cara ternak bebek bojonegoro bikin untung

- April 13, 2018

cara ternak bebek bojonegoro bikin untung

 
cara ternak bebek bojonegoro bikin untung
Andai bebek diberikan pakan komersial sepanjang hidupnya, biaya pakan akan Amat tinggi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mensiasatinya, itik bisa diberikan pakan pengganti yng bisa diperoleh peternak di tempat budidaya. Di Bojonegoro, Jawa Timur, peternak umunya memakai pakan bebek komersial pada periode awal pertumbuhan anak itik, sekitar umur 4-6 minggu. Selanjutnya orang-orang mempergunakan pakan pengganti semisal kepala udang, bekatul, dan jagung giling yng dicampur nasi. Peternak lazim pula memakai bekicot yng dihancurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk alternatif konsentrat. Bila butuh tambahkan vitamin serta mineral. Banyaknya pakan disesuaikan yang dengannya kebutuhan. Beberapa pakan pengganti yng bisa diberikan antara lain :
1. Bekatul
Bekatul adalah dedak hasil dari proses penggilingan padi. Bobotnya sekitar 10% dari total berat padi. Dedak kaya karbohidrat menjadi sumber energi. Penggunaan bekatul sampai-sampai 75% dalam ransum bebek petelur tak mengganggu produksi telur asalkan kandungan nutrisi yng lain mencukupi.
2. Singkong
Singkong gampang didapati serta harganya murah. Bagian singkong yng bisa dipakai menjadi pakan bebek merupakan umbi yng yng dibuat tepung. tepung singkong ataupun gaplek memiliki kandungan karbohidrat tinggi, malah hampir menyamai jagung, walau pun miskin protein. Kandungan proteinnya sekitar 2 %. Pada umbi singkong, sebagian besar sianida terdapat pada kulitnya. Pengupasan kulit umbi, perendaman serta pengeringan bisa menurunkan kadar sianida. Tepung singkong bisa dipakai dalam pakan bebek sampai-sampai 30%. Pemberian tepung singkong dalam jumlah tidak sedikit bisa memicu bebek terserang mencret.
3. Bekicot
Bekicot bisa dipakai menjadi sumber protein bebek. Bekicot segar memiliki kandungan protein kasar sekitar 15%. Kadar protein itu bisa dipakai yang dengannya membuat tepung bekicot. Tatacaranya, bekicot dijauhkan dari kulitnya, dikeringkan lantas digiling. Tepung bekicot yng dibuat dari bekicot mentah memiliki kandungan 52% protein, sedangkan tepung yuang dibuat dari bekicot rebus memiliki kandungan 32,7% protein. Penggunaan bekicot mentah bisa dicampurkan 15% dalam ransum bebek, sedangkan tepung bekicot bisa dicampurkan sampai-sampai 20%.
4. Keong Mas
Keong mas kaya protein serta kalsium. Pemberian dalam bentuk segar bisa memicu pengaruh negatif terhadap bebek, yakni memicu penurunan produksi lantaran di dalam lendir keong terdapat suatu zat antinutrisi yng bisa menghambat pertumbuhan bebek. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu dianjurkan mempergunakan keong mas yng sudah direbus. Kandungan zat antinutrisi yng ada akan berkurang ataupun malah hilang seusai proses perebusan selama 15-20 menit. Penggunaan keong dalam ransum bebek bisa dicampurkan sebanyk 30%.
5. Cangkang Udang
Cangkang kepala serta kulit udang adalah limbah yng bayak ditemui di daerah pantai, lebih-lebih daerah yng memiliki pabrik kerupuk udang serta penampungan dan pengolahan udang bagi atau bisa juga dikatakan untuk ekspor. Cangkang udang basah memiliki kandungan 60-65% kadar air serta andaikan dikeringkan memiliki kandungan 50% protein kasar, 11 % kalsium, 1,95% fosfor. Pemberin cangkang serta kulit udang dalam ransum bebek bisa dicampurkan sampai-sampai 30%.
6. Ikan Rucah
Ikan rucah yng tidak sedikit terdapat dipelelangan ikan bisa dipakai menjadi sumber protein. Pemberian ikan rucah akan melengkapi kebutuhan protein andai diberikan bersama-sama yang dengannya cangkang udang. Ikan rucah bisa dipakai dalam ransum bebek yang dengannya campuran sebanyk 40%.
7. Nasi Kering
Nasi kering dijadikan opakan tambahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek. Nasi kering bisa dijadikan sumber energi yang dengannya penggunaan dalam campuran pakan sebanyk 30%.
8. Pakan Hijauan
Pakan hijauan adalah satu dari sekian banyaknya komponen pakan yng memasok kebutuhan serat bagi bebek. Wujudnya berupa daun-daunan hijau segar yng diberikan langsung kepada itik seusai dicacah. Pakan hijauan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek antara lain kangkung, bayam, daun eceng gondok, sawi, kubis, serta genjer dan daun pepaya. Selain membantu melancarkan pencernaan itik, pakan hijauan pula memasok kebutuhan vitamin serta mineral. Umumnya 100 ekor itik dewasa diberi pakan hijauan sebanyk 4 Kg perhari. Penggunaan dalam ransum itik bisa dicampurkan sebanyk 5%.
Pada tatkala musim hujan, itik lebih gampang sakit. Produksi bebek petelur mampu trun 30-40%, lebih-lebih bila sangkar tak cukup Anget menahan dinginnya cuaca. Menjadi langkah awal, kondisi sangkar Perlu dibuat Anget, di bagian bawah lantai sangkar butuh tersedia jerami menjadi alas tidur. Buat penutup di sekitar sangkar supaya angin kencang tak menerpa serta mengganggu istirahat. Langkah selanjutnya, butuh di lakukan perubahan komposisi pakan. Supaya tubuh bebek menjadi Anget, jumlah karbohidrat butuh ditambah serta mengurangi jenis-jenis bahan pakan yng berasal dari pakan basah semisal ikan rucah. Sedangkan pakan kering berupa loyang butuh ditambah. Bekatul tetap diberikan dalam jumlah percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi pakan itik tak terlalu basah. Komposisi yang telah di sebutkan bisa diaplikasikan pada bebek petelur ataupun bebek pedaging.


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/cara-ternak-bebek-bojonegoro-bikin-untung.html.

Seputar cara ternak bebek bojonegoro bikin untung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain cara ternak bebek bojonegoro bikin untung