tips ternak kenari lokal untuk pemula

- Maret 11, 2018

tips ternak kenari lokal untuk pemula

 
Bagi kamu yng hobi yang dengannya burung, pasti tak asing lagi yang dengannya burung yng ternama memiliki warna kuning pastel ini, yakni burung Kenari. Selain hobi yng menyenangkan lantaran sehari-hari bisa mendengarkan kicau burung kenari, kamu pastinya memiliki pikiran lain selain cuma menjadi hobi saja. Yakni beternak burung kenari, disampung hobi kamu yng tetap tersalurkan, kamu pula akan mendapatkan keuntukngan dari penjualan budidaya burung kenari ini.
tips ternak kenari lokal untuk pemula
Bagi kamu pemula yng ingin mengawali usaha ternak kenari, saya merekomendasikan kamu untuk ternak kenari lokal ataupun kenari kecil dahulu, lantaran ternak kenari lokal relatif lebih gampang dibandingkan jenis kenari besar semisal F1, F2 , F3 serta yorkshire, akan tetapi andai kamu tertarik yang dengannya kenari besar, tak masalah untuk mencobanya. Berikut tatacara beternak kenari bagi kamu kicau mania.
Bedakan jenis kelamin burung.
Membedakan serta mengetahui jenis kelamin burung merupakan hal yng Amat penting bagi kamu yng ingin beternak. Supaya nantinya tak salah dalam mengawinkan burung kenari. Tips membedakan kelamin burung merupakan menjadi berikut.
Jantan :
  • Bentuk dubur ataupun kloaka menonjol, tegak lurus ( vertikal )
  • Suka berbunyi / ngerol nyaring
  • Bentuk tubuh cenderung lebih ramping serta memanjang
Betina:
  • Kloaka/dubur berbentuk datar
  • Berbunyi namun tak nyaring serta tak ngerol, berbunyi sekedarnya serta putus-putus
  • Bentuk tubuh cenderung agak bulat serta leher pendek
Seusai kamu mengetahui jenis kelamin kenari yng akan di kembangbiakkan, selanjutnya kamu Perlu tahu kapan usia kenari untuk siap di kawinkan, ini adalah hal penting lantaran menentukan berhasil tidaknya perkembangbiakan kenari nantinya. Berikut tips mengetahui usia kenari yng siap kawin :
  • Kenari jantan yng siap di ternak ideal berusia 8 bulan, sedangkan betina 6 bulan.
  • Untuk kenari postur besar semisal yorkhire idealnya usia 10 bulan ataupun lebih.
Tips : Kenari yng akan dikawinkan untuk ternak, pastikan dalam kondisi birahi, lantaran beberapa kasus berlangsung, kenari yng telah cukup umur, tengah tak birahi, ini akan menyulitkan penjodohan.
Tanda-ciri kenari birahi merupakan Suka berkicau ataupun gacor, Suka gelisah yang dengannya melompat-lompat sembari berbunyi, kadang menabrakan tubuh ke jeruji sangkar. Untuk kenari jantan lebih Suka berbunyi nyaring yang dengannya gaya posisi badan menurunkan sayap 1/2 badan sembari bertengger di atas tangkringan. Untuk kenari betina akan lebih Suka berbunyi “Ciut” kode untuk memanggil kenari jantan, serta merobek kertas ataupun daun yng ada di sangkar.
Seusai sepasang kenari yng birahi telah siap, saatnya kamu menyiapkan sangkar serta penunjang lain-lainnya di dalam sangkar. Pilihlah sagkar box khusus ternak, pilihan lain kedua kamu mampu mempergunakan sangkar yng tengahnya terdapat sekat menjadikan membuat mudah pada tatkala penjodohan. Untuk kenari jantan, piliha sangkar gantung yng agak besar semisal sangkar kos-kosan, lantas letakkan sangkar yang telah di sebutkan di tempat yng tenang.
Pada tatkala ternak telah berjalan, kebutuhan makanan pula Amat penting bagi kelangsungan ternak, kenari makan biji-bijian semisal canary seed, biji sawi, millet. Selain biji-bijian kenari pula makan sayuran serta buah semisal sawi hijau , sawi putih, mentimun serta buah apel. Jangan tidak ingat air minum pula Perlu selalu tersedia dalam sangkar. Bila butuh tambahkan multivitamin khusus .
Tips penjodohan kenari.
Dalam beternak kenari, penjodohan merupakan hal yng Amat penting, penjodohan disini memiliki arti memperkenalkan antara kenari jantan serta kenari betina. Kedua kenari ini ditempatkan pada sangkar yng kecuali pada sangkar yng ada penyekatnya, mampu langsung ditempatkan pada satu sangkar. Akan tetapi di artikel ini yng kita bahas merupakan sangkar box Sangkar box untuk kenari betina, Sangkar gantuk untuk kenari jantan.
tips ternak kenari lokal untuk pemula
TIPS MENJODOHKAN KENARI
  • Dekatkan kedua sangkar kenari, proses penjodohan ini idealnya di lakukan selama 3 hari.
  • Dalam proses penjodohan ini, sebaiknya kenari jantan serta betina dijemur berdekatan dalam sangkar terpisah, antara jam 07.30 hingga 09.30 pagi.
  • Jangan tidak ingat kenari diberikan gizi tambahan berupa telur puyuh, sayuran, apel dan multivitamin, pemberian ini di lakukan secara selang seling supaya kenari tak bosan.
