Syarat Bibit Mangga yang Baik

- Agustus 10, 2017

Syarat Bibit Mangga yang Baik

 
Tidak sedikit yang tak tahu, semisal apakah bibit mangga yang memenuhi syarat itu. Paling-paling yang bisa kita jadikan patokan adalah pertumbuhannya yang sehat serta subur. Padahal, bibit mangga yang baik tak cuma itu saja syaratnya.
Bibit mangga yang dijual di kios-kios pertanian umumnya memanglah sehat serta subur, namun pertumbuhannya Suka cuma lurus memanjang ke atas menjadikan tampak "jangkung". Kalau bibit ini ditanam, nantinya ia akan menjadi pohon yang percabangannya tidak banyak serta tajuk pohonnya tidak lebih menarik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaikinya, kita butuh bekerja ekstra yang dengannya pemangkasan awal, yakni, pemangkasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuk pola dasar tajuk pohon, dan sekalian bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumbuhkan cabang-cabang baru yang memadai.
Agar bisa kita tak bekerja ekstra semisal itu, dalam membeli bibit kita mesti memperhatikan hal berikut: pertama-tama, belilah bibit sambungan, sebaiknya bibit sambungan dini (mini grafting), yakni, sambungan yang mempergunakan batang bawah berumur 2-3 bulan. Keuntungan sambungan ini dibanding sambungan biasa (batang bawah berumur 9-12 bulan), adalah, pertumbuhannya lebih cepat serta lebih gampang menyesuaikan diri yang dengannya lingkungan baru. Tanda-ciri sambungan dini itu, selain ada bekas sambungan pada batangnya, batang ini relatif lebih kecil dibanding sambungan biasa.
Bibit semacam ini, di samping akan menumbuhkan, pohon yang kokoh, pula memberikan beberapa keuntungan. Misalnya, nantinya pohon mampu lebih cepat berbuah (umur 3-4 tahun telah berbuah). Bibit vegetatif lain-lainnya, semisal cangkokan, pula mampu menjadikan pohon yang cepat berbuah, akan tetapi pohonnya tidak lebih kokoh. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi pohon yang kokoh, bibit cangkokan memerlukan waktu lama. Pohon yang berasal dari bibit okulasi mampu menumbuhkan pohon yang kokoh, namun ia agak lambat berbuah dibanding pohon dari bibit sambungan. Pohon dari bibit okulasi umumnya baru berbuah pada umur 4-5 tahun, malah Suka berlangsung lebih dari itu.
Di samping itu, dalam membeli bibit mangga, kita pula Perlu memperhatikan bagaimana penampakan bibitnya. Selain subur, sehat serta pertumbuhannya baik, bibit pula Perlu telah bercabang, paling tak bercabang dua. Cabang ini tumbuhnya sekitar 50-70 cm dari tanah pembibitan. Sebaiknya dipilih yang bercabang karena nantinya ia akan mampu membentuk tajuk pohon yang baik, serta mampu memberikan cabang baru yang pertumbuhannya baik juga, teratur, serta tidak sedikit jumlahnya (menjadikan memungkinkan pohon mangga mampu berbuah lebat). Selebihnya, kita tak butuh lagi melakukan pemangkasan awal bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat pola dasar bentuk tajuk, kecuali pemangkasan lanjutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumbuhkan cabang baru serta mengatur pertumbuhan cabang ini.
Kalau kedua hal di atas diperhatikan, tentu kita akan memperoleh bibit mangga yang tak cuma sesuai yang dengannya jenis mangganya yang dipilih, namun pula memenuhi syarat. Yang dengannya demikian, kita kelak mampu memiliki pohon mangga yang baik tumbuhnya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agropustaka.com/2016/11/syarat-bibit-mangga-yang-baik.html.

Seputar Syarat Bibit Mangga yang Baik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Syarat Bibit Mangga yang Baik