budidaya alami ikan lele dumbo

- Februari 05, 2018

budidaya alami ikan lele dumbo

 
Budidaya ikan lele dumbo mempunyai tips khusus supaya mampu tumbuh serta berkembang yang dengannya baik. Tips ternak ikan yng benar Perlu memperhatikan banyak sekali faktor semisal benih, kolam serta pakan. Begitu pula pemeliharaan lele dumbo yng dikenal pertumbuhannya cepat dan ukuran lebih besar dibanding lele lokal. Budidaya ikan di kolam organik lebih disarankan lantaran adalah tempat asal asli ikan lele.
budidaya alami ikan lele dumbo
Kesempatan bisnis ternak ikan lele masih terbuka lebar dikarenakan konsumsi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng masih tinggi. Pecel lele merupakan satu dari sekian banyaknya menu makanan khas indonesia yng berbahan dasar ikan berwarna hitam ini. Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) berasal dari benua afrika serta pertama datang ke indonesia pada tahun 1984. Ikan air tawar ini gampang dikenal yang dengannya ciri-ciri tubuh licin, tak bersisik, bentuk pipih memanjang dan mempunyai kumis.
Apa Saja Kelebihan Yng Dimiliki Ikan Lele Dumbo?
  1. Budidaya gampang serta proses pertumbuhan cepat
  2. Kemampuan adaptasi lingkungan yng baik
  3. Rasanya enak dan kandungan gizi yng cukup tinggi
  4. Harga terjangkau menjadikan gampang diterima warga atau juga bisa dikatakan masyarakat
Lele dumbo salah satunya ikan pemakan daging (karnivora), akan tetapi pada usia benih lebih bersifat omnivora. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemijahan, induk ikan sebaiknya berumur 2 tahun ataupun lebih serta bisa dikawinkan sepanjang tahun.
  • Tanda induk betina : tubuh lebih pendek, memiliki dua buah lubang kelamin yang dengannya bentuk bulat.
  • Tanda induk jantan : tubuh lebih panjang, cuma mempunyai satu buah lubang kelamin yng bentuknya memanjang.
Bagaimana Tips Bisnis Budidaya Ikan Lele Dumbo?
  • Pembuatan kolam ikan
Kolam pemeliharaan dibuat yang dengannya ukuran 7 x 5 meter serta kedalaman 1 meter. Seusai kolam tanah dibuat, keringkan selama 3 hari lantas pada hari ke 4 taburkan kapur 100 gram per meter persegi, pupuk sangkar 700 gram per meter persegi. Biarkan selama 3 hari tanpa air.
  • Penebaran benih ikan
Benih ikan lele ditebar pada pagi hari yang dengannya jumlah 400 ekor per meter persegi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit umur 1 bulan (ukuran 5 – 110 cm)
  • Pemberian makanan tambahan
Benih lele yng telah ditempatkan di kolam akan mendapatkan makanan alami yakni hytoplankton serta zooplankton. Kamu mampu memberikan makanan tambahan berupa kotoran ayam, bangkai unggas yng dibakar ataupun sisa-sisa makanan di dapur yng dibuat adonan serta disebarkan ke kolam. Ataupun mampu pula tepung pelet sebanyk 0,75 gram per 1000 ekor bibit.
  • Masalah penyakit lele dumbo
Penyakit yng Suka menyerang ikan lele dumbo merupakan Ichthyopthirius multifiliis ataupun bintik putih. Pencegahan penyakit bisa di lakukan yang dengannya persiapan kolam budidaya yng baik, lebih-lebih pengeringan serta pengapuran. Tips mengobati penyakit mampu di lakukan yang dengannya menebarkan garam dapur sebanyk 200 gram per meter kubik setiap 10 hari berturut-turut.
  • Waktu panen ikan lele
Lele dumbo bisa dipanen pada umur 3 bulan terhitung sejak waktu penebaran benih ikan. Pertumbuhan badan berganti dari 10 gram menjadi 200 – 300 gram.
Budidaya ikan lele di kolam air tawar bisa menjadi usaha sampingan yang dengannya modal bisnis kecil. Kamu Perlu memperhatikan faktor pendukung kesuksesan bisnis ternak lele mulai dari benih, kolam serta makanan ikan.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/budidaya-alami-ikan-lele-dumbo.html.

Seputar budidaya alami ikan lele dumbo

Advertisement
 

Cari Artikel Selain budidaya alami ikan lele dumbo