  • Pastikan kenari tak dalam keadaan gemuk, lantaran akan menghambat proses penjodohan. Mampu kamu lihat bagian leher serta perut, andai terdapat penumpukan lemak maka berlangsung kegemukan, solusinya merupakan yang dengannya menakar makanannya, memberikan timun, serta dijemur sehari-hari.
Tanda-ciri kenari berjodoh
  • Kenari jantan akan meloloh memberikan pakan pada kenari betina, walaupun diluar sangkar.
  • Kenari jantan akan berbunyi keras merayu kenari betina, lantas kenari betina mengeleperkan sayapnya, ada kalanya kenari betina menungging, itu ciri bahwasanya kenari betina meminta kawin.
  • Kedua kenari akur serta tak bertengkar.
Andaikan kenari telah mulai terlihat berjodoh semisal ciri-ciri yng telah disebutkan diatas, selanjutnya merupakan menyatukan kenari jantan serta betina dalam satu sangkar. Lantaran pada sebelumnya telah di lakukan penjodohan maka akan mengurangi resiko kedua kenari berterngkar dalam sangkar. Tips menyatukan kenari jantan serta betina merupakan yang dengannya tips memasukkan kenari jantan ke dalam sangakar box tempat kenari betina, jangan hingga hal ini terbalik.
Menyatukan antara kenari jantan serta betina sebaiknya di lakukan pada sore hari, sesudah kedua kenari berada dalam satu sangkar, mampu diperhatikan tingkah kedua kenari, andai keduanya saling loloh maka kedua kenari telah berjodoh, serta akan segera melakukan perkawinan, akan tetapi untuk beberapa kasus kenari yng perawan tak langsung melakukan perkawinan.
Andai kenari tak segera melakukan perkawinan sampai-sampai malam hari, umumnya orang-orang akan melakukan perkawinan pada tatkala pagi hari sesudah bangun dari tidur. Kira-kira jam 07.00 pagi kenari jantan ditangkap untuk dipisah sangkar, pada sore hari kenari jantan kembali dimasukkan pada sangkar betina, begitu seterusnya sampai-sampai kenari betina bertelur. Tips ini Amat ampuh untuk kenari yng belum pernah kawin, sedangkan untuk kenari yng telah pernah bertelur, proses penyatuan cuma selama 1 jam. Jangan tidak ingat sesudah proses penyatuan, siapkan sarang untuk bertelur yng terbuat dari serat nanas.
Tanda kenari betina yng akan bertelur, sarang akan terlihat rapi, berbentuk semisal bundaran, proses ini berlangsung sekitar 1 minggu, sesudah itu kenari akan bertelur. Kenari akan bertelur yang dengannya jumlah sekitar 3-4 telur, serta akan dierami selama 14 hari, menetas dalam 1 hari. Andai telah bertelur, kenari jangan hingga dijemur lantaran akan merusak telur.
Proses pengeraman
Pada proses pengeraman, sebaiknya kenari jantan dibiarkan bersama kenari betina, lantaran akan meloloh memberikan makan pada kenari betina pada tatkala mengerami telur, lantaran kenari betina akan jarang keluar sarang. Andai kamu memiliki beberapa kenari betina yng mengerami telurnya, lebih baik andai kenari jantan dipisah, ini untuk menghindari kenari betina ngambek mengerami telur. Walaupun kenari jantan dipisah, kenari betina akan tetap mengerami telur hingga menetas.
TIPS PERAWATAN KENARI SAAT MENGERAM
  • Makanan berupa biji-bijian jangan hingga tidak lebih,
  • Kebersihan sangkar Perlu selalu terjaga, bersihkan sangkar perlahan supaya tak berlangsung guncangan yng mampu merusak telur.
  • Berikan sayur serta buah berupa sawi serta apel menjadi nutrisi tambahan, pemberian ini Amat penting sekali, lantaran beberapa kasus kenari betina yng mengerami telur akan mati kurus, lantaran cuma diberi pakan biji-bijian.
  • Tambahkan telur puyuh rebus mampu diberikan 2 kali seminggu.
Proses penetasan telur. Seusai 14 hari telur dierami, maka akan menetas, bagi kamu yng baru mengawali ternak kenari, berikut tips untuk merawat indukan serta anak kenari yng baru menetas.
  • Tatkala anakan kenari baru menetas, pastikan pakan semisal biji-bijian selalu tersedia, tambahkan pula telur puyuh rebus sampai-sampai anakan berusia 1 minggu
  • Sebelum anakan berumur 1 minggu, hindari pemberian pakan berupa sayur serta buah, ini untuk meminimalisir kematian anakan burung, lantaran system pencernaan yng belum kuat.
  • Andai anakan kenari telah berumur lebih dari 1 minggu, anad mampu menambahkan pakan berupa sawi serta apel, mampu ditambahkan telur rebus untuk menambah nutrisi sampai-sampai anakan siap dipanen.
  • Tambahkan pula multivitamin semisal produk OmKicau, Ebod serta Bnr
  • Anakan yng siap dipanen umumnya berumur 25 hari, pada umur ini kenari kecil telah mampu makan sendiri akan tetapi masih makan telur rebus.
Demikian tips ternak kenari lokal untuk pemula.


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/tips-ternak-kenari-lokal-untuk-pemula.html.

Seputar tips ternak kenari lokal untuk pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain tips ternak kenari lokal untuk pemula