Cara Budidaya Ikan Bawal, Pembesaran Ikan Bawal

- Desember 07, 2017

Cara Budidaya Ikan Bawal, Pembesaran Ikan Bawal

 
Cara Budidaya Ikan Bawal - Ikan bawal mirip yang dengannya ikan gurame akan tetapi berbeda cuma saja bentuknya mirip mirip tidak banyak. akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk rasanya tak kalah berbeda yang dengannya ikan gurme. Budidaya ikan bawal ini tidak sedikit di lakukan oleh para peternak ikan bawal air tawar di Indonesia, hal itu dikarenakan bahan serta tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya Amat gampang di jangkau ataupun didapat tanpa Perlu butuh bahan serta lahan yng luas.
Ikan bawal air tawar Amat tinggi peminatnya, lantaran ikan bawal air tawar tak jauh berbeda yang dengannya ikan bawal air asin yng mempunyai kualitas gizi serta tekstur dagingnya yng cukup tebal. Maka tak heran tidak sedikit peternak ikan yng melirik budidaya ikan bawal ini.

Cara Budidaya Ikan Bawal

Persiapan Kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ikan BawalPersiapan kolam ikan bawal ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yng cukup. Sesudah dasar kolam benar-benar kering, dasar kolam butuh dikapur yang dengannya kapur tohor ataupun dolomit yang dengannya dosis 25 kg/100 meter persegi.Hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan pH tanah, pula bisa bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh hama ataupun patogen yng masih tahan terhadap proses pengeringan.
Kolam pembesaran tak mutlak Perlu dipupuk. Ini dikarenakan makanan ikan bawal sebagian besar diperoleh dari makanan tambahan ataupun buatan. Namun bila dipupuk bisa mempergunakan pupuk sangkar 25 – 50 kg/100 m2 serta TSP 3 kg/100 m2. Pupuk sangkar yng dipakai Perlu benar-benar yng telah matang, supaya tak menjadi racun bagi ikan.Sesudah pekerjaan pemupukan selesai, kolam diisi air setinggi 2-3 cm serta dibiarkan selama 2-3 hari, lantas air kolam ditambah tidak banyak demi tidak banyak hingga kedalaman awal 40-60 cm serta terus diatur hingga ketinggian 80-120 cm bergantung kepadatan ikan. Andai warna air telah hijau terang, baru bibit ikan ditebar (umumnya 7~10 hari sesudah pemupukan).
Pemilihan serta penebaran benih ikan bawalHanya yang dengannya benih yng baik, ikan bawal akan hidup serta tumbuh yang dengannya baik. Penebaran benih Sebelum benih ditebar butuh diadaptasikan, yang dengannya tujuan supaya benih ikan tak dalam kondisi stres tatkala berada dalam kolam.
Cara adaptasi : ikan yng masih terbungkus dalam plastik yng masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, biarkan hingga dinding plastik mengembun.Ini tandanya air kolam serta air dalam plastik telah percis suhunya, sesudah itu dibuka plastiknya serta air dalam kolam masukkan tidak banyak demi tidak banyak kedalam plastik tempat benih hingga benih terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih ditebar dalam kolam ikan secara perlahan-lahan.
Pemilihan Benih Ikan BawalPemilihan benih mutlak penting, lantaran cuma yang dengannya benih yng baik ikan akan hidup serta tumbuh yang dengannya baik.Adapun ciri-ciri benih yng baik antara lain Sehat, Anggota tubuh lengkap, Aktif bergerak, Ukuran seragam, tak cacat, Tak membawa penyakit, jenis unggul.Penebaran benihSebelum benih ditebar butuh diadaptasikan, yang dengannya tujuan supaya benih ikan tak dalam kondisi stress tatkala berada dalam kolam. Cara adaptasi : ikan yng masih terbungkus dalam plastik yng masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, biarkan hingga dinding plastik mengembun. Ini tandanya air kolam serta air dalam plastik telah percis suhunya, sesudah itu dibuka plastiknya serta air dalam kolam masukkan tidak banyak demi tidak banyak kedalam plastik tempat benih hingga benih terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih ditebar/dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan.
Kualitas Pakan Serta Cara Pemberian Ikan BawalHanya yang dengannya pakan yng baik ikan bisa tumbuh serta berkembang sesuai yang dengannya yng kita inginkan. Kualitas pakan yng baik merupakan pakan yanq memiliki gizi yng seimbang baik protein, karbohidrat ataupun lemak dan vitamin serta mineral.
Lantaran ikan bawal bersifat omnivora maka makanan yng diberikan mampu berupa daun-daunan ataupun berupa pelet. Pakan diberikan 3-5 % berat badan (perkiraan jumlah total berat ikan yng dipelihara). Pemberian pakan bisa ditebar secara langsung.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/05/cara-budidaya-ikan-bawal-pembesaran-ikan-bawal.html.

Seputar Cara Budidaya Ikan Bawal, Pembesaran Ikan Bawal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Ikan Bawal, Pembesaran Ikan Bawal