KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT SAYUR KANGKUNG

- Juli 04, 2017

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT SAYUR KANGKUNG

 
Kangkung - Siapa yng tak kenal yang dengannya sayuran yng satu ini,harganya yng murah serta lezat andai dimasak membuat tidak sedikit orang menggandrungi sayuran ini. Kangkung umumnya tumbuh dipinggiran sawah, sungai ataupun sengaja di budidayakan oleh orang. Kangkung memiliki nama latin Ipomoea aqatica (bagi atau bisa juga dikatakan untuk kangkung air), Ipomoea reptana (bagi atau bisa juga dikatakan untuk kangkung darat) diluar dugaan pada awal mulanya berasal dari India, lantas menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, China Selatan, Australia, serta Afrika. Di China, Kangkung dikenal yang dengannya nama Weng Cai. Di Eropa, Kangkung disebut Swamp Cabbage, Water Convovulus, ataupun Water Spinach. Tanaman Kangkung masuk ke dalam suku Convolvulaceae ataupun keluarga kangkung-kangkungan. Kangkung adalah tanaman yng tumbuh cepat serta telah memberikan hasil cuma dalam waktu 4 sampai-sampai 6 minggu. Dalam satu musim saja, kangkung mampu tumbuh yang dengannya panjang 30 sampai-sampai 50 cm.

Penjabaran Sayur Kangkung

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Asteridae
  • Ordo: Solanales
  • Famili:Convolvulaceae (suku kangkung-kangkungan)
  • Genus: Ipomore
  • Spesies: Ipomoea aquatica Forsk.

Kandungan Ilmiah Sayur Kangkung

Yang akan di sajikan kali ini merupakan kandungan yng terdapat pada sayuran kangkung dalam setia 100 gram.
  • Energi = 29 kkal
  • Protein = 3 gr
  • Lemak = 0,3 gr
  • Karbohidrat = 5,4 gr
  • Kalsium = 73 mg
  • Fosfor = 50 mg
  • Zat Besi = 3 mg
  • Vitamin A= 6300 IU
  • Vitamin B1 = 0,07 mg
  • Vitamin C = 32 mg.

Manfaat Sayur Kangkung bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan

  1. Mengurangi Haid BerlebihanCaranya: Ambil 1/2 kilogram daun Kangkung segar. Cuci bersih, lantas tumbuk halus. Tuangkan air 1/2 gelas, saring serta tuangkan satu sendok makan madu. Minum sekali sehari sekalian. Haid akan jadi baik serta lancar.
  2. Mencegah Penyakit Diabetes MelitusEkstrak kangkung bisa menghambat penyerapan kadar gula dalam darah. Perbanyaklah mengkonsumsi kangkung bila kamu mengidap penyakit diabetes mellitus.
  3. Kaya Vitamin C serta B kompleksKandungan vitamin C pada kangkung lebih tidak sedikit dibanding kebanykan sumber vitamin C pada buah-buahan. Oleh lantaran itu, kangkung baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah sariawan/gusi berdarah, menaikan system kekebalan tubuh menjadikan tidak gampang di kenai serangan penyakit akibat virus, misalnya flu. Kadar vitamin B Kompleks serta Omega 3 pada kangkung, diluar dugaan pula cukup tidak sedikit. Keduanya adalah peningkat produksi serotin dalam otak kita, menjadikan mampu menciptakan suasana tenang melalui otak. Oleh lantaran itu, kangkung mampu dikatakan mampu menyegarkan kembali otak kita.
  4. Mencegah InsomniaKangkung mempunyai sifat sedatif, menjadikan Suka dikatakan menjadi penyebab ngantuk. Kangkung pula berpotensi mampu mengendurkan saraf. Makin kendur saraf-saraf kita, maka tidur pun akan makin nyenyak serta lelap. Yang dengannya kata lain kangkung bisa membantu mengatasi insomnia serta membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa tidur lebih pulas.
  5. Menajamkan PenglihatanKangkung kaya akan vitamin A , menjadikan Kangkung mampu melindungi kestabilan penglihatan mata. Vitamin A yng terdapat pada kangkung sebesar 6300 IU, tidak banyak lebih tidak sedikit dibanding bayam yng cuma 6100 IU. Hal yang telah di sebutkan bisa dilihat dari warna daunnya, makin hijau daunnya maka kandungan betakarotin pula makin tinggi.
  6. Menghilang-kan KetombeCaranya: Ambilah seikat daun Kangkung. Rendam daun ini semalaman sampai-sampai airnya berwarna kebiruan. Lantas, keramas yang dengannya air rendaman. Lakukan sehari-hari, niscaya ketombe akan hilang.
  7. Melancarkan air seniCaranya: Ambilah akar kangkung secukupnya. Direbus yang dengannya 2 gelas air sampai-sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekalian 1 kali sehari. Niscaya air seni akan lancar.
  8. Mencegah MimisanCaranya: ambil seikat daun Kangkung segar. Cuci bersih, lantas tumbuklah hingga halus. Tambahkan tidak banyak gula aren, seduh yang dengannya segelas air panas. Seusai dingin, saring, minum 2 kali sehari, maka mimisan akan mampat serta hilang.
  9. Mencegah Sariawan Serta Gusi BerdarahPada biasanya Kangkung mempunyai kadar vitamin C yng lebih tidak sedikit dibanding kebanykan buah. Oleh lantaran itu, mengkonsumsi sayuran Kangkung, dianggap baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah sariawan serta gusi berdarah.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/01/kandungan-gizi-dan-manfaat-sayur.html.

Seputar KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT SAYUR KANGKUNG

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT SAYUR KANGKUNG