usaha mudah ternak bebek entok

- Januari 10, 2018

usaha mudah ternak bebek entok

 
Dari beberapa sumber yng kami pelajari Mentok ataupun entok merupakan sejenis burung ataupun unggas yng salah satunya keluarga bebek yng yng dipelihara bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil daging serta telurnya. Dibeberapa tempat Mentok disebut pula yang dengannya entok, basur, itik manila ataupun bebek manila. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut yang dengannya Muscovy Duck ataupun Barbary Duck. Entok berasal dari benua Amerika, lebih-lebih Amerika Sedang serta selatan. Tempat asal asli dari entok ini di sekeliling rawa ataupun danau, sungai serta daerah yng tidak sedikit terdapat sirkulasi air.
Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis entok. Dari yng jenis unggulan ataupun dari entok lokal. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan pemeliharaan, biasanya entok dijadikan daging bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi kita-kita. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk telurnya sendiri masih jarang orang yng mengkonsumsinya, berbeda yang dengannya telur ayam serta telur bebek yng tidak sedikit terdapat di pasar tradisional. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu pangsa pasar entok masih teramat luas lantaran masih sedikitnya peternak yng memelihara entok padahal permintaan akan daging entok masih tidak sedikit.
usaha mudah ternak bebek entok
Kebanykan yng memelihara entok secara tradisional merupakan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng ada di pinggiran kota ataupun di pelosok desa. Sedangkan yng memelihara secara modern serta terencana masih jarang. Sebelum kita memelihara entok, ada baiknya kita mempersiapkan sangkar yng akan dipakai entok bagi atau bisa juga dikatakan untuk tinggal, berkembang biak, mengasuh anak. Sangkar yng kita persiapkan sebaiknya tak berada di lingkungan pemukiman. Dekat yang dengannya kanal jalan serta transportasi, sumber air serta aman dari predator pengganggu.
Persiapan sangkar entok
Umumnya sangkar entok ataupun bebek berupa bangunan memanjang yang dengannya atap yng tertutup, sekeliling sangkar umumnya terbuat dari bambu. Dalam sangkar yng luas itu cuma disekat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan antara entok dewasa serta entok anakan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran sangkar 4m x 12m. Sangkar yang telah di sebutkan mampu menampung sekitar 400 ekor entok.
Persiapan bibit dari anakan entok
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung anakan entok, kita mampu mempergunakan sangkar yng berbentuk baterai. Dalam bahasa Jawa, anak entok disebut meri. Entok yng sudah menetaskan meri, seusai anakannya berumur 3 hari bisa dijauhkan yang dengannya induknya serta diletakkan dalam sangkar baterai. Si indukan bisa kembali digabungkan dalam sangkar umbaran. Umumnya sebulan lantas si indukan bisa mulai bertelur kembali. Periode masa mengerami sekitar 35 hari. Lebih lama dibandingkan ayam kampung, kalkun serta ayam mutiara. Entok bisa bertelur selama 14 hari malah lebih.
Sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk meri sebaiknya dilengkapi yang dengannya pemanas buatan semisal lampu bohlam yang dengannya kekuatan 10 watt ataupun bergantung kondisi suhu sekitar sangkar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi supaya meri dalam kondisi sehat mampu diberikan makanan ataupun minuman suplemen semisal Vitachic.
Kelebihan memelihara entok andai dibandingkan memelihara jenis unggas lain-lainnya ;
  1. Lebih tahan penyakit dibandingkan ayam potong, malah ayam kampong
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bulunya mampu dipakai menjadi bahan baku pembuatan shutlecock bulutangkis
  3. Belum memiliki tidak sedikit pesaing
  4. Pangsa pasar masih Amat luas bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi permintaan daging entok bagi atau bisa juga dikatakan untuk rumah makan.
usaha mudah ternak bebek entok
Tidak sedikit kelebihan andai kamu akan beternak entok mulai dari saat ini.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/usaha-mudah-ternak-bebek-entok.html.

Seputar usaha mudah ternak bebek entok

Advertisement
 

Cari Artikel Selain usaha mudah ternak bebek entok