3 Domba Perah Paling Populer di Dunia

- Maret 09, 2018

3 Domba Perah Paling Populer di Dunia

 
Di dunia ini terdapat sekitar 320 bangsa ternak domba, yang dengannya 116 dianta-ranya adalah domba yng bisa diperah. Ternak domba bisa dibedakan didasari kegunaannya meliputi : tipe dual purpose, domba triple purpose serta bangsa domba perah (dairy sheep). 3 domba perah paling ternama diantaranya merupakan

DOMBA AWASSI

Domba Awassi berasal dari Israel, penyebaran ternak ini selain di Israel hingga ke Libanon serta Yordania ( Asia Barat Daya). Sebetulnya domba ini salah satunya domba ekor gemuk, akan tetapi seusai mengalami persilangan terus menerus serta berlangsung evolusi, berlangsung pengurangan ekor gemuknya serta menaikan produksi susu. Bangsa domba Israel Improved Awassi bisa memproduksi susu hingga 1.000 – 2.000 kg per tahun.
Ciri-tanda domba Awassi ; memiliki kepala panjang, sempit yang dengannya profil muka cembung, pendengaran lebar, panjang serta menggantung. Berat badan pejantannya mencapai 60 – 90 kg, tengah induk / betina dewasa antara 30 – 50 kg. Badan tampak tinggi, tegap, serta kuat. Kaki panjang, tak gemuk, ekornya gemuk serta lebar, berat ekor pada kambing jantan mencapai 12 kg, sedangkan ekor pada kambing betina hingga 6 kg. Sesudah mengalami perkembangan badannya menjadi lebih tinggi serta tegap. Ambing tak menggantung, pertautannya kuat, bentuk putingnya panjang kebawah serta tak berlemak.
Lihat pula : 5 Kerbau Perah Terpopuler10 Kambing Perah Terpopuler

DOMBA EAST FRIESIAN

Bangsa domba East Friesian berasal dari Jerman. sebetulnya domba east friesian ini tidak jelek alias bagus pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk domba penghasil wool. Domba ini sudah dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk persilangan yang dengannya domba Awassi yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi lemak ekor domba Awassi dan menaikan produksi susu serta wool. Domba east freisian menjadi primadona domba penghasil susu yng baik di daratan eropa pula mulai dikembangkan di wilayah asia.

DOMBA LOHI

Domba Lohi berasal dari Pakistan serta sudah tersebar hingga di India serta Pakistan. Tanda-ciri domba Lohi berwarna putih, coklat, serta hitam. Pendengaran panjang serta menggantung sedangkan ekornya tipis. Domba ini salah satunya domba yng subur.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/11/3-domba-perah-paling-populer-di-dunia.html.

Seputar 3 Domba Perah Paling Populer di Dunia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 3 Domba Perah Paling Populer di Dunia