sawi putih mempunyai batang sejati pendek dabn bersayap terdapat atau terletak pada bagian dasar yng berada di dalam tanah. Batang sejati bersifat tak keras serta berwarna keputih-putihn. Batang sejat mempunyai ukuran panjang 1,5 cm, serta diameternya 3,5 cm. Pada biasanya batang sawi putih bercabang.

Kandungan Ilmiah Sayuran Sawi

  • Sayuran sawi kaya akan vitamin misalnya: A, B, C, E, serta K. tidak cuma tidak sedikit jenis vitamin, akan tetapi kadar tiap vitamin ini Amat tinggi.
  • Sayuran sawi pula memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, serta lemak baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan tubuh kita.
  • Zat lain yng terkandung dalam sawi yakni kalium, kalsium, mangan, folat, zat besi, fosfor, serta magnesium.


Manfaat Sayuran Sawi bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan

  • Kandungan kalsium yng tinggi Amat tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan serta melindungi kualitas tulang, menjadikan bisa menghalang tulang keropos ataupun osteporosis.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab struk ataupun penyakit jantung yng mematikan.
  • Serat pangannya yng cukup tinggi bisa membantu proses pencernaan dalam tubuh.
  • Kandungan vitamin yng tinggi Amat tidak jelek alias bagus menunjang kebugaran atau kesehatan tubuh, vitamin yng paling tinggi dalam sayur sawi merupakan vitamin K, dimana vitamin ini tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan darah dalam tubuh.
  • Manfaat sayur sawi lain merupakan mencegah terjadinya gondokan, sayur sawi ini terdapat komponen kimia yng mampu mencegah terjadinya pembengkakan/pembesaran kelenjar tiroid.



Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/01/manfaat-sayuran-sawi.html.

Seputar MANFAAT SAYURAN SAWI

Advertisement
 

Cari Artikel Selain MANFAAT SAYURAN SAWI