tips ampuh ternak hamster bagi para pemula

- Agustus 23, 2017

tips ampuh ternak hamster bagi para pemula

 
Sebelum Membeli Pastikan seluruh anggota keluarga mampu mencintai hamster. Tak seluruh orang mampu mendapatkan kehadiran binatang di dalam kehidupannya. Meski demikian, memanglah memelihara hamster mempunyai aneka macam keuntungan, diantaranya: perawatan gampang, tak berisik, ongkos pemeliharaan relatif murah, serta terdapat beragam jenis hamster yng bisa dipilih - tentunya yang dengannya harga yng beragam. Kenapa kesiapan mental bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara hamster butuh? Butuh diingat, hamster yng kita pelihara kelak tak mampu mencari makan sendiri. Oleh karena itu, minimal kita butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk rutin memberikan makan serta minum. Andai seluruh anggota keluarga tak mempunyai kesiapan mental bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar memelihara hamster, umumnya akan berujung pada kematian hamster lantaran ketidak-tahuan pemilik.
Tentukan tujuan memelihara: ingin hamster berkembang biak ataupun tak? Tujuan ini penting ditetapkan sejak awal. Umur hamster rata-rata mampu mencapai 2-4 tahun, bergantung perawatan serta jenis. Masa subur hamster dimulai sejak umur sekitar 4-6 bulan. Selama dipelihara hamster mampu melahirkan 6 kali, yang dengannya tiap kelahiran antara 3-15 ekor (rata-rata 6-8 ekor, bagi atau bisa juga dikatakan untuk roborovski rata-rata 4 ekor). Yang dengannya demikian, dalam satu masa hidupnya, hamster mampu melahirkan tidak lebih lebih 6 x 8 ekor = 48 ekor! Andai kita tak berniat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi peternak, sebaiknya cuma memelihara hamster yang dengannya jenis kelamin yng percis, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari perkimpoian. Jantan ataupun betina? Pada prinsipnya percis. Akan tetapi KHI lebih merekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara jantan. Kenapa? Lantaran hamster jantan lebih toleran terhadap sesamanya serta tak proaktif.
Mau spesies apa? Di Indonesia ada 4 spesies hamster yng umum dipelihara, yaitu hamster siria (Mesocricetus auratus), hamster champbell (Phodopus champbelli), hamster winter white (Phodopus sungorus), serta hamster roborovski (Phodopus roborovskii).
Hamster siria mempunyai bentuk tubuh yng paling besar sekalian paling cepat dijinakkan. Hamster siria pula gerakannya lambat serta jarang menggigit menjadikan cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara anak-anak. Butuh diperhatikan, lantaran mempunyai badan yng lebih besar, berguna butuh sangkar yng lebih besar serta makanan yng lebih tidak sedikit. Catatan penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk hamster ini: status vulnerable (terancam). Pastikan hamster ini tak akan mati percuma di tangan Kamu.
Hamster champbell salah satunya dalam hamster mini. Salah satunya hamster yng agak sulit dijinakkan. Hamster ini mengenali lingkungan sekitarnya yang dengannya menggigit kecil alih-alih bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengicipi. Jadi wajar andai hamster jenis ini Suka menggigit jari kita. Meski demikian, andai Suka dipegang, hamster ini tak akan menggigit tuannya lagi. Hamster ini mempunyai variasi warna yng paling tidak sedikit.
Hamster winter white mempunyai bentuk tubuh yng mirip yang dengannya champbell. Winter white merupakan saudara dekat champbell. Suka kali jenis ini dikwainkan oleh peternak yang dengannya hamster champbell. Hal ini bukanlah tidakan bijak. Kamu pula sebaiknya tak mencampur hamster champbell yang dengannya winter white. Tindakan ini cuma akan merusak kode genetik asli pada hamster. Kenapa disebut winter white?
Lantaran pada musim dingin (di Indonesia musim hujan; sekitar bulan Desember hingga Februari) hamster jenis ini warna-nya akan cenderung berganti keputih-putih-an. (Winter White = turn into white on winter). Hamster jenis ini jarang sekali menggigit, akan tetapi harnganya umumnya lebih tidak murah. Andai mempunyai anggaran yng cukup besar, hamster jenis ini cocok dipelihara bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak-anak.
Hamster roborovski mempunyai tubuh yng paling mungil akan tetapi larinya paling cepat. Andai terlepas, hamster ini relatif lebih susah ditangkap. Cuma ada 2 variasi warna: normal serta white face. Hamster jenis ini mempunyai kumis yng Amat tidak sedikit. Roborovski white face mempunyai wajah serta warna bulu yng jauh lebih putih serta terang dibandingkan roborovski normal. Hamster jenis ini tak disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemula.
Sangkar serta perlengkapan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara hamster tak dibutuhkan sangkar khusus. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui spesifikasi sangkar bisa dilihat di halaman selanjutnya.
Transportasi hamster. Pikirkan bagaimana hamster akan dibawa pulang. Ingat: hamster tak tahan panas, angin kencang, serta air. Jadi, selama perjalanan, pastikan hamster terhindar dari ketiga hal yang telah di sebutkan. Waktu yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membawa hamster merupakan pagi, sore, ataupun malam hari. Tak disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membawa hasmter pada siang hari. Usahakan pada tatkala cuaca cerah. Lebih baik andai membawa hamster mempergunakan kontainer khusus dimasukkan tas kain yng di dalamnya diberi es batu bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi suhu tetap stabil serta dingin.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/tips-ampuh-ternak-hamster-bagi-para-pemula.html.

Seputar tips ampuh ternak hamster bagi para pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain tips ampuh ternak hamster bagi para pemula