Kelebihan ternak lele sangkuriang dan dumbo kolam langsung tanah

- Desember 09, 2017

Kelebihan ternak lele sangkuriang dan dumbo kolam langsung tanah

 

Kelebihan ternak lele sangkuriang dan dumbo kolam langsung Tanah
Tulisan atau artikel ini akan menjelaskan bagaimana tatacara budidaya ikan lele sangkuriang dan ikan lele dumbo, baik di kolam terpal ataupun kolam tanah. Sebetulnya, tatacara budidaya ikan lele sangkuriang sendiri tak jauh berbeda yang dengannya tatacara budidaya ikan lele dumbo. Mengingkat ikan lele sangkuriang adalah hasil rekayasa genetik dari ikan lele dumbo, menjadikan menghasilkan ikan lele dumbo yng lebih kuat dan tahan penyakit dan mempunyai sejumlah keunggulan lain-lainnya yng diberi nama yang dengannya ikan lele sangkuriang. Selanjutnya, dalam pemaparan ini penyebutan ikan lele Sangkuriang pula berlaku percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan lele dumbo. Jadi jangan menganggap tatacara budidayanya berbeda. Lantaran dasarnya memang percis saja mulai dari penyiapan kolam, sampai-sampai pemanenan.
Sejarah Budidaya Ikan Lele Sangkuriang
Ikan lele merupakan satu dari sekian banyaknya jenis ikan yng Amat gampang di budidayakan. Ikan jenis ini mampu dibudidayakan malah yang dengannya lahan, sumber air yng dibatasi. Tips budidayanya pun relatif lebih gampang. Pemasaran yng gampang dan modal yng Perlu dikeluarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali budidaya ikan lele pula tak terlalu besar. Walau begitu, bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbisnis ikan lele dibutuhkan cara-cara tertentu supaya kita mampu mencapai maupun meraih hasil yng maksimal.
Ikan lele sendiri telah tidak sedikit di budidayakan khususnya di Pulau Jawa. Satu dari sekian banyaknya wilayah dimana masyarakatnya tidak sedikit yng terjun ke budidaya ikan lele sangkuriang di bogor. Sejak tahun 1985, budidaya dan pengembangan bisnis ikan lele makin berkembang pesat berkat masuknya ikan lele dumbo yng memanglah mempunyai lebih tidak sedikit kelebihan daripada ikan lele lokal. Ikan lele dumbo mempunyai ketahanan yng lebih baik terhadap penyakit, selain itu pula pertumbuhannya lebih cepat, salah satunya jumlah telur yng lebih tidak sedikit dari ikan lele lokal menjadikan menjadikan usaha bisnis ikan lele makin berkembang.
Dalam budidaya ikan lele sangkuriang bukan tanpa rintangan, perkawinan sekerabat (inbreeding), seleksi penggunaan induk yng salah lantaran mempergunakan induk yng mempunyai kualitas mampu saja menurunkan kualitas ikan lele dumbo. Beruntung, BBAT Sukabumi sukses melakukan rekayasa genetik yng menghasilkan jenis strain baru dari ikan lele. Jenis ikan lele baru ini diberi nama “Sangkuriang”. Ikan Lele Sangkuriang sendiri mempunyai sifat yng tidak jauh berbeda yang dengannya ikan lele dumbo. Sebut saja dari segi makanannya. Ikan lele Sangkuriang masih adalah omnivora yng memakan cacking, insekta, plankton, mollusca, dan udang kecil. Akan tetapi andai bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya, lebih dianjurkan mempergunakan pellet bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan efisiensi dan produktivitas.
Tips Budidaya Ikan Lele Sangkuriang
1. Tempat dan Lingkungan Budidaya ikan lele sangkuriang
Semisal yng telah disebutkan sebelumnya, tatacara budidaya ikan lele terbilang relatif gampang. Salah satunya dalam budidaya ikan lele Sangkuriang. Ikan lele Sangkuriang mampu dibudidayakan di areal yang dengannya ketinggian 1m – 800 m dpi. Akan tetapi budidaya ikan lele sangkuriang tetap masih mampu di lakukan pada ketinggian >800 m dpi yang dengannya mempergunakan teknologi yng memadai semisal pengaturan suhu air. Khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ikan lele sangkuriang yang dengannya skala besar, tata ruang dan lingkungan sosial Perlu diperhatikan sesuai yang dengannya lingkungan dan kebijakan Pemda setempat.
