Ayam Ciparage: Ayam Petarung Khas Indonesia, Alternatif ayam Bangkok

- Desember 12, 2017

Ayam Ciparage: Ayam Petarung Khas Indonesia, Alternatif ayam Bangkok

 
Ayam Petarung Khas Indonesia? memanglah ada? Selama ini warga atau juga bisa dikatakan masyarakat umum andai ditanya ihwal jenis ayam aduan yng cuma terlintas ayam bangkok maupun sebagian kecil tahu jenis ayam petarung semisal ayam saigon, ayam birma/burma, ayam thailand, ayam pakhoy, ayam brazillian, ayam shamo, serta ayam filipina. memanglah seluruh jenis ayam yng sudah disebutkan memiliki nama baik dalam hal bertarung, malah kini tidak sedikit yng menjual jenis ayam petarung yang telah di sebutkan khususnya ayam bangkok.
ayam petarung indonesia
Ayam Ciparage adalah ayam petarung lokal paling baik yng ada dinegeri ini. ayam ini berasal dari kampung Ciparage Desa Cilamaya, Kabupaten Kerawang Jawa Barat. konon ayam ini merupakan ayam keturunan langsung dari ayam milik adipati Singaperbangsa. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk populasi tatkala ini belum diketahui secara pasti sampai-sampai tak tidak sedikit diketahui warga atau juga bisa dikatakan masyarakat.
Tanda tanda ayam Ciparage merupakan memiliki sosok gagah yang dengannya taji tajam yang dengannya bulu hitam mengkilat menjadi warna lebih banyak didominasi. Sekilas ayam ini bentuknya mirip yang dengannya ayam Bangkok, akan tetapi berukuran lebih kecil. Tubuhnya Amat proporsional, Sayap besar yang dengannya bulu-bulu ekor yng tumbuh relatif lebat. Kepala ayam ini berukuran tengah, yang dengannya jengger Pial serta gelambir kecil. Paruh ayam Ciparage tergolong pendek, tidak banyak melengkung serta runcing, Kaki agak pendek berwarna kuning kemerahan. Taji tumbuh Amat baik, yang dengannya ukuran yng besar serta meruncing. Tatapan mata tajam serta waspada. Bobot tubuh berkisar antara 2 hingga 3kg. bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya lihat tanda tanda ayam ciparage jantan serta betina yang akan di sajikan kali ini:

Tanda-Tanda Pejantan Ayam Ciparage

  1. Bobot berkisar 2,5 kg.
  2. Pial sepasang serta cuping teling berukuran kecil yang dengannya arna merah pucat pula.
  3. Jengger tunggal, bilah, berukuran kecil, bergerigi kecil-kecil berwarna merah pucat.
  4. Kepala berbentuk bulat.
  5. Paruh pendek, kokoh, warna-nya kuning pucat.
  6. Mata tidak banyak menjorok ke dalam, tajam berapi-api.
  7. Dada bidang yang dengannya bulu badan pendek-pendek serta keras.
  8. Bulu ekor pokok panjang melengkung.
  9. Tulang sayap kuat, menempel ketat pada badan.
  10. Kaki tidak banyak lengkung, berwarna putih kekuning-kuningan.
  11. Taji besar panjang, melengkung, tajam berwarna putih kekuning-kuningan.
  12. Telapak kaki berwarna kuning pucat.
  13. Sifatnya Amat proaktif.

Tanda-Tanda Betina Ayam Ciparage

  1. Rata-rata bobotnya 1,5 kg.
  2. Bentuk kepala membulat.
  3. Matanya berwarna meah serta terdapat atau terletak agak ke dalam.
  4. Jengger serta pial berukuran kecil berwarna merah pucat.
  5. Paruh pendek, kokoh, berwarna putih kekuning-kuningan.
  6. Bentuk kepalanya bulat, salah satunya ukuran kecil, ditumbuhi bulu-bulu kecil.
  7. Berdada bidang yang dengannya tulang sayap kelihatan kokoh.
  8. Paruh pendek, tidak banyak lebar, kebanykan berwarna kuning keputih-putihan.
  9. Jengger ada yng berbentuk bilah, berukuran tengah, bergerigi besar-besar, warna-nya merah saga, ataupun berbentuk sumpel, berukuran kecil, berwarna merah pucat.
  10. Matanya berwarna kuning kemerah-merahan, berukuran tengah.
  11. Kakinya berukuran tengah, membulat, bersisik kecil-kecil teratur rapat, warna-nya kuning jerami.
  12. Tajinya panjang serta cenderung melengkung, berwarna kuning pucat.
  13. Jari-jari kakinya berukuran tengah, bersisik teratur rapi serta berwarna kuning jerami, ada pula yng belang-belang hitam serta abu-abu.
  14. Telapak kakinya halus, berwarna kuning pucat.
  15. Kokoknya keras akan tetapi pendek.
Sebetulnya ayam ini memiliki dua tipe warna yakni ayam tipe jalak yang dengannya warna tubuh hitam mengkilat kecuali pada daerah leher yang dengannya warna kuning kemerahan serta tipe emas yang dengannya warna bulu didominasi oleh warna coklat kekuningan semisal warna emas.
Dari aneka macam sumber disebutkan ayam ini mempunyai gaya bertarung yng Amat cepat semisal ayam birma, pukulannya yng akurat serta bertubi tubi mengarah pada kepala serta leher lawan menjadikan ayam Ciparage bisa atau mampu mengalahkan ayam yang dengannya bobot yng lebih besar. pukulan yang telah di sebutkan pula dikenal Amat mematikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam petarung serta disukai oleh penikmat ayam aduan.
Kini populasi ayam Ciparage murni Amat tidak banyak akibat minimnya pelestarian serta perkawinan sembarang yang dengannya ayam kampung jenis lain. selain itu maraknya ayam aduan import jenis besar semisal ayam brazillian serta thailand ataupun shamo menjadikan ayam ini semakin kecil peuang bagi atau bisa juga dikatakan untuk diketahui oleh peternak Ayam aduan. Barangkali saat ini ada yng jual ayam petarung super paling hebat khas Indonesia yang dengannya harga bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis ini?
Diluar dugaan ada satu lagi ayam petarung dari indonesia yng Amat terkenal di eropa serta amerika. Disana ayam yang telah di sebutkan dijadikan menjadi ayam hias lantaran keindahan bulunya yng Amat menarik. Baca disini Ayam Black Sumatra : Ayam Aduan Super dari Andalas


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/12/ayam-ciparage-ayam-petarung-khas.html.

Seputar Ayam Ciparage: Ayam Petarung Khas Indonesia, Alternatif ayam Bangkok

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ayam Ciparage: Ayam Petarung Khas Indonesia, Alternatif ayam Bangkok