strategi belajar ternak bebek bandung

- Juli 04, 2017

strategi belajar ternak bebek bandung

 
strategi belajar ternak bebek bandung
BANDUNG - Banyaknya permintaan bebek peking baik DOD ataupun daging membuat bisnis peternakan bebek peking makin naik daun. Itulah yng membuat Ahmad Nurhadi yng akrab disapa Budi terjun ke dunia bebek dalam usia yng masih muda. Sejak tahun 2007 Budi memlai bisnis ternak pembesaran bebek peking yang dengannya modal sekitar Rp 63 juta. Modal yang telah di sebutkan ia genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan sangkar, membeli pakan, membeli 1000 ekor DOD serta perlengkapan ternak. Menyoal prospek usahanya, dikatakan Budi cukup cerah, mengingat harga jual bebek peking yng tinggi dibanding ayam broiler, tahan penyakit, cepat panen, persentase kematian kecil serta keuntungan yng didapat cukup besar.
"Sejauh ini banyak perusahaan besar yang tadinya memproduksi ayam justru mulai mengembangkan sayap ke bebek. Jadi meskipun pasar terbuka lebar tetap saja membuat persaingan dengan para peternak kecil (perorangan) cukup ketat. Sehingga banyak dari pelaku usaha ini menggunakan sistem plasma atau kemitraan guna menyaingi perusahaan besar," papar Budi. Berbeda yang dengannya peternak umumnya yng baru mampu memanen bebek peking sesudah umur 35-60 hari, Budi mampu memanen bebek pekingnya pada umur 32 hari saja. Pasalnya, ia mempergunakan tips khusus supaya bebeknya cepat besar serta tahan penyakit. Tatacaranya, yaitu memberikan pakan tiga kali sehari, serta pada malam hari bebek diberikan pakan yng lebih tidak sedikit.
“Karena pada malam hari udara lebih dingin sehingga makannya akan lebih banyak dan aktivitasnya lebih sedikit. Jadi banyak pakan yang diserap menjadi daging, tidak terbuang percuma energinya,” beber Budi. Nah, supaya pasokan DOD bebek pekingnya terjamin, Budi pula menjalankan bisnis DOD bebek peking. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menghasilkan DOD mempunyai kualitas, ia mempergunakan indukan jantan yng umurnya minimal 1 tahun serta betina umurnya minimal 9 bulan. DOD yng diproduksi tak cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi bisnis pembesarannya, akan tetapi pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijual seharga Rp 8.500-12 ribu/ekor umur 1-3 hari.


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/strategi-belajar-ternak-bebek-bandung.html.

Seputar strategi belajar ternak bebek bandung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain strategi belajar ternak bebek bandung