2. Penggunaan Air
Budidaya ikan lele Sangkuriang mampu di lakukan dibanyak tempat. Tidak sedikit orang melakukan budidaya ikan lele sangkuriang di kolam beton, bak plastik, dan ada juga orang yng melakukan budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tanah. Malah ada juga pengusaha yng melakukan budidaya ikan lele sangkuriang yang dengannya kolam terpal. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk airnya mampu mempergunakan air hujan, air irigasi dan air sumur. Suhu air pula haris diperhatikan lantaran akan berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ikan lele, nafsu makan, dan laju metabolisme ikan lele. Suhu air pula memberi pengaruh kelarutan oksigen dalam air. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk air hujan pula Perlu dikondisikan berlebi dahulu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengkondisian air bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ikan lele, berikut parameter kualitas air yng baik:
  1. Suhu air yng ideal berkisar antara 22-32°C.
  2. pH air yng ideal berkisar antara 6-9.
  3. Oksigen yng terlarut di dalam air Perlu > 1 mg/l.
3. Tempat Budidaya Ikan Lele Sangkuriang
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat budidaya ikan lele sangkuriang sendiri mampu mempergunakan bak tembok, bak plastik ataupun kolam tanah. Dalam hal ini, yng butuh diperhatikan merupakan pembuatan kolam, pintu masuk dan pengeluaran air. Dalam membuat tempat budidaya ikan lele sangkuriang, sebaiknya berbentuk empat persegi panjang berukuran 100-500 m2 yang dengannya kedalaman antara 1 sampai-sampai 1,5 meter yang dengannya kemiringan kolam dari pemasukan air ke pembuangan air 0,5 %. Buatlah kamalir (parit) memanjang ditengah-tengah dasar kolam selebar 30-50 cm yang dengannya kedalaman 10-15 cm. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat pintu pemasukan dan pengeluaran air di kolam budidaya ikan lele sangkuriang, buatlah pintu antara 15-20 cm. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pintu pengeluaran, kita mampu membuat pintu pengeluaran berupa monik ataupun siphon. Berikut akan dijelaskan perbedaan masing-masingnya.
  • Pintu Pengeluaran Monik dibuat berupa tembok yang dengannya mempergunakan semen yng terdiri dari 2 bagian. Dua bagian ini merupakan kotak dan pipa pengeluaran. Lantas pasang penyekat yng terdiri dari dua lapis pada bagian kotak. Dua lapisan ini mampu diisi yang dengannya tanah bagi atau bisa juga dikatakan untuk lapis pertama, sementara lapis kedua mempergunakan saringan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tinggi papannya sendiri mampu disesuaikan yang dengannya ketinggian air yng dimau-kan.
  • Pintu Pengeluaran Siphon dibuat yang dengannya lebih simpel lantaran cuma terdiri dari pipa paralon yng dipasang didasar kolam, tepatnya dibawah pematang yang dengannya bantuan pipa berbentuk L yng mencuat keatas sesuai yang dengannya tinggi permukaan air di kolam.
Supaya ikan-ikan yng ada didalam kolam tak ada yng keluar masuk, pasanglah saringan pada pintu pemasukan dan pengeluaran.
