Klasifikasi, Asal-usul dan Jenis Bangsa Kambing

- Agustus 06, 2017

Klasifikasi, Asal-usul dan Jenis Bangsa Kambing

 
Kambing adalah hewan yng berasal dari daerah pegunungan dan hidupnya di daerah yng bertebing-tebing dan curam. Berkarakteristik lincah, gesit, suka berkelahi dan gampang menjadi liar kembali. Capranircus berasal dari daerah Pakistan dan Turki, Capraprisca dari daerah Balkan dan Coprakakonieri berasal dari daerah Khosmis.
Pembagian terstruktur mengenai / sistematika kambing merupakan menjadi berikut :
  • Kingdom : Animalia
  • Phylum : Chordata
  • Sub Phylum : Vertebrata
  • Class : Mamalia
  • Sub Class : Theria
  • Ordo : Artiodactyla
  • Sub Ordo : Pecara
  • Familia : Bavidal
  • Sub Familia : Capridal
  • Genus : Capral
  • Sub Genus : Capra Can Calus, Capra Bukrus, Capra Kambing Sejati
  • Spesies : Capra Nircus, Capra Pnyca, Fallan.

Bangsa Kambing Indonesia

Kambing Kacang

Adalah kambing asli Indonesia dan malaysia, ciri-cirinya merupakan badan kecil pendek, tahan derita, lincah, bisa atau mampu mengikuti keadaan yang dengannya baik, indera pendengaran pendek dan tegak, leher pendek, punggung melebihi tinggi bahu, warna bulu hitam dan kasar, coklat tua ataupun putih, tinggi gumba kambing jantan 60-65 cm dan pada betina 56 cm. Kambing ini Amat lambat dewasa kelaminnya.

Kambing Bligon

Kambing bligon yng ada dugaan adalah hasil persilangan antara peranakan ettawa yang dengannya kambing kacang. Karakteristik yng dimilikinya merupakan badannya lebih besar dibanding kambing kacang, berat badan dewasanya antara 20 hingga 30 kg, telinganya agsk menggantung, profil muka agak cembung, warna-nya merah/coklat, putih, hitam, dan kombinasi dari warna-warna yang telah di sebutkan

Bangsa Kambing Import

Kambing Etawa

Berasal dari distrik etawa, yakni tempat yng berlereng-lerng di sebelah selatan Himalaya. Tanda-cirinya warna bulu bervariasi yang dengannya warna dasar putih disertai bercak-bercak coklat, hitam, merah ataupun campuran ketiganya. Kepalanya tegak, garis profil melengkunng ataupun konveks, betina dan jantan bertanduk mengarah kebelakang. Pendengaran panjang, lebar dan menggantung. Pantat kambing jantan dan betina berbulu panjang dan lebat.

Kambing Saanen

Berasal dari lembah Saanen di Swiss, warna bulunya puth tidak banyak krem, telinganya tegak, tajam dan mengarah kedepan, baik jantan ataupun betina tak bertanduk, dahi lebar, kaki kurus dan kuat, adalah tipe penghasil susu.

Kambing Togenburg

Berasal dari Lembah Tugenburg, pegunungan Alpen di Swiss Timur Laut. Warna bulunya bervariasi dari coklat muda hingga warna coklat tua. Warna spesifikasinya indera pendengaran berwarna putih yang dengannya spot hitam pada bagian sedang, dua garis putih dari sebelah atas mata hingga pada bagian mulut. Kaki berwarna putih pada bagian dalam, mulai dari lutut ke kaki depan dan ke belakang, kanan kiri pangkal ekor terdapat warna putih berbentuk segitiga. Telinganya tegak dan kecil, ambing besar, leher kecil

Kambing Nubian

Kambing Nubian berasal dari Afrika. Berbulu pendek, mengkilap dan kebanykan berwarna hitam dan coklat yang dengannya indera pendengaran yng panjang dan jatuh. Kambing bersifat Amat lembut, produksi susunya lebih tidak banyak bila dibandingkan yang dengannya kambimg yng berasal dari Swiss, namun persentase lemak susunya tinggi. Kambing betina mencapai dewasa kelamin pada tatkala bobotnya kira-kira 60 kg. Kambing ini lebih tidak sedikit dagingnya disbanding bangsa perah lain-lainnya (Blakely and Bade, 1998).

Kambing Angora

Kambing Angora berasal dari Ankara, Turki, daerah pegunungan yang dengannya iklim kering dan temperatur yng ekstrim. Baik yng jantan ataupun betina semuanya bertanduk yang dengannya dahi terbuka yang dengannya bulu yng panjang. Bulu kambing Angora disebut mohair. Berat kambing jantan tatkala dewasa kelamin 55-80 kg kambing betina mencapai dewasa kelamin yang dengannya berat 35-40 kg.

Kambing Spanish

Kambing Spanish lebih besar dibandingkan yang dengannya kambing Angora dan bulunya lebih tidak banyak. Kambing ini memiliki warna bermacam-macam lebih-lebih dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi daging. Kambing Spanish Amat tangguh dan memerlukan tatalaksana dan ten aga kerja yng minim. Tanda khas kambing Spanish merupakan fisiologi reproduksinya.

Kambing Kasmir


Berasal dari Tibet. Tanda-cirinya merupakan berbulu panjang dan halus, warna abu-abu, kepala besar, mata kecil, jantan dan betina bertanduk, adalah penghasil bulu bagi atau bisa juga dikatakan untuk permadani.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2016/08/klasifikasi-asal-usul-dan-jenis-bangsa_23.html.

Seputar Klasifikasi, Asal-usul dan Jenis Bangsa Kambing

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Klasifikasi, Asal-usul dan Jenis Bangsa Kambing