cara ternak dan budidaya cacing tanah

- Maret 10, 2018

cara ternak dan budidaya cacing tanah

 
cara ternak dan budidaya cacing tanah
Pada pertemuan ini saya akan memberikan penjelasan yng lengkap ihwal cara budidaya cacing tanah, masalah ini adalah kesempatan bisnis yng barangkali tak terlintas di pikiran kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk di jadikan menjadi bisnis sampingan yng cukup menjanjikan. Baiklah tak butuh panjang lebar mari kita langsung ke pokok permasalahan, akan tetapi sebelumnya akan saya beberkan ihwal ruang lingkup cacing tanah mengapa hingga di budidayakan dan menghasilkan rupiah, mulai dari manfaat cacing tanah, cara pewaratan, hingga yang dengannya cara pemanenan dan pemasaran.
Sekilas Perihal Cacing Tanah
Binatang yng satu adalah masuk dalam pengelompokan binatang tingkat rendah, kenapa demikian? Lantaran cacing tak mempunyai tulang belakang (invertebrata) dan cacing ini adalah salah satunya kelas Oligochaeta. Di dalam Oligochaeta yng salah satunya famili penting merupakan Megascilicidae dan Lumbricidae, dan dalam permasalahan ini cacing tanah tentunya telah Amat tak asing di pendengaran kita, lebih-lebih warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng bermukim di pedesaan. Akan tetapi di balik jijiknya cacing tanah (bagi atau bisa juga dikatakan untuk sebagian orang) akan tetapi cacing tanah ini mempunyai potensi yng luar biasa bagi ke hidup-an dan kesejahteraan kita-kita. Di dalam pusat perikanan, cacing tanah berperan penting menjadi makanan yng paling tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk dunia perikanan, dan pusat perikanan terbesar di Indonesia merupakan terdapat pada Jawa bagian barat yakni : Bandung-Sumedang dan sekitarnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ini tentunya cara budidaya cacing tanah yng baik dan benar Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk memlai bisnis ini.
Jenis Cacing Tanah
Jenis Cacing Tanah sangatlah ramai sekali tentunya jenis-jenis cacing tanah yng ada di Dunia, akan tetapi yng tidak sedikit di budidayakan/di ternak oleh kita-kita merupakan jenis semisal; Megascolicidae, Lumbricidae, Genus Lumbricus, Eiseinia, Pheretima, Perionyx, Diplocardi dan Lidrillus. Kesemua jenis famili cacing tanah di atas tentunya mempunyai kelebihan tertentu bagi atau bisa juga dikatakan untuk di kembangbiakkan. Dan tatkala ini jenis cacing tanah yng Amat ternama di budidayakan merupakan Pheretima, Periony dan Lumbricu. Tiga jenis famili cacing tanah yang telah di sebutkan Amat gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di budidayakan lantaran orang-orang Amat menyukai bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidup di tempat semisal bahan-bahan organik yng berasal dari sampah dapur ataupun pupuk sangkar. Yang dengannya media yng Amat di sukai ke tiga cacing tanah yang telah di sebutkan maka Amat gampang dan tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk di budidayakan, lantaran tentunya media gampang di dapatkan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk cacing tanah berjenis famili Lumbricus Amat gampang di identifikasi yang dengannya bentuk tubuhnya yng pipih, dan mempunyai segmen sekitar 90-195 dan klitelum yng terdapat atau terletak pada segmen cuma sekitar 27-32 saja. Akan tetapi jenis ini mempunyai kelemahan yang dengannya kalah bersaing yang dengannya jenis cacing yng lain, menjadikan ukuran tubuhnya akan lebih kecil. Akan tetapi bukan berguna cacing ini tak bisa di budidayakan, malah andai jenis ini di budidayakan akan bisa atau mampu menyamai jenis cacing lain-lainnya dan malah lebih besar andai cara budidaya cacing tanah yng kita lakukan telah tepat.
Dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk cacing tanah berjenis Pheretima mampu mempunyai segmen antara 95-150, dan yang dengannya klitelumn yng terdapat atau terletak pada segmen sekitar 14-16. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengidentifikasi jenis cacing tanah ini merupakan yang dengannya cara memperhatikan bentuk dan warna tubuhnya, yakni yang dengannya ciri-ciri tubuh berbentuk gilik panjang yang dengannya silindris berwarna merah keunguan. Yng salah satunya masuk kedalam jenis ini merupakan semisal ; cacing merah, cacing koot dan cacing kalung.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk cacing tanah berjenis Perionyx, lebih gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di identifikasi yang dengannya bentuk tubuhnya berbentuk gilik berwarna ungu tua hingga merah kecokelatan yang dengannya jumlah segmen yng dimiliki sekitar 75-165 dan klitelumnya terdapat atau terletak pada segmen 13-17. Memanglah bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis cacing ini memerlukan penangan yng lebih di banding jenis cacing tanah lain-lainnya, lebih sensitif dan manja, menjadikan memanglah penanganan khusus di perlukan andai membudidayakan jenis cacing tanah yng satu ini.
Andai di pilih dari ke tiga jenis cacing tanah yang telah di sebutkan, maka jenis Lumbricus Rubellus merupakan yng paling unggul bagi atau bisa juga dikatakan untuk di budidayakan lantaran cacing jenis ini mempunyai vitalitas yng tidak jelek alias bagus, akan tetapi tentunya pula yang dengannya cara budidaya cacing tanah yng baik dan benar. Penambahan berat badan (pertumbuhan yng baik) dan pula tentunya bisa menghasilkan telur yng lebih tidak sedikit dan kascing yng tidak sedikit juga, kelebihan lain pada jenis ini merupakan sifatnya yng relatif diam dan tak tidak sedikit bergerak, yang dengannya ini maka dia akan gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggemukkan tubuhnya.
Manfaat Cacing Tanah
Amat tidak sedikit manfaat dari cacing tanah ini, di dalam dunia pertanian cacing mempunyai peran penting dalam menyuburkan tanah, cacing akan menguraikan bahan organik yng akhirnya membuat aerasi dan struktur tanah menjadi lebih baik, dan tentunya penyerapan nutrisi oleh tanaman akan menjadi lebih sempurna menjadikan tanaman akan mempunyai pertumbuhan yng tidak jelek alias bagus. Pupulasi mikroba yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuburkan tanah pula akan makin berkembang lebih tidak sedikit lantaran keberadaan cacing tanah, seluruh ini andai kita melihat dari aspek pertanian, dan manfaat lain cacing tanah sangatlah tidak sedikit, di antaranya merupakan menjadi berikut :
  1. Menjadi Pakan ternak : cacing tanah mempunyai kandungan protein yng Amat tinggi, dan hal ini tentunya Amat tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi pakan tambahan binatang ternak semisal : unggas dan ikan ataupun barangkali mampu di berikan ke jenis binatang ternak lain-lainnya.
  2. Di jadikan menjadi bahan baku pembuatan obat : cacing tanah tidak sedikit di pakai menjadi bahan obat ataupun malah langsung di jadikan obat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit semisal; demam, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan bronchitis, reumatik sendi, sakit gigi dan tipus.
  3. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Bahan Baku Kosmetik : butuh di ketahui para wanita yng membeli kosmetik yang dengannya harga yng mahal-mahal, ketauhilah bahwasanya cacing tanah pula berperan didalamnya, cacing tanah ini di jadikan bahan baku bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat kosmetik semisal ; pelembab kulit dan lipstik
  4. Makanan Kita-kita : Jangan salah, cacing tanah pula Amat tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk di konsumsi kita-kita lantaran kandungan proteinnya yng Amat tinggi, cacing ini pula mempunyai kandungan protein yng tinggi semisal halnya daging unggas dan mamalia lain-lainnya, dan malah lebih tinggi. Tentunya yang dengannya ketentuan cara pengolahan yng baik dan benar !!

