peluang bisnis penggemukan ternak sapi pola hcs

- Juni 07, 2017

peluang bisnis penggemukan ternak sapi pola hcs

 
Mumet sesudah pensiun serta ingin mengawali bisnis? Ataupun tertantang ingin berupaya bisnis baru? Andai jawabannya iya, maka bisnis penggemukan sapi potong tak ada salahnya Kamu coba. Secara umum, ada 3 cabang bisnis budi daya sapi potong yng bisa Kamu pilih, yakni pembibitan, penggemukan, ataupun kombinasi keduanya. Baik bisnis pembibitan ataupun penggemukan, keduanya sama-sama mempunyai peluang besar serta tantangan tersendiri andai dikembangkan. Akan tetapi pada peluang di artikel ini, kita akan kupas berlebi dahulu bisnis penggemukan sapi potong.
peluang bisnis penggemukan ternak sapi pola hcs
Penggemukan Sapi, Berpeluang Besar di Tanah Air
Kegiatan bisnis penggemukan sapi potong dimulai dari membeli sapi bakalan jantan berumur 2-2,5 tahun bagi atau bisa juga dikatakan untuk digemukkan selama 3-4 bulan, lantas dijual kembali. Berbeda yang dengannya bisnis pembibitan, dimana kegiatannya dimulai yang dengannya memelihara sapi induk sampai-sampai dewasa serta menghasilkan pedet/bibit-bibit baru sapi bakalan bagi atau bisa juga dikatakan untuk digemukkan. Yang dengannya demikian, perputaran modal pada bisnis penggemukan akan jauh lebih cepat dibanding bisnis pembibitan. Hayalkan, cuma dalam waktu 3-4 bulan, peternak telah mampu menjual sapi potong-nya kembali serta memperoleh keuntungan. Lebih-lebih, andai dijual pada hari raya Idul Fitri serta Idul Adha, keuntungannya mampu lebih besar lagi.
Belum lagi yang dengannya besarnya keuntungan yng akan diperoleh peternak andai bisa menggemukan sapi yang dengannya pemberian pakan yng lebih efisien. Misalnya yang dengannya memberikan pakan berupa konsentrat serta limbah pertanian, peternak bisa menghemat biaya pakan. Di samping itu, penjualan kotoran sapi menjadi pupuk kompos bisa memberikan keuntungan tambahan. Di sisi lain, bisnis penggemukan sapi potong nampaknya akan terus memiliki peluang yng baik. Sampai-sampai tatkala ini pasar daging sapi Indonesia masih terus kekurangan pasokan. Yang dengannya populasi penduduk terbesar keempat di dunia sesudah Cina, India, serta Amerika Serikat, Indonesia mempunyai tingkat konsumsi daging sapi yng tinggi. Permintaan ini meningkat menjelang hari raya.
Pendapat dari Kementerian Pertanian, kebutuhan daging nasional pada tahun 2014 diperkirakan mengalami kenaikan sekitar 6% dari yng semula 549.000 ton di tahun 2013. Dari jumlah yang telah di sebutkan, cuma 80% yng bisa dipenuhi produksi dalam negeri, sementara sisanya dipenuhi dari impor. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai kemandirian daging sapi, pemerintah sudah mencanangkan program swasembada daging sapi. Program ini awal mulanya ditargetkan pada tahun 2010. Akan tetapi, diundur menjadi tahun 2014. Hal ini menunjukan bahwasanya jumlah sapi potong dalam negeri belum bisa memenuhi 90% kebutuhan konsumsi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat. Itu pengertiannya, bisnis budi daya sapi potong, salah satunya unit bisnis penggemukannya mempunyai peluang besar di tanah air.
Kendala Bisnis Penggemukan Sapi
Walau bisnis penggemukan sapi mempunyai peluang besar, bukan berguna bisnis ini akan bebas melenggang tanpa masalah. Sekelumit masalah yng umumnya muncul antara lain:
  • Butuh modal besar di awal pemeliharaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli sapi bakalan.
  • Susah mendapatkan bakalan sapi mempunyai kualitas.
  • Harga daging sapi potong di pasaran normal tak sebanding yang dengannya biaya pakan yng dikeluarkan.
  • Kenaikan bobot badan sapi tak optimal akibat serangan penyakit ataupun kekurangan nutrisi pakan.
  • Sulitnya pemasaran sapi potong bagi peternak pemula.
Solusi Terhadap Masalah yng Dihadapi
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah modal pembelian sapi bakalan, tak ada salahnya andai kita mengajukan kredit investasi ataupun pinjaman ke bank.
  • Beli bakalan sapi yng mempunyai data recording baik, ataupun dari peternak yng berpengalaman serta terpercaya.
  • Pilih jenis sapi bakalan yng sesuai yang dengannya kondisi lingkungan tempat bisnis kita (mempunyai daya adaptasi yng baik) serta mempunyai sejarah bisa atau mampu menghasilkan pertambahan bobot badan yng tinggi.
  • Manfaatkan limbah pertanian serta perkebunan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengefisienkan biaya pakan. Butuh diketahui bahwasanya kesuksesan bisnis penggemukan sapi potong Amat ditentukan oleh pakan. Tak jarang kita Perlu memberikan pakan konsentrat (bernutrisi tinggi) lebih tidak sedikit dibanding pakan hijauan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengejar pertambahan berat badan yng tinggi dalam waktu singkat. Andai konsentrat yng dipakai masih bergantung 100% pada konsentrat pabrikan, otomatis kita Perlu mengeluarkan biaya pakan lebih tinggi. Itu pengertiannya, biaya produksi secara keseluruhan pun akan ikut meningkat.
peluang bisnis penggemukan ternak sapi pola hcs
  • Atasi serangan penyakit yang dengannya memberikan obat-obatan yng sesuai. Penyakit yng masih Suka menyerang sapi potong dewasa adalah cacingan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, berikan anthelmintik (obat cacing) tatkala sapi terserang cacingan, ataupun berikan secara terjadwal setiap 3-4 bulan sekali guna membasmi cacing yng sebelumnya telah berada di dalam tubuh sapi. Beberapa produk anthelmintik Medion yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberantas cacing gilig pada sapi yakni Nemasol-K, Vermizyn SBK, Wormectin Injeksi serta Wormzol-B. Produk Wormzol-B selain efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh stadium cacing gilig, bisa pula dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberantas cacing pita serta cacing hati dewasa pada sapi.
  • Berikan suplemen semisal molases, Mineral Feed Supplement S bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu menaikan nafsu makan (konsumsi) dan menyediakan kebutuhan nutrisi mikro bagi sapi potong. Mampu diberikan juga vitamin semisal Injeksi Vitamin B Kompleks serta Vita B Plex Bolus bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki produktivitas. Yang dengannya penambahan aneka macam suplemen yang telah di sebutkan diharapkan pertambahan bobot badan sapi potong mampu lebih optimal.
  • Dalam seni manajemen pemasaran, pilih tempat penggemuk-an yng dekat yang dengannya daerah konsumen (pasar). Hal ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah melakukan distribusi, menjadikan penyusutan bobot badan selama transportasi menuju pusat konsumen bisa diperkecil, biaya pengangkutan relatif murah, dan efisiensi waktu.
  • Disaat sapi telah sukses digemukkan, butuh dipertimbangkan apakah sapi potong akan dijual dalam kondisi hidup ataupun telah dalam bentuk karkas. Andai dalam bentuk karkas, maka sebelumnya peternak Perlu menjalin kerjasama yang dengannya unit (rumah potong hewan) terdekat serta telah mempunyai konsumen tetap/kontak pembelian, baik yang dengannya pasar tradisional ataupun pasar swalayan. Akan tetapi andai sapi akan dipasarkan dalam kondisi hidup, maka peternak mampu menjualnya ke pasar hewan. Akan tetapi penting bagi peternak bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui tata niaga ternak sapi yng berlaku di aneka macam wilayah, salah satunya cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi risiko kerugian pada tatkala melakukan transaksi di pasar hewan.
Kunci Berhasil Budi Daya Sapi
Seusai mengetahui apa saja kendala yng akan dihadapi disaat mengawali bisnis penggemukan sapi potong, dan solusi mengatasi kendala yang telah di sebutkan, berikut kami berikan kiat-kiat bagi para calon peternak yng ingin mengawali bisnis penggemukan sapi:
  • Cari berita awal sebelum beternak
Sebaiknya calon peternak mempunyai pengetahuan mengenai teknik memelihara sapi. Pengetahuan akan pasar pula penting supaya peternak tak tertipu dalam memasarkan sapi yng sukses digemuk-kan. Berita ini bisa diperoleh dari buku ataupun artikel-artikel di majalah serta internet. Berkonsultasi yang dengannya ahli peternakan pula menjadi pengganti yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggali berita. Selain itu, tatkala ini pula tidak sedikit seminar ataupun pelatihan yng berkaitan yang dengannya teknis beternak.
  • Mau mengawali dari skala kecil
Tak ada bisnis yng langsung besar disaat baru dimulai. Setiap bisnis dirintis dari skala kecil yng lantas menjadi besar yang dengannya ketekunan serta kerja keras. Modal yng besar di awal bisnis bukanlah jaminan suatu bisnis akan berhasil. Bisnis penggemukan sapi potong sendiri bisa dimulai dari kecil yang dengannya jumlah sapi 2-4 ekor.
  • Mengawali pada waktu yng tepat
Tatkala yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli sapi bakalan merupakan menjelang hari raya Idul Fitri. Pada tatkala itu tidak sedikit peternak menjual sapi orang-orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk biaya merayakan Lebaran. Sapi pun mampu didapat yang dengannya harga yng lebih murah. Sekitar 4 bulan lantas disaat hari raya Idul Adha tiba, sapi yng sudah dewasa bisa dijual kembali yang dengannya harga berlipat. Akan tetapi, sebetulnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggemukan sapi bisa dimulai kapanpun lantaran warga atau juga bisa dikatakan masyarakat akan selalu butuh daging sapi.
  • Mengembangkan bisnis dari keuntungan
Sisihkan sebagian keuntungan yng didapat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli sapi tambahan. Andai butuh, genakan seluruh keuntungan yng didapat. Tatkala populasi sapi yng dimiliki telah cukup besar, peternak bisa menikmati keuntungan yng diperolehnya. Walau memanglah dalam berbisnis, mental butuh dipersiapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghadapi adanya kerugian. Berlebi lagi dalam bisnis budidaya sapi, sapi mampu saja mati lantaran stres ataupun penyakit.
  • Mencatat setiap kegiatan
Pencatatan yng di lakukan meliputi seluruh kegiatan di peternakan, semisal jumlah pakan sapi serta peningkatan bobot dari bulan ke bulan. Pertambahan populasi, penjualan sapi, jumlah sapi yng sakit ataupun mati, dan obat serta suplemen yng diberikan pula butuh dicatat. Ini penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahuitrack record kebugaran atau kesehatan ternak lebih-lebih disaat berlangsung serangan penyakit. Selain itu, pencatatan keuangan pula penting di lakukan supaya besarnya modal serta keuntungan bisa diketahui secara pasti. Yang dengannya demikian, bisa diketahui yang dengannya terang berapa dana yng Perlu dialokasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk periode selanjutnya.
  • Bergabung yang dengannya kelompok ternak sapi
Kelompok ternak dibentuk oleh peternak-peternak yang dengannya bidang bisnis percis. Yang dengannya bergabung dalam kelompok ini, peternak bisa mendapatkan tidak sedikit manfaat, semisal kemudahan memperoleh modal berbunga rendah, mendapatkan kredit dari bank, dan sarana membagikan pengetahuan serta pengalaman.
  • Jangan ragu mengawali pembibitan
Tidak sedikit peternak yng enggan mengawali bisnis pembibitan sapi. Padahal permintaan yng tinggi akan sapi bakalan sampai-sampai tatkala ini belum bisa dipenuhi seluruhnya oleh bisnis pembibitan sapi potong dalam negeri. Hal ini tercermin pada impor sapi bakalan yng makin besar, dan harga sapi bakalan di dalam negeri yng makin tinggi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, jangan ragu mengawali bisnis pembibitan sapi potong lantaran peluangnya pula Amat besar.
Analisis Bisnis Penggemukan Sapi Potong Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan gambaran bagi calon peternak mengenai bisnis penggemukan sapi potong, berikut kami tampilkan semisal analisis usahanya.
Asumsi yng dipakai dalam analisis ini antara lain:
  • Lahan yng dipakai adalah tanah pekarangan yng belum dimanfaatkan serta tak diperhitungkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sewa lahannya
  • Sapi bakalan yng dipelihara: 10 ekor sapi PO
  • Harga sapi bakalan: Rp 8.000.000,-/ekor
  • Bobot badan awal sapi bakalan: 250 kg/ekor
  • Sapi dipelihara selama 4 bulan yang dengannya pertambahan bobot badan (PBB) sekitar 0,8 kg/ekor/hari, menjadikan:
PBB selama 4 bulan = 0,8 kg x 120 hari
= 96 kg/ekor
Bobot akhir sapi = 250 kg + 96 kg
= 346 kg
Bobot seluruh sapi = 346 kg x 10 ekor
= 3.460 kg
Hasil penjualan sapi = 3.460 kg x Rp. 40.000/kg bobot hidup sapi
= Rp. 138.400.000
peluang bisnis penggemukan ternak sapi pola hcs
  • Luas sangkar: 45 m2
  • Biaya pembuatan sangkar: Rp 400.000/m2
  • Penyusutan sangkar 20% per tahun (yang dengannya demikian penyusutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu periode ± 7%)
  • Gaji tenaga kerja (2 orang): Rp 500.000,-/bulan
  • Biaya listrik: Rp. 180.000
  • Biaya air: Rp. 225.000
  • Biaya perlengkapan: Rp 500.000,-/tahun, menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu periode Rp 170.000
  • Kotoran yng diperoleh selama 1 periode sebanyk 5.000 kg yang dengannya harga Rp 300,-/kg
  • Biaya pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu periode:
  • Hijauan : 40 kg x 10 ekor x 120 hari x Rp. 100
  • Konsentrat : 3 kg x 10 ekor x 120 hari x Rp. 1.500
  • Suplemen pakan : 3 kg x 10 ekor x 120 hari x Rp. 200
  • Biaya vitamin B kompleks (1 kali pemberian selama periode pemeliharaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan pertumbuhan serta daya tahan tubuh): Rp. 13.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk 10 ekor sapi
  • Biaya obat cacing (1 kali pemberian selama periode pemeliharaan menjadi upaya mencegah cacingan): Rp. 50.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk 10
peluang bisnis penggemukan ternak sapi pola hcs
Dari hasil uraian perhitungan di atas, diperoleh nilai rasio pendapatan : biaya = 1,22. Ini pengertiannya dalam satu periode penggemukan, dari setiap modal Rp. 100 yng dikeluarkan akan diperoleh pendapatan sebanyk Rp. 122. Selain itu, dari perhitungan di atas pula bisa diketahui nilai titik impas (Break Even Point/BEP) nya, yakni:
1) BEP harga = total biaya : berat sapi total
= Rp. 114.898.000 : 3.460 kg
= Rp. 33.208/kg
2) BEP produksi = total biaya : harga jual sapi (per kg)
= Rp. 114.898.000 : Rp. 40.000
= 2.873 kg
Dari nilai BEP bisa disimpulkan bahwasanya bisnis penggemukan sapi ini akan mencapai titik impas andai 10 ekor sapi mencapai bobot badan 2.873 kg ataupun harga jual Rp 33.208/kg.
Demikian kilas berita mengenai peluang bisnis penggemukan sapi potong yng kami berikan. Selain berita di atas, sebetulnya masih tidak sedikit lagi kiat-kiat yng bisa kita pelajari terkait bisnis penggemukan sapi potong ini. Intinya kita Perlu yakin bahwasanya berapapun jumlah sapi yng nantinya kita gemukkan, berapapun tidak sedikit saingan kita, sapi dipastikan tetap akan laku terjual. Yang dengannya melihat peluang yng masih terbuka lebar yang telah di sebutkan, siapapun bisa mengawali bisnis ini, asalkan ada kemauan, kemampuan, dan mempunyai fasilitas penunjang. Bagaimana? Kamu berminat jadi peternak sapi potong?


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/peluang-bisnis-penggemukan-ternak-sapi-pola-hcs.html.

Seputar peluang bisnis penggemukan ternak sapi pola hcs

Advertisement
 

Cari Artikel Selain peluang bisnis penggemukan ternak sapi pola hcs