5 Tips Merawat Ikan Lele Berdasarkan Usia Ikan Agar Bebas Penyakit

- Mei 22, 2017

5 Tips Merawat Ikan Lele Berdasarkan Usia Ikan Agar Bebas Penyakit

 
Budidaya ikan lele memanglah relatif gampang yang dengannya mempergunakan kolam terpal. Akan tetapi di sayangkan, tidak sedikit para pembudidaya lele gagal dalam proses pembudidayaan. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan tips perawatan ikan lele. Agar budidaya ikan lele Kamu sukses, maka Kamu butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui cara merawat ikan lele yng benar. Umumnya kegagalan budidaya ikan lele dikarenakan lele di kenai penyakit ataupun diserang oleh hama. Nah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kamu para pengusaha ikan lele wajib tahu bagaimana tips merawat ikan lele yang dengannya benar.
Tips merawat ikan lele yng benar pada intinya merupakan pada pengaturan air serta pemberian makan. Perawatan ikan lele yng benar Perlu disesuaikan yang dengannya umur dari bibit lele. Yang akan di sajikan kali ini tips pemeliharaan lele yng benar:

1. Pemeliharaan umur 1 hingga 4 hari

Pada usia 1 hingga yang dengannya 4 hari adalah usia yng Amat rentan bagi bibit lele. Lele yang dengannya usia ini Amat rentan mati lantaran perubahan suhu yng drastis pada air. Oleh lantaran itu, lele yang dengannya usia 1 hingga 4 hari Perlu dirawat yang dengannya tips melindungi suhu air akan tetap stabil serta tak Suka berubah-ubah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakannya cukup diberikan plankton saja. Jumlah plankton pula tak butuh tidak sedikit, hal ini dikarenakan lele masih memiliki cadangan makanan.

2. Pemeliharaan umur 5 hingga 15 hari

Pada umur 5 hingga yang dengannya 15 hari cadangan makanan pada lele telah habis, maka Kamu butuh memberikan nutrisi tambahan pada lele. Tips merawat ikan lele umur ini merupakan yang dengannya memberikan pakan secara rutin dua kali sehari. Makanan yng diberikan merupakan cacing sutra ataupun cacing darah. Selain makanan, air pula Perlu diperhatikan. Andai air telah kotor maka butuh diganti yang dengannya yng baru. Penggantian air ini tak 100% namun cuma 50%nya saja.

3. Pemeliharaan umur 16 hingga 25 hari

Pembesaran ikan lele dimulai pada tatkala lele berumur 16 hingga 25 hari. Pada umur ini, pakan lele telah Perlu diganti, yakni menjadi pelet yng berbentuk serbuk. Pemberian makannya pula Perlu lebih Suka yakni 4 kali dalam sehari. Sedangkan jumlah makanan yng diberikan yakni 30% dari jumlah ikan yng ada dalam kolam. Pada usia ini ikan lele telah butuh dijauhkan sesuai yang dengannya ukurannya supaya kolam tak terlalu padat.

4. Pemeliharaan umur 26 hingga 30 hari

Tips merawat ikan lele umur 26 hingga yang dengannya 30 hari merupakan yang dengannya mengganti pakannya. Pakan yng diberikan bukan lagi pelet serbuk melainkan pelet F100 yng berbentuk butiran. Pelet ini diberikan pada ikan lele sebanyk 3 kali dalam sehari. Ikan lele pada usia ini pula butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijauhkan kembali guna mengurangi kepadatan dari kolam.

5. Pemeliharaan umur 31 hingga 40 hari

Tips merawat ikan lele yng yang terakhir yakni pada tatkala lele berumur 31 hingga 40 hari. Pada umur ini lele telah mampu dipanen namun ukurannya tak terlalu besar. Kamu butuh melakukan seleksi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil lele yng telah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipasarkan. Pakan yng diberikan pada lele usia ini merupakan pakan F999 yng adalah pakan pelet khusus ikan lele. Seleksi ikan ini sebaiknya di lakukan pada pagi ataupun sore hari.
Baca Pula:Sesuatu yang di sembunyikan Bisnis Budidaya Lele Sangkuriang Cepat PanenTahapan Bisnis Budidaya Lele Dumbo Simpel & MudahCara Budidaya Ikan Lele Organik Ramah Lingkungan4 Tips Tatacara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah5 Langkah Gampang Tatacara Ternak Lele Dikolam Terpal Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Pemula
Tips merawat ikan lele sesudah memasuki usia 40 keatas tergolong lebih gampang. Hal ini dikarenakan pada usia ini ternak tak rentan mati. Mampu dikatakan bahwasanya usia 40 hari keatas ikan lele telah matang serta tak butuh dirawat secara khusus. Meskipun demikian, jumlah makanan serta air kolam tetap Perlu diperhatikan. Memasuki masa panen ikan lele Perlu terus di awasi supaya tak dimakan oleh hama semisal kucing, berang-berang, tikus, serta banyak sekali hewan pengganggu lain-lainnya
Tertarik yang dengannya budidaya lele? Ingin keuntungan menjadi bertambah tidak sedikit? Baca Tatacara Paling baik Budidaya Ternak Lele

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2016/09/5-tips-merawat-ikan-lele-berdasarkan.html.

Seputar 5 Tips Merawat Ikan Lele Berdasarkan Usia Ikan Agar Bebas Penyakit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 5 Tips Merawat Ikan Lele Berdasarkan Usia Ikan Agar Bebas Penyakit