Begonia Hibrida, Bunga Menawan Tanpa Daun

- September 18, 2017

Begonia Hibrida, Bunga Menawan Tanpa Daun

 
Dulu, begonia dikenal lantaran keindahan daunnya. Kini, saatnya Kamu memandangi begonia yang dengannya bunga double petal yng menawan.
Begonia memanglah bukan tanaman baru. sejak zaman Belanda menjajah Indonesia, begonia telah jadi tanaman hias ternama. Dari toean serta noni itulah tanaman begonia masuk ke Tanah Air.
Begonia umum dikenal lantaran keindahan bentuk serta corak daunnya. Padahal sebetulnya, telah tidak sedikit begonia hibrid yng tidak jelek alias bagus bunganya.
Indonesia Kaya Indukan Begonia (Begoniaeeae) adalah kelompok tanaman yng terdiri lebih dari 1.500 spesies. Begonia bunga tidak jelek alias bagus ini tidak lebih ternama lantaran kebanykan tumbuh di daerah dingin. Kalau di Jakarta, memanglah sulit tumbuh tidak jelek alias bagus. Bagi Kamu yng tinggal di Puncak (Jabar), Ciwidey (Bandung), ataupun Batu (Malang), begonia bunga bakal tidak jelek alias bagus.
Hasil silangan tidak sedikit di Belanda serta Amerika. Malah di Amerika sudah ada kelompok khusus penggemar begonia, namanya The American Begonia Society. Jadi, begonia memanglah punya tempat tersendiri layaknya anggrek serta aglaonema di Indonesia. The American Begonia Society membagi aglaonema dalam 8 kelompok, yakni cane-like (tumbuh tinggi semisal bambu), shrub like (berbentuk semak yang dengannya tidak sedikit batang), rhizomantous (daun bulat yang dengannya bunga tinggi), semperflorens (berbunga tidak sedikit), tuberous (berbunga di ujung batang), rex (daunnya berwarna warni), trailing scandent (memanjat), serta thick stemmed (berbatang kecil). Masing-masing kelompok terdiri dari tidak sedikit spesies yng memiliki karakteristik percis.
Begonia yng bunganya kompak serta tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk pot plant merupakan dari kelompok semperblorens. Spesies induknya berasal dari Begonia semperflorens yng disilangkan yang dengannya spesies lain dalam kelompoknya. Ataupun disilangkan yang dengannya spesies yng percis namun berbeda varietas. Contohnya B. semperlorens 'Fiesta', B semperflorens 'Laminosa' serta B. semperflorens 'Lady Frances'.
"Bahkan ada yang induk silangan dari begonia kita," kata Siregar, hobiis begonia di Ciwidey, Bandung. Begonia yng dimaksud merupakan begonia spesies yng tidak sedikit tumbuh di pegunungan Jawa Barat. Tidak cuma di Jawa Barat, begonia tidak sedikit tumbuh di daerah hutan tropis Indonesia. Di tempat asal aslinya, begonia spesies ini tumbuh di seresah daun yng terlindung dari sinar matahari.
Kebanykan begonia asli yng tumbuh di alam memanglah tidak lebih showy. Daunnya cuma hijau saja. Andai berbunga, warna-nya cuma putih ataupun pink. Ukuran kuntumnya kecil-kecil, sekitar 2-3 cm. Mahkotanya tunggal yang dengannya bunga jarang-jarang. Siregar berterus terang, mulai mengoleksi begonia dari hutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk induk silangan. "Saya rasa menyilangkannya tidak sulit," terang Siregar yng telah mampu menyilang anggrek. Kuntum begonia lumayan tidak sedikit serta Suka berbunga. Andai gagal, mampu diulang yang dengannya cepat. Biji yng diperoleh pula Amat tidak sedikit. Bijinya berwarna cokelat semisal tepung. Sementara buahnya sebesar biji kedelai yng gampang pecah memuntahkan biji. Pekebun anggrek ini awal mulanya mendatangkan begonia hibrid dari Belanda, tahun lantas. Bunganya semisal mawar, mahkotanya bertumpuk. Warnanyapun beragam, mulai dari pink, merah, peach serta pula kombinasi. Ukurannya seukuran yang dengannya mawar mini, jadi lebih besar dari ukuran bunga spesies asli.
Suka Lembap Antibasah Merawat begonia hibrid ini sebetulnya tak sulit. Memanglah, syarat pertama supaya pertumbuhannya tidak jelek alias bagus merupakan menanamnya di daerah dingin. Kemudian, begonia ini tak tahan sinar matahari langsung. Jadi lebih tidak jelek alias bagus bila diberi net ataupun diletakkan di bawah fiber. Kalau di Belanda, begonia kerap diletakkan di meja tamu. Mampu saja di lakukan di Indonesia, namun tak selamanya. Maksimal seminggu sekali Perlu dikeluarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk direhabilitasi.
Medianya lembap danporus. Kamu mampu mempergunakan cacahan pakis ataupun mampu pula yang dengannya sekam bakar dicampur kompos. Penyiraman butuh diperhatikan. Kamu Perlu mengecek apakah media masih basah ataupun tak. Andai masih basah, sebaiknya tak disiram. Batang begonia sukulen, menjadikan rentan busuk.
Cara Biakkan Begonia Selain dari biji, begonia mampu dibiakkan yang dengannya daun (leaf cutting). Tatacaranya, ambil sehelai daun agak tua. Pilih daun yng tidak jelek alias bagus, tak rusak serta belum menguning. Kemudian belah membujur pada bagian tulang daun utama (yng besar). Tanam daun yang telah di sebutkan yang dengannya posisi pucuk daun di atas. Kamu mampu mempergunakan media sekam bakar ataupun pasir. Kira-kira 2 minggu, anakan bakal tumbuh dari pangkal batang yng ditancapkan.
Selain dibelah, mampu pula diputus urat daun. Ambil sehelai daun tak terlalu tua, lantas potong urat daun yng besar yakni urat permukaan bawah. Kemudian, letakkan daun pada media yang dengannya posisi bekas potongan menempel di media. Pastikan potongan senantiasa menempel pada media. Supaya lebih lembap, wadah pembiakan dikerodongi plastik.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agropustaka.com/2016/11/begonia-hibrida-bunga-menawan-tanpa-daun.html.

Seputar Begonia Hibrida, Bunga Menawan Tanpa Daun

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Begonia Hibrida, Bunga Menawan Tanpa Daun