Ayam Jawa Super (Joper) Itu Bukan Ayam Kampung !!! Ini Alasannya

- Juni 05, 2017

Ayam Jawa Super (Joper) Itu Bukan Ayam Kampung !!! Ini Alasannya

 
Tatkala ini perbincangan peternak ayam makin seru yang dengannya kehadiran ayam Joper ataupun ayam Jawa super di dunia peternakan ayam. Ayam Joper ini diyakini menjadi ayak kampung super yng mempunyai kualitas serta sekian tidak sedikit kelebihan dibandingkan yang dengannya ayam kampung biasa. Kelebihan yang telah di sebutkan misalnya, waktu panen yng relatif lebih cepat, rasa daging lebih gurih serta enak daripada ayam broiler ataupun pedaging biasa, harga lebih tidak murah, lebih tahan penyakit serta kualitas daging yng lebih bergizi. Akan tetapi tahukan Kamu, andai Ayam Jawa Super (Joper) bukan ayam kampung?
Sebagian besar warga atau juga bisa dikatakan masyarakat masih keliru lantaran menganggap bahwasanya Ayam Jowo Super (Joper) merupakan ayam kampung. Padahal nyatanya tak. Ayam jawa super / Joper merupakan hasil persilangan antara ayam jawa ataupun ayam kampung yang dengannya betina ayam petelur. Ada pula yng menyilangkan antara ayam jantan Bangkok Vietnam yng mempunyai genetik besar serta tinggi yang dengannya betina petelur. Dari runtutan asalnya yang telah di sebutkan telah terang bahwasanya Ayam Jawa Super (Joper) bukan ayam kampung.
Indukan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan jawa super ataupun Joper memanglah jenis ayam jawa yang dengannya kualitas yng unggul. Akan tetapi jenis ayam jawa ataupun ayam Bangkok sendiri mampu jadi bukan berasal dari Indonesia. Semisal halnya ayam kampung tulen. Ayam Jawa yng dipakai merupakan jenis ayam Bangkok yng sudah mengalami pemuliaan. Sedangkan bibit betinanya berasal dari ayam ras petelur biasa. Menjadikan Joper bukan ayam kampung murni.
Merujuk pada Aturan Pemerintah No 48 Tahun 2011 pasal 44, Para peternak ataupun perusahaan peternakan yng melakukan bisnis pembibitan ternak wajib mempunyai ijin bisnis pembibitan dari pemerintah daerah kabupaten/kota. Hal ini pula berlaku bagi para peternak yng melakukan pembibitan ayam jawa super/ Joper. Selain itu, bibit yng diedarkan pun wajib mempunyai sertifikat layak benih ataupun memuat keterangan silsilah serta ciri-ciri keunggulannya salah satunya ayam jawa super (Joper) bukan ayam kampung yang telah di sebutkan.
Peredaran benih ataupun bibit yng tak menyertakan sertifikat layak benih ataupun keterangan pemenuhan persyaratan minimal benih akan dikenakan sanksi administrative berupa peringatan, penghentian sementara ataupun pencabutan ijin bisnis. Maka, bisnis pembibitan ataupun penyilangan ternak salah satunya ayam Perlu di lakukan sesuai yang dengannya aturan serta dalam pengawasan pemerintah. Salah satunya dalam hal ini pembibitan ayam jawa super (Joper) bukan ayam kampung yang telah di sebutkan.
Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat, baik konsumen ataupun peternak pula Perlu memahami bahwasanya ayam Joper bukanlah ayam kampung serta sebaiknya tak menyebut ayam Joper menjadi ayam kampung super. Akan lebih baik, andaikan hasil penyilangan ayam jawa serta ayam ras petelur yang telah di sebutkan didaftarkan serta di lakukan penelitian yng seksama sesuai yang dengannya mematuhi aturan. Menjadikan ayam Joper mampu menjadi satu dari sekian banyaknya ayam introduksi hasil penyilangan yng legal serta diakui keunggulannya menjadi jenis ayam mempunyai kualitas karya Indonesia.
Barangkali kamu tertarik yang dengannya Kesempatan Bisnis Ternak Ayam Kampung Tips Membuat Pakan Ayam Kampung Pengganti
Andai hal ini tak di lakukan terhadap ayam jawa super (Joper) bukan ayam kampung yang telah di sebutkan, maka pemerintah ataupun warga atau juga bisa dikatakan masyarakat luas akan mengalami kesulitan. Aturan yang telah di sebutkan misalnya pertama bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga jenis ayam kampung asli serta ayam jawa asli yng secara genetic akan makin langka. Kedua, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi ancaman penyakit yng barangkali timbul akibat penyilangan jenis ayam. Ketiga, adanya resiko-resiko lain menyangkut hak kekayaan intelektual terhadap jenis hewan hasil pemuliaan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebaikan bersama, baik konsumen, peternak, pembibit, ataupun pemerintah, pengaturan terhadap usaha-usaha pembibitan serta pengedaran ternak salah satunya ayam jawa super (Joper) bukan ayam kampung Perlu di lakukan. Yang dengannya demikian, keamanan serta jaminan berusaha, keamanan serta perlindungan konsumen mampu diusahakan serta dioptimalkan. Pada akhirnya, baik peternak, pemerintah ataupun konsumen akan memperoleh manfaat bersama.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2016/11/ayam-jawa-super-joper-itu-bukan-ayam.html.

Seputar Ayam Jawa Super (Joper) Itu Bukan Ayam Kampung !!! Ini Alasannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ayam Jawa Super (Joper) Itu Bukan Ayam Kampung !!! Ini Alasannya