KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT IKAN TUNA

- Juli 03, 2017

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT IKAN TUNA

 
Kandungan Gizi serta Manfaat Ikan Tuna - Ikan memanglah mempunyai tidak sedikit protein yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk tubuh kita, kandungan gizi yng terkandung dalam setiap ikan pun berbeda. Ikan Tuna merupakan satu dari sekian banyaknya ikan laut yng mempunyai kandungan gizi yng tinggi, akan tetapi sejauh ini ikan tuna masih diperoleh yang dengannya menangkap di laut, bukan hasil dari budidaya ikan serta Jepang merupakan negara yng tidak sedikit mengekspor ikan tuna keberbagai wilayah. Ikan Tuna memiliki beberapa jenis antara lain mandidihang/yellowfin (Thunnus albacores), mata besar (Thunus obesus), abu-abu (Thunus tonggol), albakora (Thunus alalunga), serta sirip biru (Thunus thynnus).Nilai gizi ikan tuna yng Amat baik, kandungan omega-3-nya membuat tuna memiliki seribu satu manfaat bagi kebugaran atau kesehatan tubuh. Akan tetapi, hal itu Perlu didukung yang dengannya pemilihan, pengolahan, serta penyimpanan tuna yng baik. Ikan tuna yng masih segar sebaiknya disimpan di lemari es (andai akan segera dipakai) ataupun dibekukan (andai ingin disimpan bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa lama).

Kandungan Gizi Ikan Tuna

Kadar protein pada ikan tuna hampir dua kali kadar protein pada telur yng selama ini dikenal menjadi sumber protein utama. Ikan tuna merupakan jenis ikan yang dengannya kandungan protein yng tinggi serta lemak yng rendah. Ikan tuna memiliki kandungan protein antara 22,6 - 26,2 g/100 g daging. Kadar protein per 100 gram ikan tuna serta telur masing-masing 22 g serta 13 g. Konsumsi ikan 30 gram sehari bisa mereduksi risiko kematian akibat penyakit jantung sampai-sampai 50 %.Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelompok ikan tuna, bagian ikan yng bisa dimakan berkisar antara 50 – 60 % (Stanby, 1963). Kadar protein daging putih ikan tuna lebih tinggi dari pada daging merahnya.Daging merah ikan merupakan lapisan daging ikan yng berpigmen kemerahan sepanjang tubuh ikan di bawah kulit tubuh.Daging merah memiliki kandungan mioglobin tinggi, yng diimbangi yang dengannya banyaknya jaringan pengikat serta pembuluh darah, sementara daging putih memiliki jenis-jenis protein yng mempunyai kualitas tinggi.Ikan Tuna Amat bergizi serta adalah sumber protein, niacin, selenium, triptofan yng tidak sedikit. Ikan Tuna pula kaya akan fosfor, kalium, lemak asam omega-3, magnesium, tiamin, vitamin B6

Manfaat Ikan Tuna

  1. Baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan jantung
    Kandungan omega 3 pada ikan tuna bisa menaikan konsentrasi HDL ataupun kolesterol baik dalam tubuh, menekan terjadinya pembekuan darah, serta melindungi ritme denyut jantung. Omega 3 pula berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi fungsi jantung.
  2. Mencegah kanker payudara
    Kandungan Omega 3 dalam ikan tuna bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghambat enzim proinflammatory yng disebut cyclooxygenase 2 (COX 2) yng adalah enzim pendukung terjadinya kanker payudara. Omega 3 pula berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki DNA.
  3. Baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan mata
    Kandungan omega 3 pada ikan tuna berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kebugaran atau kesehatan mata. Omega 3 bekerja bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah tubuh melawan macular degeneration pada mata, suatu kondisi disaat penglihatan memburuk, yng bisa menghasilkan kehilangan penglihatan pada usia lebih dari 50 tahun.
  4. Mencegah stroke
    Kandungan gizi yng tinggi pada ikan tuna berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah banyak sekali penyakit, salah satunya penyakit stroke. Yang dengannya rutin mengkonsumsi ikan tuna, bisa mengurangi resiko penyakit stroke.
  5. Mencegah obesitas
    Kandungan EPA yng tinggi pada ikan tuna bisa menstimulasi hormone leptin menjadikan berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah obesitas. Lantaran yang dengannya regulasi yang telah di sebutkan, tubuh akan terhindar dari konsumsi makanan yng berlebihan.
  6. Menaikan fungsi kognitif otakOmega-3 membantu menaikan fungsi mengingat ataupun fungsi kognitif otak, menjadikan menghindarkan kita dari penyakit degenarasi fungsi otak semisal Alzheimer lantaran membantu memperlancar suplai darah ke otak. Omega-3 pula menurunkan risiko inflamasi, memperantarai signal supaya bisa diterima oleh otak, pada orang yng menderita Alzhemeir akan mengalami gangguan dalam hal penyampaian signal ataupun impuls ke otak.
  7. Menaikan response hormon InsulinTuna pula disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yng menderita diabetes tipe-2, lantaran kandungan lemak omega-3nya yng melimpah. Aneka macam penelitian merekomendasikan, omega-3 pada ikan tuna –mencegah Kamu dari kegemukan serta menaikan respon hormon insulin pada tubuh. Asam lemak omega 3 yng terkenal yang dengannya nama EPA ini dia yng membantu meregulasi berat badan serta pula metabolisme tubuh yang dengannya mensekresi hormon leptin.
  8. Membantu proses detoksifikasiSelenium bersama yang dengannya omega-3 yng terkandung dalam ikan tuna, adalah bahan bakar penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi gluthathione peroxidase –jenis antioksidan. Antioksidan ini dia yng berfungsi penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan hati –yng berperan bagi atau bisa juga dikatakan untuk detoksifikasi. Selenium pula berperan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah kanker serta penyakit jantung.
  9. Tuna yng berguna melawan penyakit Alzheimer.
  10. Ikan tuna pula baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan kulit
    Omega-3 pada ikan tuna memberikan perlindungan pada saluran pencernaan serta melawan kanker ovarium.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/03/kandungan-gizi-dan-manfaat-ikan-tuna.html.

Seputar KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT IKAN TUNA

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT IKAN TUNA