Cara Budidaya Cacing Tanah Dan Persiapan Media

cara ternak dan budidaya cacing tanah

  1. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung kelangsungan hidup cacing tanah, maka tanah Perlu memiliki kandungan kandungan organik yng lebih tidak sedikit.
  2. Bahan organik mampu di dapatkan yang dengannya gampang yakni berasal dari daun yng gugur, kotoran ternak, bangkai ternak, dan lain sebagainya. Cacing ini Amat menyukai bahan yng gampang membusuk, begitu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanannya.
  3. Dalam hal menunjang pertumbuhan cacing tanah butuh tanah yang dengannya tidak banyak asam hingga netral ataupun ph sekitar 6-7,2, andai telah di kondisikan demikian maka cacing tanah akan bisa bertumbuh secara baik lantaran bakteri dalam tubuhnya akan gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan pembusukan dan pula fermentasi makanan cacing.
  4. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjang perkembangbiakan dan pula pertumbuhan memerlukan 15-30 % kelembapan media.
  5. Menetasnya Kokon dan pula bertumbuhnya bibit cacing tanah butuh suhu antara 15–25 derajat C. Andai suhu melebihi 25 derajat C maka masih mampu di pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjang menetasnya Kokon dan pula proses pertumbuhan asalkan ada naungan yng mencukupi bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelembapan optimal.
  6. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat budidaya cacing tanah Perlu di tempat yng terhindar dari terik matahari langsung, dan bahan sangkar tak terbuat dari bahan-bahan yng dasarnya memang mampu meneruskan cahaya (sorot matahari). Sebaiknya peletakannya pula ditempat yng gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di awasi selalu supaya selalu terkondisikan, mampu di bawah pohon yng rindang, di pinggir rumah, ataupun ditempat lain yng terhindar dari sinar matahari langsung.
Pedoman Teknis Cara Budidaya Cacing Tanah
1. Persiapan Sangkar Cacing Tanah
Tahap kedua merupakan yng terpenting, di sini sebelum menebar bibit cacing tanah dibutuhkan berlebi dahulu bagi atau bisa juga dikatakan untuk di siapkan sangkar, media tumbuh,pelindung sangkar, dan bibit cacing tanah tentunya. Dibawah ini merupakan teknik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiapkan pembibitan cacing tanah
2. Pemilihan Bibit Bakal Induk
Dalam cara budidaya cacing tanah, memilih bakal indukan memanglah Amat penting, cacing yng sehat dan mempunyai potensi pertumbuhan yng baik merupakan kriteria dalam calon induk yng akan kita rawat supaya berkembangbiak yang dengannya baik. Bibit ini mampu di ambil dari alam bebas, di tempat pembuangan kotoran unggas dan tempat lain-lainnya yng di sukai cacing tanah. Akan tetapi cara ini merupakan peternak yang dengannya skala yng kecil, andai kita mengawali budidaya cacing tanah yang dengannya skala yng besar maka sebaiknya bibit bakal indukan merupakan hasil dari beli dari penagkar cacing tanah. Lantaran bibit ini tentunya memanglah akan unggul dan mempunyai potensi perkembangbiakan yng tidak jelek alias bagus.
3. Penebaran Bibit
Seusai Kamu mengetahui cara perawatannya, maka selanjutnya andai sangkar dan media tumbuh telah ada maka segera terbarkan bibit kedalam media. Dalam penebaran ini Perlu di perhatikan, apakah bibit cacing menyukai media yng sudah kita buat ataupun tak, tatacaranya merupakan yang dengannya memasukkan beberapa bibit cacing tanah kedalam media, lantas perhatikan apakah cacing yng tadinya di permukaan media masuk kedalam media ataupun tak. Andai masuk semuanya dan tak keluar sesudah 30 menit, maka bisa di pastikan media yng telah kita ramu sudah sukses, sebaliknya andai cacing keluar ke permukaan media.
4. Perawatan Bibit bakal Induk
