Kriteria Pemilihan Bibit Bakalan Untuk Sapi, Kambing dan Domba

- Januari 17, 2018

Kriteria Pemilihan Bibit Bakalan Untuk Sapi, Kambing dan Domba

 
Pemilihan bibit bakalan ternak ruminansia semisal sapi, kambing dan domba tak boleh di lakukan asal - asalan. Perlu ada kriteria khusus yng dipertimbangkan dalam pemilihan bibit yang telah di sebutkan sesuai yang dengannya tujuan beternak kamu semisal bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggemukan, indukan maupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikembang biakkan.pemilihan bibit bakalan ternak
yang akan di sajikan kali ini merupakan tips memilih bakalan dihimpun dari pengamatan di beberapa pasar hewan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sapi, kambing dan domba yng dibagi menjadi 4 bagian yakni :

Kriteria Bibit dan Bakalan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Sapi Indukan

kriteria bibit yng mau dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sapi indukan antara lain pinggul besar, ambing besar, puting simetris, BCS 3, mothering ability baik, postur tubuh besar dan tak cacat. Rianto et al (2010) menyatakan bahwasanya secara keseluruhan, betina yng akan dipakai menjadi induk Perlu memenuhi kriteria menjadi berikut bersifat tahunan, yakni bisa atau mampu beranak setiap 12 bulan, badan tegap, sehat, dan tak cacat, tulang pinggul dan ambingnya berukuran besar, lubang pusar agak dalam, tinggi gumba sekitar 135 cm yang dengannya bobot badan lebih dari 300 kg. Faktor-faktor yag Perlu diperhatikan dalam seleksi induk merupakan kebugaran atau kesehatan, efisiensi reproduksi, dan individualitas. Segi kebugaran atau kesehatan ternak yng dipakai menjadi induk Perlu sehat dan bebas penyakit.

Kriteria Bibit bagi atau bisa juga dikatakan untuk Sapi Penggemukan

Didasari hasil pengamatan diketahui bahwasanya kriteria bibit yng mau dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sapi pembesaran antara lain yakni umur tidak lebih dari 1 tahun, postur tubuh baik, ternak sehat, nafsu makan baik, kaki kuat, bulu bersih, dan mata bersinar. Sapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembesaran umur 7 hingga 12 bulan, lantaran hasil akhir yng dari bisnis pembesaran yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk pedet jantan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan sapi bakalan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggemukkan, dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pedet betina menghasilkan sapi betina calon induk.

Kriteria Bakalan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Sapi Penggemukan

kriteria bakalan yng mau dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sapi penggemukan antara lain yakni nafsu makan tinggi, umur 1 hingga 2 tahun, BCS 2 hingga 3, postur tubuh tak terlalu gemuk ataupun tak terlalu kurus, badan tegak lurus, moncong lebar dan besar. Bakalan adalah faktor yng penting, lantaran Amat menentukan hasil akhir bisnis penggemukan.

Kriteria Pemilihan Bibit Bakalan Kambing dan Domba

kriteria pemilihan bibit bagi atau bisa juga dikatakan untuk kambing ataupun domba antara lain sehat, badan tegak lurus, dan lincah. Tujuan pemilihan bibit bakalan kambing ataupun domba umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk acara Hari Raya Idul Kurban, dan acara Aqiqah. kriteria bibit bagi atau bisa juga dikatakan untuk kambing ataupun domba yakni ukuran badan besar, dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lebar, rambut bersih dan mengkila, keempat kakinya lurus dan terlihat kokoh dan tumit tinggi, tak ada cacat di bagian tubuhnya, misalnya di pendengaran, mulut, ekor, ataupun hidung. Selain itu, mata tak rabun ataupun buta yng bisa dicek yang dengannya mendekatkan jari pada mata. Kalau tak ada kedipan, berguna ternak yang telah di sebutkan buta ataupun rabun; bentuk dan ukuran alat kelamin normal, ambingnya tak terlalu menggantung, isinya kenyal, tak terinfeksi, dan putting susu berjumlah dua yang dengannya ukuran dan posisi simetris, umur lebih dari 1 tahun dan sudah birahi sebelum umur 1 tahun. Memiliki sifat keibuan yng terlihat dari jinaknya ternak dan sorot matanya yng ramah.
Barangkali ada beberapa hal yng kamu tak setujui dalam pemilihan bibit bakalan, lantaran ada beberapa perbedaan pada kita-kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih. demikianlah tulisan atau artikel pemilihan bibit bakalan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak ruminansia.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2016/06/kriteria-pemilihan-bibit-bakalan-untuk.html.

Seputar Kriteria Pemilihan Bibit Bakalan Untuk Sapi, Kambing dan Domba

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kriteria Pemilihan Bibit Bakalan Untuk Sapi, Kambing dan Domba