CARA BETERNAK BURUNG KUTILANG

- Februari 01, 2018

CARA BETERNAK BURUNG KUTILANG

 
Tips Beternak Burung Kutilang : Burung kutilang yakni burung kicau yng Suka kita jumpai di banyak sekali tempat di indonesia. di daerah saya ramai sekali burung kutilang yng masih berkeliaran di sekeliling rumah warga atau juga bisa dikatakan masyarakat pedesaan. ada pula beberapa warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng memeliharanya di rumah bagi atau bisa juga dikatakan untuk kicauan. Burung kutilang ini kerap mengunjungi tempat-tempat terbuka, tepi jalan, kebun, pekarangan, semak belukar serta hutan sekunder, hingga yang dengannya ketinggian sekitar 1.600 meter dpl. Suka juga didapati hidup meliar di taman serta halaman-halaman rumah di perkotaan. Burung kutilang sering berkelompok, baik disaat mencari makanan ataupun bertengger, yang dengannya jenisnya sendiri ataupun yang dengannya jenis merbah yng lain, ataupun malah yang dengannya jenis burung yng lain.

CARA BETERNAK BURUNG KUTILANG

Burung Kutilang Semisal biasanya merbah, makanan burung ini lebih-lebih merupakan buah-buahan yng lunak. Burung Kutilang Suka menjengkelkan petani lantaran kerap melubangi buah pepaya serta pisang yng sudah masak di kebun. Akan tetapi sebaliknya burung ini menguntungkan petani lantaran pula memangsa pelbagai jenis serangga, kupu-kupu serta ngengat ulat serta aneka hewan kecil lain-lainnya yng menjadi hama tanaman.
Burung Kutilang mempunyai kebiasaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berjemur serta mandi embun setiap pagi, hal ini bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi bulunya yng terus di minyaki. Minyak ini berasal dari bagian belakang dekat ujung ekornya yng berhubungan yang dengannya badan. Burung Kutilang pula mempunyai kebiasaan menaikan jambulnya bila senang ataupun ingin Buang air besar. Burung Kutilangpun mempunyai masa "Mabung" yakni tatkala dimana bulu yng lama rontok serta berubah bulu yng baru. Di tatkala Mabung burung Kutilang akan cenderung lebih diam baik secara bunyi ataupun gerakan.

Perawatan burung ini terbilang cukup gampang lantaran burung ini dikenal menjadi burung yng gampang menyesuaikan diri yang dengannya lingkungan sekitarnya menjadikan seliar apapun burung ini andai telah lama dirawat maka akan menjadi jinak, berlebi andai memelihara burung ini dari piyikan maka akan gampang perawatan serta pula proses penjinakannya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanannya mampu disebut tak merepotkan lantaran burung - burung jenis Cucak-cucakan Amat menyukai Buah-buahan serta seranggs.

Sarang cucak kutilang berbentuk cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun ataupun ranting yng halus. Telur dua ataupun tiga butir, berwarna kemerah-jambuan berbintik ungu serta abu-abu. Tercantum bersarang sepanjang tahun kecuali Nopember, yang dengannya puncaknya April hingga September.
Burung kutilang menyebar luas di Tiongkok selatan serta Asia Tenggara kecuali Malaysia , Jawa dan Bali. Di introduksi ke Sumatra serta Sulawesi, beberapa tahun yng silam burung ini pula mulai didapati di Kalimantan.

Proses Beternak Kutilang


Proses selanjutnya yakni menyatukan kedua kutilang yang telah di sebutkan. Adapun cirri-ciri kutilang siap ternak (telah jodoh) yakni :
pada tatkala jantan didekatkan yang dengannya betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar yang dengannya bunyi yng kenceng serta betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya ciri meminta kawin.
Pada tatkala sore hari ataupun menjelang tidur kutilang betina serta jantan tidur berdekatan.
Sewaktu-waktu antara kutilang betina serta jantan saling meloloh makanan.
Andai didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kutilang betina akan menyusun ataupun merapihkan isi sarang, andai isi sarang telah disusun umumnya betina siap ternak.
Dalam menyatukan kedua kutilang tak ada peraturan waktu yng baku kamu boleh kapanpun menyatukannya, cuma pengalaman saya waktu yng paling baik yakni sore hari. Yang dengannya menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya telah rukun menjadikan pagi harinya telah jodoh. Lantaran telah mengalami masa penjodohan maka pada tatkala penyatuan tak terlalu riskan berantem namun kita Perlu terus memantau lantaran takutnya berlangsung berantem.
Seusai keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ubah isi sarang yang telah di sebutkan serta sebagian isi sarang simpen di dasar sangkar umumnya isi sarang didasar sangkar akan di pindah ke dalam sarang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperhalus sarang kutilang betina umumnya suka mencabuti bulu halus jantannya ataupun bulu halus dari kutilang betina, umumnya andai di dalam sarang telah ada bulu-bulu halus tandanya tak lama lagi induk betina akan bertelor. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses bertelor serta mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya. Demikian dulu goresan pena mengenai proses penjodohan takutnya terlalu kepanjangan.
Jenis Jenis Vitamin Burung Berkicau, Tips Ternak Burung Kacer, Tips Ternak Burung Kenari, Tips Budidaya Jangkrik, Tips Ternak Belut,
sumber : http://tipspetani.blogspot.com

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2013/10/cara-beternak-burung-kutilang.html.

Seputar CARA BETERNAK BURUNG KUTILANG

Advertisement
 

Cari Artikel Selain CARA BETERNAK BURUNG KUTILANG