CARA MERAWAT AYAM BANGKOK YANG BAGUS

- Desember 11, 2017

CARA MERAWAT AYAM BANGKOK YANG BAGUS

 

Ada beberapa fase ataupun tahapan dalam memelihara ayam bangkok petarung ini, serta yang akan di sajikan kali ini ada beberapa teknik tips budidaya ayam bangkok aduan yng saya ambil dari banyak sekali sumber
1. Metode Pemeliharaan Anak Ayam Bangkok
Pada pase seusai menetas sampai-sampai umur ±4 bulan adalah pase perkembangan fisik yng Amat penting dalam menujang kemampuan seekor ayam Bangkok bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempunyai kemampuan maksimal pada tatkala turun ke gelanggang. Tidak sedikit ayam Bangkok yng adalah keturunan unggul lantaran kesalahan perawatan pada pase ini maka ayam yang telah di sebutkan tak mampu memaksimalkan kemampuannya tatkala turun ke gelanggang, hal terpenting yng Perlu di perhatikan pada pase ini merupakan pemberiaan pakan yng serta gerak yng maksimal.
“Anakan ayam sampai dengan umur 4 bulan harus menerima konsumsi pangan yang seimbang baik untuk protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan air. Dalam kebiasaan sehari-hari kami di dalam memelihara ayam bangkok, anakan umur 1-4 bulan akan diberikan pangan yang berupa pakan buatan pabrik yang dicampur dengan susu tepung untuk anak bayi. Komposisi campuran yang kami gunakan adalah 1:5 (Contoh: 1 kg susu dicampur dengan 5kg pakan)”.
Pemberiaan susu tepung percis pentingnya yang dengannya pemberian ASI pada seorang anak kita-kita, lantaran zat-zat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pertumbuhan terkandung di dalamnya. Selain kemampuan dalam bertarung, zat-zat yang telah di sebutkan penting dalam membentuk postur tubuh, tulangan, otot, bulu serta bagian tubuh lain-lainnya.
Secara metode, pemelihaaran pasca menetas sampai-sampai ± 4 minggu tak jauh berbeda yang dengannya pemelihaaraan unggas (ayam) jenis lain-lainnya, yakni :
Lihat pula : Tatacara memilih induk ayam bangkok yng tidak jelek alias bagus
CARA MERAWAT AYAM BANGKOK YANG BAGUS
1. Pemeliharaan Bersama Induk Ayam
Pemeliharaan anak ayam pasca menetas bersama induk umumnya di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penggunaan lahan, lantaran anak ayam disatukan yang dengannya induk tanpa Perlu mempergunakan sangkar tambahan. Hal yng Perlu diperhatikan disini merupakan bentuk sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam bersama induknya. Tak semisal sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam dewasa, bagi atau bisa juga dikatakan untuk alas sangkar diusahakan lebih rapat serta tak mendapatkan peredaran udara langsung.
Anak ayam yng baru menetas masih dalam kondisi kritis sampai-sampai Perlu terlindungi dari temperature udara luar, cuaca yng tak stabil serta penyakit, disinilah induk berperan secara naluri bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga serta melindungi anaknya dari cuaca serta udara yng tak bersahabat. Anak ayam akan masuk kebagian sayap serta bagian tubuh lainya dari induk bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghangatkan diri.
Pada tahap awal ini umumnya ada yng menyatakan bahwasanya anak ayam usia 1-2 hari cuma butuh air bersih tak memerlukan makanan lantaran ada cadangan makanan (kuning telur) yng masih tersisa ditubuhnya namun kebutuhan makanan yang telah di sebutkan tak mencukupi. Supaya lebih baik makan serta minum disediakan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksimalkan penggunaan pakan, pemberian pakan di lakukan sebanyk 5 kali yang dengannya kuantitas tak terlalu tidak sedikit.
2. Yang dengannya Mempergunakan Induk Buatan
