Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

- September 09, 2017

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

 
Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh - Puasa disini di artikan menahan makan, minum serta hawa nafsu, puasa yng mampu kita jalani sangatlah ramai sekali, mulai dari puasa wajib di bulan ramadhan yng tengah kita jalani tatkala ini. puasa syawal sesudah bulan ramadhan hingga puasa puasa sunah yng jenisnya sangatlah ramai sekali. puasa puasa sunah yng Suka dijalani yakni puasa hari senin serta kamis, puasa pertengahan bulan, puasa tahunan, puasa nabi daud, puasa ngerowot serta masih tidak sedikit puasa puasa yng lain-lainnya yng saya belum mengetahuinya. akan tetapi dari menahan makan serta minum dan hawa nafsu yng pastinya puasa pula sangatlah penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan tubuh kita. sesudah di lakukan penelitian ramai sekali manfaatnya semisal yng saya kutip dari blog lazada cyberdakwah yng ada di bawah ini :

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat puasa bagai tubuh kita antara lain :
Baik Bagi Kesehatan Jantung & Pembuluh Darah
Sakit jantung tak disangkal lagi adalah satu dari sekian banyaknya penyakit yng paling ditakuti oleh kebanykan orang didunia, apalagi di Indonesia yang dengannya jumlah perokok terus semakin meningkat tiap tahunnya penyakit jantung merupakan ancaman nyata. Untungnya, berpuasa mempunyai dampak yng Amat baik bagi jantung, disaat berpuasa, tubuh kita diluar dugaan melakukan peningkatan HDL serta penurunan LDL yng pendapat dari penelitian “chronobiological” diluar dugaan hal yang telah di sebutkan adalah hal yng sehat bagi jantung serta pembuluh darah.
Psikologi Yng Tenang Cegah Penyakit Kronis
Selain menahan lapar serta haus, puasa pula mengharuskan kita menahan amarah. Hal ini membuat keadaan psikologis seseorang menjadi lebih tenang serta secara ilmiah akan menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Minimnya adrenalin akan memberikan efek baik pada tubuh semisal: mencegah pembentukan kolesterol serta kontraksi empedu yng lebih baik dimana hal ini bisa mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung serta otak semisal jantung koroner, stroke serta lain-lainnya.
Pola Pikir yng Lebih Tajam & Kreatif
Puasa membuat pikiran menjadi lebih tenang serta pula melambat, uniknya pendapat dari penelitian diluar dugaan pikiran yng melambat ini membuatnya malah bekerja lebih tajam. Selain itu ditinjau dari segi insting, masalah rasa lapar merupakan masalah kelanjutan hidup menjadikan wajar andai rasa lapar memaksakan kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk berpikiran lebih tajam serta kreatif.
Hal ini pula dibuktikan yang dengannya suatu kasus pada sekelompok mahasiswa di University of Chicago yng diminta berpuasa selama tujuh hari. Selama masa itu, terbukti bahwasanya kewaspadaan mental orang-orang meningkat serta progres orang-orang dalam banyak sekali penugasan kampus mendapatkan nilai “REMARKABLE.”
Performa Seksual Meningkat Pesat
Sebuah penelitian yng membahas perihal hubungan puasa yang dengannya kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) serta lemotin (LH) memperlihatkan, bahwasanya puasa memanglah benar menurunkan nafsu seksual serta menurunkan hormon testoteron. Akan tetapi ini bersifat sementara, Malah sesudah beberapa hari siklus puasa dijalankan malah produksi hormon testosteron serta performa seksual malah meningkat pesat.
Mengurangi Kegemukan
secara ilmiah berpuasa pula berdampak pada penurunan berat badan. Yang dengannya berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, Endapan makanan ini dia yng bila kelebihan akan menjadi lemak diperut. Selain itu berpuasa pula memperbaiki system pencernaan kita, menjadikan sirkulasi makanan serta Buang air menjadi lebih lancar.
Pencegah & Penyembuh Penyakit Mental
Otak kita didalamnya mempunyai fungsi pembersih serta penyehat otak yang dengannya bantuan sel yng disebut yang dengannya “neuroglial cells”. Tatkala berpuasa, sel-sel neuron yng mati ataupun sakit, akan “dimakan” oleh sel-sel neuroglial ini, dimana hal ini akan berdampak juga pada mental seseorang. malah, seorang ilmuwan pada bagian kejiwaan yng bernama Dr. Ehret menyatakan bahwasanya: “Beberapa hari berpuasa akan memberikan dampak pada kebugaran atau kesehatan fisik serta lebih lanjut bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh kebugaran atau kesehatan mental, seseorang Perlu melakoni puasa lebih dari 21 hari.
Kekebalan Tubuh Yng Meningkat
Bukannya lemas menjadikan menjadi gampang sakit, diluar dugaan puasa malah menaikan kekebalan tubuh. Hal ini didukung oleh penelitian yng malah telah umum, yakni mengenai: Disaat seorang berpuasa maka akan berlangsung peningkatan Limfosit hingga yang dengannya 10 kali lipat dalam tubuhnya, hal ini memberikan pengaruh yng besar terhadap system imunitas tubuh, menjadikan puasa malah menghindarkan kita dari banyak sekali virus dari lingkungan luar/makanan yng tak baik.
