Mengenal si Cantik Sapi Jersey

- Agustus 23, 2017

Mengenal si Cantik Sapi Jersey

 
Bangsa sapi Jersey dikembangkan di pulau Jersey (Inggris) yng terdapat atau terletak cuma 22 mil dari pulau Guernsey. Pulau Jersey pula mempunyai padang rumput yng tidak jelek alias bagus. Sapi Jersey dikembangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan utama lemak susu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mentega, menjadikan pulau Jersey hasil utamanya merupakan mentega. Semisal halnya sapi Guernsey, sapi Jersey pula tak disukai bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi daging. Warna sapi Jersey tak uniform, ada yng berwarna kuning hingga hitam, ada juga yng berwarna merah serta merah tua. Warna yng digemari biasanya warna coklat muda yang dengannya warna agak hitam di daerah kepala, sedangkan sapi jantan memiliki warna yng lebih tua.
























Sapi Jersey merupakan sapi perah yng memiliki tubuh terkecil. Sapi ini walaupun kecil tubuhnya akan tetapi menjadi sapi perah bentuknya indah. Perutnya terperinci tampak besar dibandingkan yang dengannya badannya serta ambingnya besar dan tidak jelek alias bagus menjadikan bentuk segitiga badannya tampak terperinci sekali. Pada waktu laktasi badannya tampak tak berlemak, menjadikan adalah tipe sapi perah yng baik. Sapi Jersey sifatnya Amat peka serta tidak lebih tenang, akan tetapi hidupnya lebih simpel serta tahan panas. Kemampuan merumputnya (grassing ability) tidak jelek alias bagus sekali. Tak ada sapi perah yng kemampuan merumputnya sebaik sapi Jersey, bisa merumput di atas padang rumput (pastura) yng tengah ataupun yng tidak bagus. Syarat-syarat pemelihara-annya lebih rendah daripada bangsa sapi perah yng lebih besar.
Warna Sapi Jersey warna-nya tak seragam (uniform). Ada yng berwarna kuning terang hingga hitam serta ada juga yng berwarna merah serta merah tua. Bulu kipas ekor ada yng berwarna hitam ataupun putih. Moncong mulut berwarna hitam yang dengannya warna terang di sekelilingnya. Warna yng umum serta digemari adalah yng berwarna coklat muda, yang dengannya warna agak hitam di kepala, yng jantan berwarna agak lebih tua.
Ukuran badan Sapi Jersey merupakan sapi perah yng terkecil (tergolong small breed) kecuali sapi Kerry dari Ireland. Berat sapi betina (mature cows) berkisar 800 – 1.100 pound (362 – 498 kg). Berat sapi jantan (bull) 1.200 – 1.600 pound (544 – 725 kg).
Bentuk/bangun Sapi Jersey ini walaupun kecil akan tetapi bentuknya indah. Perutnya nyata besar dibandingkan yang dengannya badannya. Ambingnya besar serta tidak jelek alias bagus, menjadikan badannya berbentuk segitiga yng nyata sekali. Pada waktu laktasi badannya nampak tak gemuk, menjadikan mendekati tipe perah yng sebenarnya.
Sifat Sapi Jersey sifatnya Amat peka serta tidak lebih tenang, akan tetapi hidupnya lebih simpel serta tahan panas. Kecakapan merumput tidak jelek alias bagus sekali. Tak ada sapi perah yng kecakapannya merumput sebaik sapi Jersey yng bisa merumput di padang rumput (pasture) yng tengah ataupun yng tidak bagus. Sapi Jersey walaupun kecil akan tetapi Amat aktif. Syarat-syarat pemeliharaan sapi Jersey lebih rendah dari pada bangsa sapi yng lebih besar. Sapi jantan (bull) umumnya nakal ataupun ganas.
Produksi susu sapi jersey Sapi Jersey produksi susunya tak begitu tinggi. Pendapat dari DHIA 1976-1977 rata-rata produksi susu selama satu tahun 10.002 pound (4.541 kg) yang dengannya produksi lemak 495 pound (225) kg ataupun kadar lemak 5,00 % yang dengannya total solid 15 %. Lemak berwarna kuning, butir-butirnya besar menjadikan gampang dibuat mentega. Rekor produksi susu diperoleh oleh sapi yng diberi nama Basil Lucy Minne Patsy milik William H.H. Diley and Son, Canal Winchester, Ohio. Produksi susu yang dengannya pemerahan dua kali sehari selama 365 hari mengasilkan susu 30.180 pound (13.689 kg) yang dengannya kandungan lemak 1.368 pound (620 kg) ataupun kadar lemak 4,53 %.
Pedet Berat pedet waktu lahir kecil 60 pound (27 kg) serta sukar tumbuh.
Perkawinan Sapi dara Jersey umur 15 bulan berat 575 – 625 pound (260 – 283 kg) bisa dikawinkan.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/10/mengenal-si-cantik-sapi-jersey.html.

Seputar Mengenal si Cantik Sapi Jersey

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal si Cantik Sapi Jersey