Pelaksanaan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang
Satu dari sekian banyaknya bisnis yng berhasil dalam budidaya ikan lele merupakan budidaya ikan lele sangkuriang Nasrudin, ataupun yng lebih dikenal yang dengannya abah Nasrudin. Andai kamu mengenal sosok ini di lingkungan kamu, barangkali kamu mampu berkonsultasi yang dengannya orang yang telah di sebutkan. Namun sebelum itu, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali pelaksanaan budidaya ikan lele Sangkuriang, persiapkanlah lebih dulu kolamnya. Persiapan ini meliputi:
a. Persiapan kolam
  • Persiapan Kolam Tanah
Dalam membuat kolam tanah bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ikan lele Sangkuriang, cangkul dan bajaklah tanah lantas ratakan dasarnya. Sementara pada dindingnya, perkeras dinding kolam yang dengannya memukul-mukulnya. Genakan perlengkapan semisal balok kayu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memukul dinding kolam keras dan padat. Hal ini pula bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah terjadinya kebocoran. Andai ada yng bocor, segera tutupi bagian yng bocor pada pematang. Buatlah pula parit ataupun kamalir dan kubangan menjadi tempat berlindung bagi atau bisa juga dikatakan untuk benih ikan lele, ini pula mampu dipakai menjadi bak bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemanenan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan hama dan penyakit dan memperbaiki kualitas kolam tanah budidaya ikan lele sangkuriang, masukan kapur sebanyk 20-200 gram/m2 ke dalam kolam. Akan tetapi pemberian kapur bergantung tingkat keasaman kolam. Kolam yang dengannya pH yng rendah berikan kapur lebih tidak sedikit, begitu juga sebaliknya.Lakukan pemupukan yang dengannya mempergunakan kotoran ternak ayam, berkisar antara 500-700 gram/m2; urea 15 gram/m2; SP3 10 gram/m2; NH4N03 15 gram/m2. Jangan tidak ingat memasang penyaring pada pemasukan dan pengeluaran air kolam. Lantas isi air kedalam kolam dan biarkan selama ± 7 (tujuh) hari supaya makanan alami tumbuh pada kolam
  • Persiapan kolam tembok
Sebetulnya dalam mempersiapkan kolam tembok bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ika lele Sangkuriang tak jauh berbeda yang dengannya mempergunakan kolam tanah. Cuma saja, pada kolam tembok tak butuh di lakukan pengolahan dasar kolam, perbaikan parit dan bak bagi atau bisa juga dikatakan untuk panen, lantaran parit dan bak bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemanenan umumnya telah dibuat secara permanen.
b. Penebaran Benih
Suci hamakan-lah berlebi dahulu benih yang dengannya merendamnya dalam larutan KM5N04 (Kalium Permanganat) yang dengannya dosis 35gr/m2 selama 24 jam. Kita pula mampu mempergunakan formalin yang dengannya dosis 25mg/l selama tidak lebih lebih 5-10 menit. Lantas aklimatisasi (perlakuan penyesuaian suhu) benih yang dengannya memasukan air kolam tidak banyak demi tidak banyak kedalam kantung pengangkut benih. Lantas masukan kantung ke dalam permukaan kolam (mengapung) dan biarkan benih keluar dari kantung yang dengannya sendirinya ke lingkungan yng baru, yakni kolam. Jumlah benih yng ditebar antara 35-50 ekor/m2 yang dengannya ukuran benih 508 cm. Tebarlah benih pada pagi ataupun sore hari. Penebaran benih tak boleh di lakukan tatkala udara tengah panas.
c. Pemberian Pakan
Semisal telah disebutkan diatas, kolam telah mempunyai pakan alami. Akan tetapi walau begitu, kita pula Perlu memberikan pakan tambahan berupa pelet bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat laju pertumbuhan ikan lele Sangkuriang. Berikan antarta 2-5% pellet perhari dari total berat ikan yng ditebat dalam kolam. Berikanlah pakan pellet antara 3-4 kali dalam sehari. Kita pula mampu memberikan makanan buatan yang dengannya komposisi campuran dedak halus dan ikan rucah. Campurkan komposisi ini yang dengannya perbandingan 1:9. Kita pula mampu mencampurkan dedak halus yang dengannya jagung, bekatul, dan bekicot yng telah dicincang yang dengannya perbandingan 2:1:1:1. Bentuklah menjadi berbentuk pellet.
d. Pemanenan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang
Kita mulai mampu memanen sesudah 130 hari. Umumnya yang dengannya umur segini bobot ikan telah berkisar antara 200-250 gram/ekor dan panjang ikan telah 15-20 cm. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memanennya, surutkan air kolam. Yang dengannya begini, ikan lele akan berkumpul di kubangan dalam kolam dan mempermudah kita dalam menangkap ikan. Tangkaplah ikan yang dengannya mempergunakan waring ataupun lambit. Kita pula mampu mempergunakan pipa ruas bambu ataupun pipa paralon yng diletakan didasar kolam. Menjadikan pada tatkala air kolam disurutkan, kita mampu yang dengannya gampang menangkap ataupun mengangkatnya. Tatkala menangkapnya, kita pula Perlu mengistirahatkan ikan sebelum diangkut bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipasarkan yang dengannya tatacara mengumpulkan ikan lele hasil panen pada wadah yng berupa ayakan/happa yng dipasang pada kolam yang dengannya air yng terus mengalir. Lantas angkutlah ikan lele mempergunakan karamba, jerigen plastik ataupun pikulan, yang dengannya jumlah air yng tidak banyak.
5. Permasalahan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang dan Penanggulangannya
a. Penaggulangan Penyakit dan Predator
Bukan tanpa kesulitan, permasalahan utama yng Perlu dihadapi peternak ikan lele merupakan masalah munculnya penyakit dan kematian ikan. Umumnya penyakit muncul lantaran buruknya penanganan lingkungan. Selain lantaran penyakit, kematian pula mampu penyebabnya yaitu oleh predator semisal ular dan belut. Kita pula Perlu mewaspadai organisme penyerang semisal Ichthiophthirius sp., Trichodina sp., Monogenea sp. dan Dactylogyrus sp.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi hama insekta, kita mampu memberikan insektisida. Pemberian insektisida Amat direkomendasikan dan Perlu diberikan tatkala pengisian air, yakni sebelum benih dimasukan dalam kolam. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk belut mampu ditanggulangi yang dengannya membersihkan pematang kolam budidaya ikan lele sangkuriang. Ada tatacara yng lebih gampang yng mampu kita lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi belut, yakni yang dengannya memasang plastik ataupun terpal disekeliling kolam.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi organisme pathogen, kelola-lah lingkungan budidaya yng baik. Berikan pakan yng teratur dan cukup. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi organisme pathogen yng merugikan ikan lele pula diberikan pengobatan yang dengannya mempergunakan obat-obatan yng direkomendasikan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah supaya penyakit tak menular dari satu ikan ke ikan lain-lainnya, lakukanlah prosedur berikut:
  1. Ikan yng terlihat mempunyai gejala sakit Perlu dijauhkan yang dengannya ikan lain-lainnya dan segera diobati secara terpisah. Andai telah terlalu parah dan tak mampu diupayakan pengobatannya mampu dimusnahkan.
  2. Jangan pernah membuang air bekas ikan sakit ke saluran air.
  3. Segera keringkan kolam yng telah terjangkit dan berikan kapur (CaO) yang dengannya dosisi 1kg/5 m2. Tebarkanlah kapur secara merata didasar kolam. Biarkan kolam kering sampai-sampai tanah pada kolam retak-retak.
  4. Pada kolam yng telah terjangkit, kurangilah kepadatan kolam
  5. Celupkan selalu wadah dan alat tangkap ikan dalam larutan Kalium Permanganat (PK) 20 ppm (1 gr dalam 50 liter air) ataupun mampu pula yang dengannya larutan kaporit 0,5 ppm (0,5 gram dalam 1 m3 air) bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah kontaminasi alat tangkap dan wadah yang dengannya panyakit.
  6. Cuci tangan yang dengannya larutan PK sesudah memegang ikan yng berpenyakit.
  7. Bersihkan kolam dari lumpur dan sisa bahan organic
  8. Upayakan supaya air kolam selalu mendapatkan air segar
  9. Tambahkan vitamin dalam makanan ikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah daya tahan ikan terhadap serangan penyakit.
b. Pengelolaan Lingkungan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengelola lingkungan, lakukanlah persiapan kolam yang dengannya baik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu yng mempergunakan kolam tanah mampu mempersiapkan kolam yang dengannya tatacara yng meliputi pengeringan, pembalikan tanah, perapihan pematang pengapuran, pemupukan, pengairan, dan pengkondisian tumbuhnya plankton menjadi sumber pakan alami.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu yng mempergunakan bak tembok/plastik, persiapak kolamnya sendiri meliputi pengeringan, disenfeksi (andai dibutuhkan saja), pengairan dan pengkondisian pertumbuhan plankton menjadi sumber pakan alami. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk perbaikan kondisi air kolam, kamu mampu menambahkan probiotik kedalam air kolam.
Itulah tatacara budidaya ikan lele sangkuriang dan dumbo yng lengkap dan terang.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/kelebihan-ternak-lele-sangkuriang-dan-dumbo-kolam-langsung-tanah.html.

Seputar Kelebihan ternak lele sangkuriang dan dumbo kolam langsung tanah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kelebihan ternak lele sangkuriang dan dumbo kolam langsung tanah