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjang perkembangbiakan induk yng sudah kita pilih maka pula Perlu di lakukan perawatan khusus, supaya indukan ini bisa cepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan Kokon yng nantinya akan menetas menjadi anak cacing. Cara pemeliharaanya mampu di isi yang dengannya sebanyak-banyaknya indukan cacing dalam suatu kendang akan tetapi yang dengannya perkiraan jumlah dan ukuran menjadi berikut. Andai Ukuran sangkar mempunyai tinggi 0,3 m, panjang 2,5 m, dan lebar 1 m, maka sangkar ini bisa di isi yang dengannya 10.000 ekor induk cacing tanah. Perawatannya pula di lakukan yang dengannya bertahap, yakni merawat yang dengannya jumlah yng kecil dan selanjutnya andai cacing bertambah tidak sedikit maka yng tua dan yng muda sebaiknya di pisahkan supaya tak berlangsung kanibalisme.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian makanan merupakan bobot yng percis yang dengannya jumlah bibit yng sudah di tanam, andai bobot bibit 1kg maka makanan perharinya butuh 1 kg makanan. Pakan cacing ini sebaiknya di berikan yang dengannya kondisi bubur, jadi sebelum di berikan pakan telah di tumbuk ataupun di blender supaya menjadi bubur. Pakan yng telah halus di campur yang dengannya air yang dengannya perbandingan 1:1. Pemberian pakan Perlu rutin dan terjadwal, andaikan pakan masih tersisa maka cuma di tambahkan kira-kira antara pakan lama dan baru pula berbobot percis yang dengannya jumlah bobot bibit cacing.
Dalam perawatan, media pula Perlu di rubah andaikan media telah berganti menjadi tanah/kascing, penggantian harusnya yang dengannya hati-hati supaya kokon tak ikut terbuang. Penggantian media baiknya di lakukan yang dengannya 2 minggu sekali.
Pengendalian Dari Hama Dan Penyakit
Dalam cara budidaya cacing tanah, pula Amat penting lantaran akan berkaitan yang dengannya sukses tidaknya sebuah bisnis budidaya cacing tanah, sangkar Perlu selalu terkontrol yang dengannya teratur, terhindar dari hama dan penyakit. Hama mampu berasal dari binatang yng hidup di lingkungan kita semisal ; unggas,katak,semut, dan binatang lain-lainnya yng memanglah memangsa cacing adalah makanan terlezat. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit, sendiri biasa di atasi yang dengannya teratur mengganti media tumbuh setiap 2 minggu sekali.
5. Pemanenan
Andai cara budidaya cacing tanah telah di kerjakan yang dengannya secara tepat, maka tahap selanjutnya merupakan yng Amat kita nantikan, saatnya mengais rupiah yang dengannya menjual hasil panen cacing tanah memanglah Amat menyenangkan, binatang yng di anggap menjijikkan diluar dugaan memiliki manfaat dan kesempatan pasar yng luar biasa. Dalam proses panen ini ada 2 jenis yng bisa kita hasilkan yakni; cacing itu sendiri dan pula Kascing (tanah bekas cacing).
Cara pemanenan Amat gampang yakni yang dengannya memberikan lampu di bagian permukaan media, yang dengannya cara ini cacing akan naik kepermukaan dan berkumpul menjadikan membuat mudah bagi atau bisa juga dikatakan untuk cara pemanenan. Andai pada tatkala panen terdapat Kokon (telur cacing) tugas kita merupakan mengembalikan semisal seluruh dan mengatur suhu media supaya Kokon menetas, semisal cara yng saya sebutkan diatas.
Mudah-mudahan Kamu bisa menjalankan cara budidaya cacing tanah yng mampu saya berikan yang dengannya baik dan benar supaya bisnis budidaya cacing tanah Kamu berhasil, Demikian cara yng saya bagikan ihwal cara ternak dan budidaya cacing tanah mudah-mudahan berguna.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/cara-ternak-dan-budidaya-cacing-tanah.html.

Seputar cara ternak dan budidaya cacing tanah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain cara ternak dan budidaya cacing tanah