Sehat Bagi Ginjal
Ginjal adalah penyaring zat rawan apapun yng kita makan serta minum serta berpuasa membuat ginjal makin sehat, kenapa? Lantaran fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 hingga 12.000 ml osmosis/kg air, serta satu-satunya tatacara merupakan yang dengannya mengurangi asupan air yakni disaat berpuasa.
Pencegah Diabetes & kelebihan Nutrisi Lain-lainnya
Obesitas, hiperkolesterol, diabetes serta penyakit yng diakibatkan kelebihan nutrisi lain-lainnya merupakan akibat dari tubuh mengalami kelebihan kadar gula darah serta kolesterol. Yang dengannya berpuasa konsumsi gula serta makanan berlemak bisa lebih terkontrol serta dikurangi yng akan berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula serta kolesterol yang telah di sebutkan.
Penawar Sakit Sendi/Encok
Berpuasa yang dengannya teratur akan menaikan sel penetral alami dalam tubuh kita yng akan membuat sakit encok lambat laun menuju kesembuhan. Sebuah penelitian menjumpai adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) yang dengannya membaiknya radang sendi — penyebab encok.
Berikut beberapa manfaat kebugaran atau kesehatan yng bisa diperoleh dari berpuasa didasari hasil penelitian perihal puasa oleh para ilmuwan yng di ungkapkan secara ringkas :
Riyad Albiby and Ahmed Elkadi
Puasa bisa menaikan kekebalan tubuh ataupun imun system terhadap banyak sekali penyakit. Ditunjukkan yang dengannya peningkatan fungsi sel limfa yng memproduksi sel limfosit T yng secara significan bertambah, sesudah puasa.
Sulimami
Penyakit semisal diabetes sekalipun puasa ramadhan tak akan rawan , bahkan memberikan tidak sedikit manfaat (Sulimami, dll, 1988: 549-552).
Jalal Saour
Berkurangnya cairan pada puasa akan menurunkan heart rate ataupun kerja jantung, pencegahan terhadap penggumpalan darah yng salah satunya penyebab serius panyakit jantung.(Jalal, Riyad,1990).
Muzam MG, Ali M.N serta Husain
Puasa pula aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk pasien yng memiliki gangguan ulcer pada lambung. Penelitian di lakukan oleh Muzam MG, Ali M.N serta Husain dalam observasi terhadap efek puasa ramadhan terhadap asam lambung.
Elson M. Haas M.D. Direktur Medical Centre of Marin (sejak 1984)
Dalam puasa (cleansing serta detoksifikasi) adalah bagian dari trilogy nutrisi, balancing, building( toning). Elson meyakini bahwasanya puasa merupakan bagian yng hilang “missing link” dalam diet di dunia barat. Kebanykan orang di barat over eating ataupun terlalu tidak sedikit makan, makan yang dengannya protein yng berlebihan, lemak yng berlebihan juga. Menjadikan ia merekomendasikan supaya orang lain mulai mengatur makanannya supaya lebih seimbang serta mulai berpuasa, lantaran puasa berguna menjadi: purifikasi, peremajaan, istirahat pada organ pencernaan, anti aging, mengurangi alergi, mengurangi berat badan, detoksikasi, relaxasi mental serta emosi, perubahan kebiasaan dari kebiasaan makan yng tidak baik menjadi lebih seimbang serta lebih terkontrol, menaikan imunitas tubuh. serta lebih baik lagi bila dalam pengawasan dokter. Puasa bisa mengobati penyakit semisal Influeza, bronkitis, diare, konstipasi, alergi makanan, astma, aterosklerosis, penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, obesitas, kanker, epilepsi, sakit pada punggung, sakit mental, angina pectoris (nyeri dada lantaran jantung), panas serta insomnia.
Dr Sabah al-Baqir serta kawan-kawan
Puasa bisa mengurangi jumlah hormon pemicu stress . Dia bersama tim dari Falkutas kedokteran Universitas King Saud.yng melakukan studi terhadap hormon prolaktin, insulin serta kortisol, pada tujuh orang laki-laki yng berpuasa menjadi sampel. Hasil nya bahwasanya tak ada perubahan signifikan pada level kortisol. Prolaktin, serta insulin. Ini menunjukan bahwasanya puasa bulan ramadhan bukanlah pekerjaan yng memberatkan, serta tak menghasilkan tekanan mental ataupun saraf. Percobaan ini menunjukkan peningkatannya berlangsung pada perbedaan waktu saja, bila pada hari tak puasa prolaktin mengalami kenaikan tertinggi pada jam 16.00. sementara pada bulan Ramadhan mengalami puncaknya pada pukul 21.00 serta menurun lagi hingga batas terendahnya pukul 04.00. Sementara insulin meningkat pada pukul 16.00, tengah pada bulan ramadhan pukul 21.00, menurun hingga batas terendah pukul 16.00. Tengah Kortisol pada hari biasa mencapai puncaknya pukul 09.00, menurun pada pukul 21.00, sementara pada bulan Ramadhan tak ada perubahan berguna.
Dr Ahmad al-Qadhi, Dr. Riyadh al-Bibabi,
