kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula

- September 06, 2017

kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula

 
Tatkala ini usaha ternak kelinci masih jarang digeluti oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Indonesia. Padahal kesempatan ternak ataupun budidaya kelinci ini masih Amat potensial serta tidak banyak pesaing. Ternak kelinci ini dibagi menjadi dua jenis yaitu ternak kelinci pedaging serta ternak kelinci hias. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk teknik pemeliharaannya relatif percis serta tidak banyak perbedaan yang dengannya perlakuan pada kelinci hias. Di sebuah forum di facebook “ternak kelinci” ada beberapa orang yng baru mengawali beternak kelinci sepasang. Akan tetapi kelincinya mati lantaran salah memberikan makan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu saya akan memberikan cara tips beternak kelinci bagi pemula supaya kelincinya tak mati. Berikut uraiannya :
1. Lahan serta Sangkar

kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula
Bagi pemula sebaiknya membeli dua ataupun tiga pasang kelinci. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lahannya mampu di belakang rumah ataupun disamping ataupun depan rumah. Dalam membuat sangkar, idealnya ukuran 60 cm x 50 cm x 60 cm. Andai Kamu ingin memelihara tiga pasang kelinci, sebaiknya kadangnya ada enam. Jadi satu sangkar ada satu kelinci. Sehari-hari sebaiknya kadang dibersihkan. Disaat kita memberikan makan di pagi hari, sisa makanan yng sore hari dibuang saja. Lantas disaat kita memberikan makan sore pada kelinci, sisa makanan di pagi hari dibuang. Hal ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari kelinci di kenai penyakin pencernaan semisal diare.


2. Pemilihan Induk Kelinci
kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula
Andai ingin indukan yng tidak jelek alias bagus, pilihlah usia kelinci yng telah mapan yaitu usia satu tahun. Kelinci mampu dikawinkan pada usia 6 ataupun 7 bulan. Pilihlah indukan yng sehat serta tanpa cacat. Kita mampu membelinya di peternakan kelinci secara langsung. Kalau di peternakan kita mampu tahu riwayat kelinci. Pilih pula kelinci yng badannya gemuk serta bulunya halus.
3. Pakan Kelinci
kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan kelinci kita mampu mencari rumput yng gratis ataupun kita pula mampu membeli semisal jenis-jenis sayuran. Semisal sayuran yng disenangi kelinci merupakan sawi putih, kol, waluh hijau, wortel, mentimun, serta kangkung
4. Usia perkawinan serta kehamilan kelinci
kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula
Usia kelinci yng siap kawin merupakan usia 7 bulan. Pada tatkala itu kita mampu mengawinkan kelinci betina yang dengannya kelinci jantan yng kita punya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi trah ataupun jenis kelinci, sebaiknya kelinci dikawinkan yng berasal dari satu jenis kelinci. Butuh diperhatikan pula, kelinci dikawinkan dari kelinci yng berbeda indukannya. Kelinci mampu dikawinkan tiga kali dalam tiga hari. Kelinci betina diletakan di sangkar jantan serta kita pantau. Sesudah kelinci kawin, segera ambil kelinci betina serta masukan di kandangnya. Jangan hingga dicampur dalam satu sangkar selama sehari ataupun beberapa hari yah! Sesudah kelinci kawin, catat tanggal kawinnya. Tujuan pencacatan supaya kita mampu memprediksi hari lahir kelinci. Kelinci akan melahirkan sesudah hamil 28 hari ataupun 1 bulan.
5. Penyapihan kelinci
kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula
Sesudah kelinci melahirkan, maka selama 45 hari kelinci itu akan disusui oleh induknya. Sesudah 60 hari ataupun 70 hari, anakan kelinci telah makan sendiri. Jadi kalau kita mau menyapih kelinci, sebaiknya pada usia 60 hari ataupun 70 hari. Menyapih kelinci kalau di bawah usia yang telah di sebutkan masih rawan sakit.
6. Memahami penyaki kelinci
kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula
Ada tiga jenis penyakit yng Suka menghinggapi kelinci, diantaranya merupakan penyakit gudik ataupun scabies, perut kembung, serta diare. Sesudah kamu tahu apa saja penyakit pada kelinci, kamu mampu melakukan tindakan pencegahan. Itulah ada enam point yng Perlu diperhatikan oleh kamu mengenai tips beternak kelinci bagi pemula. Mudah-mudahan mampu menginspirasi!

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/kiat-sukses-ternak-kelinci-hias-bagi-pemula.html.

Seputar kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain kiat sukses ternak kelinci hias bagi pemula