KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT MERICA ATAU LADA

- November 24, 2017

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT MERICA ATAU LADA

 
Kandungan Gizi serta Manfaat Merica ataupun Lada - Merica ataupun biasa disebut pula lada tentu telah familiar sekali dikalangan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat, merica ataupun lada Suka dipakai para ibu-ibu menjadi bumbu masak di dapur. Merica ataupun lada pula Suka dipakai menjadi campuran ramuan obat herbal. Harga jual lada pula cukup tinggi menjadikan banyak sekali petani yng menanam lada yng Amat menggiurkan hasil nya. Merica ataupun lada ( Piper nigrum L ) dikenal ada dua jenis yakni lada hitam serta lada putih. Akan tetapi yng membedakan keduanya merupakan tips memanen serta mempersiapkannya sebelum dipasarkan. Merica putih merupakan merica yng dipetik disaat telah matang. Lantas kulitnya dikupas yang dengannya tips direndam didalam air selama dua minggu, seusai itu merica dikeringkan di bawah sinar matahari selama tiga hari. Sementara lada hitam merupakan merica yng dipetik tatkala kulitnya masih hijau, tak direndam serta segera dikeringkan dibawah sinar matahari.

Penjabaran Tanaman Lada/Merica

  1. Divisi : Spermatophyta (tanaman berbiji)
  2. Sub divisi : Angiospermae (biji berada di dalam buah)
  3. Kelas : Monocotyledoneae (biji berkeping satu)
  4. Ordo : Piperales
  5. Famili : Piperaceae
  6. Genus : Piper
  7. Spesies : Piper nigrum Linn

Kandungan Gizi pada Lada/Merica

  • Nama Bahan Makanan : Merica
  • Nama Lain / Pengganti : -
  • Banyaknya Merica yng diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Merica yng bisa dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Merica = 359 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Merica = 11,5 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Merica = 6,8 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Merica = 64,4 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Merica = 460 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Merica = 200 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Merica = 17 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Merica = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Merica = 0,2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Merica = 0 mg

Manfaat Lada/Merica bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan

  1. Membantu menurunkan berat badan
    Lada memiliki kandungan capsaicin yng adalah senyawa yng membuat rasa pedas semisal pada cabai. Capsaicin pula bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu menurunkan berat badan.
  2. Radang sendi
    Capsaicin pula memiliki kegunaan menjadi zat anti-inflamasi yng akan emembantu meringankan kondisi peradangan, semisal pembengkakan serta rasa sakit pada menderita arthritis .
  3. Kanker
    Sebuah studi yng di lakukan oleh ilmuwan Inggris di University of Nottingham, serta studi lain oleh American Association of Cancer Research membuat laporan bahwasanya capsaicin yng didapati dalam paprika sebetulnya bisa atau mampu membunuh sel kanker tertentu, lebih-lebih sel kanker prostat.
  4. Sakit kepala
    Kandungan capsaicin dalam cabai pula mampu berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memblokir neuropeptida yng dikenal menjadi substansi P, yng adalah syaraf pengirim utama rasa sakit ke otak. Jadi makan merica bisa mengirangi gejala nyeri tatkala sakit kepala.
  5. Hidung tersumbat
    Capsaicin bisa membersihkan sinus, malah bisa membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk melawan infeksi sinus yang dengannya membersihkan saluran rongga udara hidung. Yang dengannya demikian merica pula bisa membantu melonggarkan pernafasan tatkala hidung tersumbat.
  6. Sakit perut
    Merica tak mampu menyembuhkan sakit perut, akan tetapi setidaknya bisa mencegah penyakit ini. Pedas ataupun panas merica bisa membunuh bakteri jahat di dalam perut serta usus yng adalah penyebab sakit perut.
  7. Tekanan darah tinggi
    Merica serta cabai pada biasanya memiliki kandungan tidak sedikit flavonoid, vitamin C serta vitamin A, yakni zat yng pula bisa menurunkan tekanan darah tinggi.
  8. Kebugaran atau kesehatan jantung
    Terlalu tidak sedikit cairan tubuh mampu berdampak tidak baik bagi kebugaran atau kesehatan jantung. Banyaknya cairan di sekeliling dinding jantung akan menghasilkan ketegangan pada jantung, serta berpotensi mampu membahayakan. Satu dari sekian banyaknya ciri cairan terlalu tidak sedikit merupakan bengkak pada pergelangan kaki serta tangan. Gejala lain-lainnya merupakan kesulitan bernapas, lantaran terlalu tidak sedikit cairan bisa menekan paru-paru. Merica akan memicu kita berkeringat, serta makin kita berkeringat cairan dalam tubuh akan berkurang.
  9. Anti -oksidan
    Senyawa flavanoids, vitamin A serta C yng didapati dalam merica pula adalah zat antioksidan, yng berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi dampak kerusakan sel akibat radikal bebas.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/03/KANDUNGAN-GIZI-DAN-MANFAAT-MERICA-ATAU-LADA.html.

Seputar KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT MERICA ATAU LADA

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT MERICA ATAU LADA