Metode ini di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan produktifitas, menjadikan induk ayam bisa cepat bertelur kembali. Metode ini pula di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam yng menetas yang dengannya mempergunakan mesin tetas. Secara simpel dasarnya memang induk buatan dibuat menyerupai fungsi seekor induk pasca menetas. Semisal yng sudah dijelaskan seekor induk akan menjaga anak ayam yng baru menetas dari temperature udara luar, cuaca yng tak stabil serta penyakit, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggantikan peran induk maka kita Perlu membuat sebuah sangkar yng terlindung dari serangan predator/hama, udara serta cuaca yng tidak baik.
CARA MERAWAT AYAM BANGKOK YANG BAGUS
Teknik Pemberian Pakan Ayam BangkokPakan yng diberikan Perlu memiliki kandungan zat-zat yng dibutuhkan oleh ayam. Zat-zat yng dibutuhkan yang telah di sebutkan sebagi berikut :
  • Protein. Berfungsi menjadi zat pembangun tubuh. Protein bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan jumlah otot dan daging, menjadikan Amat dibutuhkan oleh anak ayam yng tengah tumbuh hingga berumur 6 bulan serta yng tengah dipersiapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diadu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambahkan protein, para pemilik ayam sabung Suka menambahkan cincangan daging kambing dalam pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayamnya.
  • Lemak. Zat ini pula dibutuhkan ayam yng tengah tumbuh. Bagi ayam yng akan disabung, lemak tak terlalu butuh. Ayam sabung malah Perlu langsing, singset, serta padat tubuhnya. Andai terlalu tidak sedikit lemak, ayam akan keberatan badan menjadikan gampang lelah ataupun tak mapu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memukul.
  • Karbohidrat. Zat ini Amat dibutuhkan oleh ayam sabung bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi stamina. Stamina ayam memanglah Perlu diperhatikan lantaran Perlu bertarung 5-6 ronde, setiap ronde lamanya 15 menit.
  • Vitamin serta mineral. Dua zat ini berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan daya tahan tubuh dan kelincahan ayam sewaktu bertarung, walaupun jumlah yng dibutuhkan tak terlalu tidak sedikit, cuma 1-2% dari total ransum. Vitamin serta mineral pula bermanfaat menjadi katalisator dalam
proses metabolisme. Pemberian vitamin B kompleks Amat dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan aktivitas ayam sabung. Kedua unsur yang telah di sebutkan Amat dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk metabolisme serta pertumbuhan fisik ayam, semisal pertumbuhan tulang, mencegah kelumpuhan, serta menghindarkan kecacatan pada kaki.
  • Air. Selain pakan, ayam pula butuh air. Air ini antara lain dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses metabolisme. Air pula dibutuhkan menjadi pelarut. Hampir 60% tubuh ayam terdiri atas air yng pula bermanfaat dalam proses pencernaan, mengatur suhu badan, serta menyeimbangkan ataupun mengatur banyak sekali zat di dalam tubuh ayam.
  • Hijauan. Hijauan adalah pakan tambahan bagi ayam bangkok. Umumnya hijauan diberikan sejak anak ayam berumur dua bulan. Pakan hijauan berupa kecambah kacang hijau (taoge), kangkung, daun pisang, serta hijauan lain-lainnya yng memiliki kandungan air serta tak memberikan efek racun bagi ayam.
  • Grit. Grit merupakan bahan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu pencernaan ayam di tembolok, yakni berupa kulit kerang ataupun cangkang bekicot. Grit mampu diberikan kepada ayam muda di dalam sangkar umbaran. Grit tak boleh diberikan kepada anak ayam di bawah umur tiga bulan lantaran akan mengganggu ataupun melukai pencernaannya.

Lihat pula : Tatacara menjodohkan ayam bangkok


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2013/04/cara-merawat-ayam-bangkok-yang-bagus.html.

Seputar CARA MERAWAT AYAM BANGKOK YANG BAGUS

Advertisement
 

Cari Artikel Selain CARA MERAWAT AYAM BANGKOK YANG BAGUS