Mengenal Kerbau Nili dan Ravi, Keturunan Kerbau Murrah dari Pakistan

- Maret 17, 2018

Mengenal Kerbau Nili dan Ravi, Keturunan Kerbau Murrah dari Pakistan

 
Kerbau Nili dan Ravi merupakan kerbau keturunan kerbau Murrah yng hidup di daerah lembah sungai Sutley dan Ravi di Pakistan. Perbedaan pokok kerbau bangsa ini yang dengannya Murrah merupakan menyangkut keadaan muka, dahi dan ukuran. Nili berguna biru yng mencerminkan warna sungai Sutley, sementara Ravi Suka disebut menjadi bangsa Sundal bar.
Daerah sebaran kerbau Nili dan Ravi ada diantara 29,5 – 32,5 o LU dan 71 – 75 o BT. Tak terdapat perbedaan pokok diantara kedua bangsa kerbau ini menjadikan mulai tahun 1960 digabungkan menjadi satu bangsa tersendiri khususnya di Pakistan, namun tak di India.
Ukuran umum kerbau Nili : ternak yang dengannya tinggi gumba, panjang badan dan berat badan yng jantan merupakan 137,2 cm; 157,4 cm; dan 589,7 kg , sedangkan kerbau betina dewasa 127 cm; 147,3 cm; dan 453,6 kg. Kerbau ini memiliki tanduk kecil, wall eyes yaitu iris mata berwarna putih menjadi ciri khas bangsa kerbau perah ini.
Warna putih pada bagian dahi, muka, moncong, paha, dan bulu kipas ekor. Tak disukai adanya warna putih pada bagian hock dan knee, ekor hitam, tanduk tebal luas dan ciri putih diatas leher dan bagian tubuh lain-lainnya. Produksi susu bisa mencapai 20 – 24 lbs per hari.
Lihat pula : 5 Kerbau Perah Terpopuler
Kerbau Ravi yang dengannya tanda-tanda : tinggi gumba, panjang badan, dan berat badan yng jantan 132,1 cm; 154,9 cm; dan 680 kg, sedangkan yng betina 127 cm; 149,8 cm; dan 635 kg.
Kerbau ini memiliki dahi datar, wall eyes yakni iris mata berwarna putih, ciri putih pada bagian kepala, paha, ambing, dan bulu kipas ekor. Produksi susu bisa mencapai 4.000 lbs dalam masa laktasi 250 hari.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/11/mengenal-kerbau-nili-dan-ravi-keturunan.html.

Seputar Mengenal Kerbau Nili dan Ravi, Keturunan Kerbau Murrah dari Pakistan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Kerbau Nili dan Ravi, Keturunan Kerbau Murrah dari Pakistan