Bersama rekannya di Amerika, ia melakukan uji laboratorium terhadap sejumlah sukarelawan yng berpuasa selama bulan Ramadhan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif puasa yng cukup signifikan terhadap system kekebalan tubuh. Indikator fungsional sel-sel getah (lymfocytes) membaik sampai-sampai sepuluh kali lipat, meskipun jumlah keseluruhan sel-sel getah bening tak berganti, akan tetapi prosentase jenis getah bening yng bertanggung jawab menjaga tubuh serta melawan banyak sekali penyakit yakni sel T mengalami kenaikan yng pesat.
Dr Riyadh Sulaiman serta kawan-kawan
Pada tahun 1990 dari RS Universitas King Khalid, Riyadh Saudi melakukan penelitian terhadap pengaruh puasa Ramadhan terhadap 47 penderita diabetes jenis kedua (pasien yng tak bergantung insulin). Serta sejumlah orang sehat. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya puasa bulan ramadhan tak memicu penurunan berat badan yng signifikan. Tak ada pengaruh apapun yng berguna pada kontrol penyakit diabetes diabetes dikalangan penderita ini. Sejauh ini puasa Ramadhan aman saja bagi penderita diabetes sejauh di lakukan yang dengannya kesadaran serta kontrol makanan dan obat-obatan.
Dr. Muhammad Munib serta kawan-kawan dari Turki
Melakukan sebuah penelitian terhadap seratus responden muslim, Sampel darah orang-orang diambil sebelum serta diakhir bulan ramadhan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan analisis serta pengukuran terhadap kandungan protein , total lemak (total lipid), lemak fosfat, asam lemak bebas, kolesterol, albumin, globulin, gula darah, tryglycerol, serta unsur-unsur pembentuk darah lain-lainnya, serta didapat, antara lain bahwasanya berlangsung penurunan umum pada kadar gula (glukosa) serta tryacyglicerol orang yng berpuasa, terjadinya penurunan parsial serta ringan pada berat badan, tak terlihat adanya aseton dalam urin, baik dalam awal ataupun akhir puasa, karena sebelum puasa ramadhan, fakta ini menegaskan tak adanya pembentukan zat-zat keton yng rawan bagi tubuh selama bulan puasa islam, Yang dengannya keutamaan puasa, glikogen dalam tubuh mengalami peremajaan, memompa gerakan lemak yng tersimpan, menjadikan menghasilkan energi yng lebih meningkat.
Dr. Yuri Nikolayev
Direktur bagian diet pada Rumah Sakit Jiwa Moskow menilai kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berpuasa yng menghasilkan orang yng bersangkutan menjadi awet muda, menjadi suatu penemuan (ilmu) terbesar abad ini. Beliau mengujarkan: what do you think is the most important discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the bigest discovery of our time is the ability to make onself younger phisically, mentally and spiritually through rational fasting. (Pendapat dari pendapat Kamu, apakah penemuan terpenting pada abad ini? Jam radioaktif? Bom exoset? Pendapat dari pendapat saya, penemuan terbesar dalam abad ini adalah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, serta spiritual, melalui puasa yng rasional).
Allan Cott, M.D.,
spesialis dari Amerika, sudah menghimpun hasil pengamatan serta penelitian para ilmuwan banyak sekali negara, lantas menghimpunnya dalam sebuah buku Why Fast membeberkan banyak sekali nasihat puasa, antara lain: a. To feel better physically and mentally (terasa lebih baik secara fisik serta mental). b. To look and feel younger (melihat serta terasa lebih muda). c. To clean out the body (membersihkan badan) d. To lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah serta kadar lemak. e. To get more out of sex (lebih bisa atau mampu mengendalikan seks). f. To let the body health itself (membuat badan sehat yang dengannya sendirinya). g. To relieve tension (mengendorkan ketegangan jiwa). h. To sharp the senses (menajamkan fungsi indrawi). i. To gain control of oneself (mendapatkan kemampuan mengendalikan diri sendiri). j. To slow the aging process (memperlambat proses penuaan).
Alvenia M. Fulton,
Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” di Amerika Serikat menyatakan bahwasanya puasa merupakan tatacara paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperindah serta mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona serta daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan serta membentuk kembali keindahan tubuh (fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour).
Demikian beberapa fakta-fakta ilmiah mengenai manfaat berpuasa bagi kebugaran atau kesehatan. Kesimpulan yng bisa kita ambil disini merupakan diluar dugaan yang dengannya berpuasa, kita tak cuma memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk ke hidup-an akhirat kita, namun pula berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk ke hidup-an didunia kita, di antaranya dibidang kebugaran atau kesehatan.
Demikianlah analisis perihal manfaat berpuasa bagi kebugaran atau kesehatan tubuh kita.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/06/manfaat-berpuasa-bagi-kesehatan-tubuh.html.

Seputar Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh