Cara Budidaya Tomat Yang Baik Dan Benar

- September 06, 2017

Cara Budidaya Tomat Yang Baik Dan Benar

 
Cara Budidaya Tomat Yang Baik Dan Benar - tomat adalah jenis tanaman yng memiliki nilai ekonomis yng cukup tinggi. Buah yng satu ini memiliki kandungan vitamin C ya baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan. Buah ini enak bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimakan begitu saja ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk campuran sayuran. bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu sebelum kamu membudidayakan Tomat, kamu butuh mengetahui berlebi dahulu tatacara menanam tomat yng baik, supaya nantinya menghasilkan produksi yng optimal. Selain berfungsi menjadi sayuran serta buah, tomat pula dimanfaatkan menjadi bahan dasar kosmetik dan obat-obatan.

TeknisBudidaya Tomat

Tanaman tomat dibedakan menjadi dua, yakni determinate serta indeterminate. Tipe determinate mempunyai postur tanaman yng pendek, tandan bunga terdapat atau terletak di setiap ruas batang dan di ujung tanaman. Sedangkan tipe indeterminate, postur tanaman yng tinggi, tandan bunga terdapat atau terletak berseling di antara 2-3 ruas, ujung tanaman tomat tumbuh pucuk muda. Tanaman tomat tipe indeterminate menghasilkan buah yang dengannya ukuran yng besar.

SyaratTumbuh

Tanaman tomat butuh curah hujan antara 100-220 mm/hujan yang dengannya ketinggian tempat berkisar antara 100-1000 mdpl. Intensitas sinar matahari berkisar antara 10-12 jam per hari. Suhu optimal pertumbuhan tanaman tomat berkisar 25-30°C, sedangkan proses pembungaan butuh suhu malam hari 15-20°C. Tanaman tomat Amat butuh air lantaran 90% kandungan tomat terdiri dari air.Supaya diperoleh hasil yng optimal, tempat penanaman tomat sebaiknya bukan di bekas lahan tanaman tomat ataupun tanaman lain yng masih sefamili.Persiapan lahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya tomat meliputi:· Pembajakan serta penggaruan tanah.· Pembuatan bedengan kasar selebar 110-120 cm, tinggi 40-70 cm serta lebar parit 50-70 cm.· Pemberian kapur pertanian sebanyk 200 kg/rol mulsa PHP (Plastik Hitam Perak) bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah yang dengannya pH di bawah 6,5.· Pemberian pupuk sangkar fermentasi sebanyk 40 ton/ha serta pupuk NPK 15-15-15 sebanyk 150 kg/rol mulsa PHP, lantas di lakukan pengadukan/pencacakan bedengan supaya pupuk yng telah diberikan bercampur yang dengannya tanah,Persiapan selanjutnya merupakan :· Pemasangan mulsa PHPPembuatan lubang tanam yang dengannya jarak tanam ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk musim kemarau 60 cm x 60 cm sedangkan musim penghujan mampu diperlebar 70 cm x 70 cm,· Pemasangan ajir.Pemasangan ajir dianjurkan yang dengannya system ajir tegak agar bisa kelembaban tanaman tomat terjaga, masing2 ajir dihubungkan gelagar. Supaya serangkaian ajir yang telah di sebutkan menjadi kuat, ajir paling pinggir serta setiap 4 ajir dipasang ajir penguat membentuk sudut ± 45°.

Pembibitan

Persiapan pembibitan budidaya tomat butuh sungkup pembibitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga bibit muda. Lantas menyediakan media semai yang dengannya komposisi:· 20 liter tanah· 10 liter pupuk sangkar.· 150 g NPK halus.Media campuran dimasukkan ke dalam polibag semai. Sebelum melakukan penyemaian benih ke media, sebaiknya benih direndam dalam larutan fungisida sistemik berbahan aktif simokanil ataupun metalaksil yang dengannya dosis ½ dosis terendah yng dianjurkan pada kemasan selama ± 6 jam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat perkecambahan benih, tutup permukaan media mempergunakan mulsa PHP, supaya bagian dalam media dalam keadaan lembab.Pembukaan penutup permukaan media semai di lakukan andaikan benih telah berkecambah, baru lantas benih disungkup mempergunakan plastik transparan. Pembukaan sungkup dimulai jam 07.00-09.00, dibuka lagi jam 15.00-17.00.Sesudah benih berumur 5 hari menjelang tanam, buka sungkup secara penuh, ini berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk penguatan tanaman. Lakukan penyemprotan fungisida berbahan aktif simoksanil serta insektisida berbahan aktif imidakloprid pada tatkala berumur 10 hari seusai semai yang dengannya dosis ½ dosis terendah.

Penyulaman

Penyulaman budidaya tomat bisa di lakukan hingga umur tanaman tomat 2 minggu. Tanaman tomat yng telah terlalu tua andaikan masih terus disulam menghasilkan pertumbuhan tak seragam serta bisa erpengaruh terhadap pengendalian hama penyakit.

Perempelan

Perempelan tunas samping tanaman tomat di lakukan hingga pembentukan cabang, ini di lakukan pada seluruh tunas yng keluar di ketiak daun, baik di bawah cabang utama ataupun di bawah cabang-cabang produktif. Perempelan tunas di bawah cabang utama bertujuan memacu pertumbuhan vegetatif tanaman supaya tanaman tomat tumbuh kekar, sedangkan perempelan tunas di bawah cabang-cabang produktif bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengoptimalkan produksi.

Pemeliharaan

Sanitasi lahan pada budidaya tomat meliputi :· Pengendalian gulma/rumput· Pengendalian air tatkala musim hujan menjadikan tak muncul genangan.· Pemangkasan daun dan pencabutan tanaman tomat terserang hama penyakit.

PANEN serta PASCA PANEN


Panen pada umur 90-100 HST yang dengannya tanda; kulit buah berganti dari warna hijau menjadi kekuning-kuningan, bagian tepi daun tua mengering, batang menguning, pada pagi ataupun sore hari disaat cuaca cerah. Buah dipuntir sampai-sampai tangkai buah terputus. Pemuntiran buah di lakukan satu-persatu serta dipilih buah yng siap petik. Masukkan keranjang serta letakkan di tempat yng teduh Interval pemetikan 2-3 hari sekali. Agar bisa tahan lama, tak cepat busuk serta tak gampang memar, buah tomat yng akan dikonsumsi segar dipanen 1/2 matang Wadah yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengangkutan merupakan peti-peti kayu yang dengannya papan bercelah serta jangan dibanting. Waspadai penyakit busuk buah Antraknose, kumpulkan serta musnahkan Buah tomat yng sudah dipetik, dibersihkan, disortasi serta di packing lantas diangkut siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/06/cara-budidaya-tomat-yang-baik-dan-benar.html.

Seputar Cara Budidaya Tomat Yang Baik Dan Benar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Tomat Yang Baik Dan Benar